Follow Us

Jadi Pilihan Kamera Terbaik, Hasil Foto Lensa Tele untuk Mirrorless Boleh Diadu dengan Kemampuan DSLR

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 15 Oktober 2019 | 13:00
Lensa-lensa supertele yang digunakan untuk pemotretan olahraga dan alam liar.
Eddy Hasby/Kompas

Lensa-lensa supertele yang digunakan untuk pemotretan olahraga dan alam liar.

Fotokita.net - Selain naluri dan pengetahuannya terhadap dunia olahraga dan dunia satwa yang ada, fotografer spesialisasi olahraga dan alam liar membutuhkan perangkat fotografi yang memadai.

Fotografer olahraga dan alam liar ini sangat bersahabat dengan lensa tele, sebuah lensa dengan fisiknya yang panjang dan memberikan efek dari pendekatan ke subyek.

Dunia fotografi olahraga dan alam liar membutuhkan keahlian tersendiri dalam membekukan momen dalam hitungan satu per sekian detik.

Naluri dan kepekaan mengalir dalam darah dan benak kepala fotografer olahraga untuk mengambil keputusan seketika sebelum peristiwa terjadi.

Sementara fotografer alam liar sangat diam dan sabar menanti datangnya detik-detik momen puncak yang akan terjadi hadapan lensa panjangnya.

Baca Juga: Beli Kamera dengan Cara Kredit, Penyandang Disabilitas Ini Akhirnya Raih Sukses Lewat Fotografi. Lihatlah Foto-foto Karyanya yang Bikin Kita Tercengang!

Fitur lensa Fujinon XF 200 mm f/2 R LM OIS WR untuk pemotretan fotografi olahraga dan alam liar.
Eddy Hasby/KOMPAS

Fitur lensa Fujinon XF 200 mm f/2 R LM OIS WR untuk pemotretan fotografi olahraga dan alam liar.

Dalam perhelatan pertandingan sepak bola lensa tele sangat dibutuhkan, minimal lensa tele 300 mm untuk mendapatkan gambar yang baik di sudut lapangan.

Pertandingan sepak bola pada malam hari membutuhkan pula lensa tele dengan diafragma besar f/2.8 untuk menyelaraskan kecepatan dan kepekaan cahaya yang ada. Untuk menangkap gambar beku dalam fotografi olah raga dibutuhkan minimal 1/250 detik.

Jauh sebelum kamera mirrorless (kamera tanpa cermin) berkembang, kamera single lens reflects (SLR) dan disusul digital single lens reflex (DSLR) telah dilengkapi berbagai varian lensa tele dan tele zoom, baik jenis prime maupun lensa zoom, untuk kebutuhan pemotretan olah raga dan alam liar.

Perkembangan lensa jenis tele untuk kamera fotografi SLR sudah diciptakan setengah abad yang lalu, Nikon dan Canon merupakan pelopor dalam industri kamera dan lensa.

Baca Juga: Tak Mau Kalah dengan Kompetitor, Sony Siapkan Hape Berkamera 10x Zoom

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest