Follow Us

Kemarau Panjang Tahun Ini, Puncak Gunung di Indonesia Munculkan Lagi Fenomena Unik Ini. Foto-fotonya Jadi Viral di Media Sosial

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 03 Oktober 2019 | 17:27
Fenomena topi awan di Gunung Rinjani
KOMPAS.com

Fenomena topi awan di Gunung Rinjani

Fotokita.net – Sejak awal BMKG telah menginformasikan musim kemarau akan lebih terik dan berlangsung lebih panjang tahun ini.

Akibatnya, ada sejumlah fenomena unik yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Contohnya, fenomena unik yang terjadi di Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah beberapa waktu lalu. Ketika itu suhu dingin pada malam hari menembus minus derajat. Pagi harinya sempat turun salju.

Rentetan fenomena unik ini terus bertambah. Kali ini, kejadian terjadi puncak Gunung Lawu yang terletak di antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Di sana, terjadi fenomena puncak gunung yang ‘mengenakan topi.’ Lasmoro warga KPR Terung Permai Magetan mengatakan, menyaksikan fenomena alam itu sejak pukul 05.00 WIB saat berolahraga.

“Sejak pukul setengah enam saya lihat tadi Gunung Lawu bertopi. Bagus sekali, enggak biasanya,” ujarnya seperti dilansir dari kompas.com pada Kamis (3/10/2019).

Baca Juga: Kemarau Sebabkan Fenomena Unik Di Gunung Rinjani. Lihat Foto dan Video Karya Warganet!

Awan topi menyelimuti Gunung Rinjani, Rabu (17/7/2019).
Instagram/@mountnesia

Awan topi menyelimuti Gunung Rinjani, Rabu (17/7/2019).

Lasmoro menambahkan, bentuk sempurna kumpulan awan putih di atas Gunung Lawu yang membentuk topi tersebut terjadi pukul 05.30 WIB di mana matahari mulai muncul.

“Paling bagus tadi sekitar pukul 05.30 WIB. Awannya putih bentuknya sempurna seperti topi.”

“Pukul 06.00 WIB ini sudah mulai memudar diterpa angin awannya,” tambahnya.

Baca Juga: Jawa Masih Kemarau, Sementara Desa di Pelosok Sulawesi Tengah Ini Tersapu Banjir Bandang. Apa Penyebabnya?

1 2 3 ... 5

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest