Follow Us

Hari Sumpah Pemuda, Polisi Berikan Hukuman Tambahan Ini Buat Pengendara yang Terjaring Razia di Jalan. Hasilnya, Bikin Kita Elus Dada

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Senin, 28 Oktober 2019 | 13:00
Ilustrasi pemotor terjaring razia polisi.
Kompas.com

Ilustrasi pemotor terjaring razia polisi.

Fotokita.net - Setiap 28 Oktober, kita memperingati hari besar sebagai Hari Sumpah Pemuda. Kebetulan pula, kepolisian resmi menggelar Operasi Zebra 2019 secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, mulai 23 Oktober hingga 5 November 2019.

"Sasaran utamanya adalah administrasi kendaraan bermotor maupun pengemudi kendaraan bermotor. Penindakannya bersifat represif dengan fokusan stationer," kata Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Benjamin saat dihubungi Kompas.com, Kamis (17/10/2019).

Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan petugas menindak pengendara yang melanggar aturan lalu lintas lainnya seperti kendaraan tidak memenuhi syarat laik jalan.

Baca Juga: Kisah Pemuda Dayak yang Berjuang Matian-matian Padamkan Api Karhutla: Ini Bukan Tsunami yang Cuma Tuhan Tahu Kapan Datangnya!

Bila terkena razia, pengendara harus langsung berhenti dan diperiksa untuk kelengkapan atau identitasnya oleh petugas. Kewenangan Polri dalam melakukan tindakan ini sesuai aturan Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Museum Sumpah Pemuda
Kompas.com/PRIYOMBDO

Museum Sumpah Pemuda

Puluhan kendaraan roda dan empat terjaring razia Operasi Zebra Kapuas 2019 yang digelar di Jalan M Sohor, Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (28/10/2019) pagi.

Namun, ada yang berbeda dalam razia kendaraan kali ini. Karena bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda, setiap kendaraan yang terjaring razia, selain ditilang juga disuruh membaca teks Sumpah Pemuda.

Baca Juga: Petualangan Religi, Dari Kisah Jalan Kaki Pemuda Pekalongan Hingga Warga Inggris Tunaikan Ibadah Haji dengan Kayuh Sepeda

Kasat Lalu Lintas Polresta Pontianak Kompol Syarifah Salbiah mengatakan, permintaan membaca teks sumpah pemuda kepada para pelanggar untuk mengingatkan mereka akan perjuangan para pendahulu.

Sumpah Pemuda
Twitter @sunlight_belike

Sumpah Pemuda

"Anehnya, banyak yang tidak hafal. Saat dalam proses tilang, mereka diminta baca Sumpah Pemuda, banyak yang terbata-bata," kata Salbiah.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest