Follow Us

Dentuman Misterius di Jawa Tengah Bikin Ketar-ketir Warga, Begini Firasat Mbah Mijan Beberapa Jam Sebelum Kejadian Itu Viral di Media Sosial

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 11 Mei 2020 | 19:20
Geger Suara Dentuman di Jawa Tengah Ternyata Bukan Gempa, Pihak BMKG Sebut Perlu  Ada Kajian Lanjutan Fenomena Ini
Tribun Jogja

Geger Suara Dentuman di Jawa Tengah Ternyata Bukan Gempa, Pihak BMKG Sebut Perlu Ada Kajian Lanjutan Fenomena Ini

Fotokita.net - Kepala BMKG Stasiun Meterologi Ahmad Yani Semarang Achadi Subarkah Raharjo mengatakan, tidak ada catatan mengenai aktivitas seismik (gempa tektonik).

"Tidak terkait dengan aktivitas seismik (gempa tektonik) baik yan dipicu oleh aktivitas sesar lokal (baribis kendheng, dll) maupun aktivitas zona subduksi selatan Hawa" jelas Achadi saat dikonfirmasi, Senin (11/5/2020) pagi.

Menurut Achadi, dari monitoring listrik udara, jika melihat data lightning detector, terlihat distribusi sambaran kilat atau petir pada 10 Mei 2020 pukul 23.00 WIB hingga 11 Mei 2020, pukul 05.00 WIB.

Baca Juga: Seusai Perbolehkan Warga Beraktivitas Kembali, Jokowi Berikan Angin Segar Buat Pasien Positif Corona Masih Dirawat

Adapun sambaran kilat atau petir tersebut sebagian besar terkonsentrasi pada pegunungan tengah dan pesisir selatan Jawa Tengah, sedikit sebaran juga terdapat di sekitar Solo, Klaten, dan Kendal.

BMKG berikan klarifikasi soal dentuman di Jawa Tengah dini hari tadi
Twitter/HumasBMKG

BMKG berikan klarifikasi soal dentuman di Jawa Tengah dini hari tadi

Dihubungi secara terpisah, Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Dr Daryono juga memastikan sumber suara dentuman tersebut tidak berasal dari gempa tektonik.

Dentuman disebut-sebut terjadi pada Senin (11/5/2020) antara pukul 00.45 WIB sampai dengan 01.15 WIB di sebagian wilayah Jawa Tengah seperti Surakarta dan Semarang.

"Setelah dilakukan pengecekan terhadap gelombang seismik dari seluruh sensor gempa BMKG yang tersebar di Jawa Tengah, hasilnya menunjukkan tidak ada catatan aktivitas gempa yang terjadi di Jawa Tengah," jelas Daryono saat dihubungi, Senin (11/5/2020) pagi.

Baca Juga: Bagikan Foto Saksi Kehidupan Bujangannya yang Berubah Drastis, Raffi Ahmad Malah Skak Baim Wong Hingga Bikin Luna Maya Ikut Komentar: Baim Ah!

Suara dentuman misterius yang muncul pada Senin (11/5/2020) dini hari menghebohkan masyarakat di Jawa Tengah tidak terkecuali di Kabupaten Grobogan.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest