Follow Us

Pesawatnya Baru Dua Menit Terbang dari Bandara Sentani, Pilot Perempuan yang Alami Kecelakaan di Papua Ternyata Bukan Orang Sembarangan: Warga Amerika Lulusan MIT

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 12 Mei 2020 | 10:08
Danau Sentani
Zika Zakiya

Danau Sentani

Fotokita.net - Pesawat perintis milik MAF jatuh di Danau Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (12/5/2020).

Pesawat yang dipiloti Joice Lin jatuh sekitar pukul 06.29 WIT, sesaat lepas landas dari Bandara Sentani, Papua, pukul 06.27 WIT. Tidak ada penumpang dalam pesawat PK-MEC itu.

Pesawat hanya membawa kargo dengan tujuan Distrik Mamit, Kabupaten Tolikara. Pilot pesawat berhasil ditemukan pukul 08.30 WIT, setelah dilakukan pencarian dari Tim SAR bersama potensi SAR lainnya.

Pilot ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Tembagapura di Kota Jayapura.

Perwakilan KNKT Papua Norbert Tunyanan menyatakan, pilot pesawat perintis milik Mission Aviation Fellowship (MAF) yang jatuh di Danau Sentani, Papua, sempat melaporkan tanda bahaya.

Baca Juga: Sempat Teriak Tanda Bahaya, Begini Kondisi Pilot Pesawat yang Jatuh di Danau Sentani Papua Pada Pagi Ini

Tunyanan mengatakan, pilot pesawat bernama Joice Lin disebut berkata, "mayday...mayday" dan terdengar jelas oleh pilot di pesawat-pesawat yang berada di frekwensi radio 119,1.

Joice Lin ditemukan meninggal dan jenazahnya sudah ditemukan di danau itu. "Saya sudah terima laporan yang menyatakan tim SAR sudah menemukan jenazah pilot pesawat MAF dengan kode penerbangan PK-MEC setelah menyelam di Danau Sentani," kata Tunyanan, seperti dilansir dari Antara, Selasa pagi.

Baca Juga: Kurva Kasus Corona di Indonesia Jadi Perdebatan Peneliti Asing, Dosen Universitas Terkemuka Itu Beberkan Perhitungan Puncak Pandemi yang Selesai Pada Akhir Mei Hingga Mereda Pada Bulan Ini

Dari laporan yang diterima, terungkap jenazah ditemukan di kedalaman 13 meter dan masih di dalam kokpit pesawat. Belum diketahui apakah evakuasi sudah selesai dilakukan atau belum.

Ia mengatakan, salah satu pilot AMA yang mengemudikan pesawat dengan nomor penerbangan PK-RCE sempat memfoto.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest