Follow Us

Jatuh di Permukiman Penduduk, Pesawat Tempur Hawk 200 Ternyata Jadi Andalan TNI AU untuk Pengawasan Wilayah Perbatasan, Begini Deretan Kecanggihannya

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 15 Juni 2020 | 10:39
Pesawat BAE Hawk 209 milik TNI Angkatan Udara
V

Pesawat BAE Hawk 209 milik TNI Angkatan Udara

Fotokita.net - Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Fajar Adriyanto membenarkan ada pesawat tempur milik TNI AU mengalami kecelakaan.

Adapun insiden itu terjadi di Lanud Rusmin Nuryadin, Pekanbaru, Riau.

"Telah terjadi accident (insiden) pesawat jenis Hawk 200 TT 0209 H. Lanud Rusmin Nuryadin," kata Fajar, Senin (15/6/2020).

Dia menegaskan, pihaknya masih menyelidiki kejadian tersebut.

Baca Juga: Rupanya Bukanlah Wuhan, Sarang Virus Corona Terbesar di Dunia Justru Ada di Daerah yang Tak Terduga Ini: Ahli Minta Kita Tak Anggap Remeh

"Untuk penyebab kecelakaan dan jumlah korban masih dalam investigasi," pungkasnya.

Pesawat tempur jenis Hawk 200 ini memang sudah menjadi tulang punggung TNI AU untuk mengamankan wilayah udara Indonesia. Dengan kemampuannya yang canggih, pesawat Hawk 200 ini mumpuni untuk mengamankan wilayah perbatasan, salah satunya perbatasan di Kepulauan Riau.

Baca Juga: Sempat Jadi Bahan Tarik Ulur, Pemerintah Akhirnya Umumkan Nasib Gaji ke-13 PNS, Catat Waktu dan Besarannya

Pesawat tempur TNI AU jatuh di Riau
handout

Pesawat tempur TNI AU jatuh di Riau

Perairan Alur Laut Kepulauan Republik Indonesia (AKLI) 1 untuk jalur laut Selat Karimata dan juga perairan Kepulauan Riau masih rawan dalam usaha penyelundupan dan juga tindakan melawan hukum lainnya.

Pada tahun 2018, TNI melakukan operasi Poros Sagara 2018 yang melibatkan personil TNI Angkatan Udara, TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Darat dan berbagai instansi pengamanan lainnya.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Latest