Follow Us

Di Tengah Riuh Pelantikan Anggota DPR RI Bergaji Ratusan Gaji, Bupati Ini Unggah Foto Upahnya Bulan Oktober 2019. Nilainya, Cuma Seujung Kuku Anggota Dewan!

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 04 Oktober 2019 | 07:07
Budhi Sarwono alias Wing Chin Bupati Banjarnegara.
Instagram @budhisarwonowingchin

Budhi Sarwono alias Wing Chin Bupati Banjarnegara.

Fotokita.net - Di tengah ingar-bingar pelantikan anggota DPR RI yang memiliki gaji dan tunjangan yang luar biasa setiap bulan, warganet kembali dikejutkan soal upah aparatur negara.

Budhi Sarwono, Bupati Banjarnegara bercerita slip gaji miliknya difoto oleh salah satunya anaknya yang masih duduk di bangku SMP.

"Anak saya lagi duduk di samping saya, anak SMP kelas 2, baru tahu gajinya papanya segitu. Kaget 'Pah berarti sama uang saku saya waktu kemarin ke Bali lebih banyak uang saku saya', Itu kemudian difoto," kata Budhi, Kamis (3/10/2019).

Baca Juga: Sebentar Lagi Dilantik Jadi Anggota DPR RI Bergaji Ratusan Juta Per Bulan, Akankah Mulan Jameela Turuti Pesan dari Fahri Hamzah yang Terpental dari Senayan?

Oleh Budhi, file foto tersebut kemudian diserahkan kepada Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Dinas Komunikasi dan Informatika Banjarnegara.

"Ini di-upload saja biar masyarakat tahu," kata Budhi. Ia mengaku tidak mempersoalkan komentar warganet terkait dengan unggahan tersebut.

"Ada banyak yang komentar, katanya ada yang kasihan, banyak yang enggak senang juga. Ya sudah enggak apa-apa, wong memang gajinya segitu," ujar Budhi.

Seperti kita ketahui, akun resmi Instagram Kabupaten Banjarnegara @kabupatenbanjarnegara mengunggah foto slip gaji Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono.

Dalam unggahan tersebut terlihat amplop coklat yang bertuliskan nama Budhi Sarwono dengan jabatan sebagai bupati. Sedangkan pada bagian bawah nama, tertulis "Gaji Bulan Oktober 2019".

Pada slip tertulis, besaran gaji bersih Bupati Budhi Sarwono sesuai draf sebanyak Rp 6.114.100. Namun yang diterima sebanyak Rp 5.961.200, karena dipotong zakat lewat BAZ sebanyak Rp 152.900. Foto tersebut diunggah pada Kamis (2/10/2019).

Budhi Sarwono alias Wing Chin Bupati Banjarnegara bersama warga
Instagram @budhisarwonowingchin

Budhi Sarwono alias Wing Chin Bupati Banjarnegara bersama warga

Kasi Pengelolaan Informasi Dinas Kominfo Banjarnegara Khadir mengatakan pihaknya mengunggah foto itu agar masyarakat tahu besarn gaji bupati. Menurutnya, gaji bupati adalah salah satu informasi publik yang bisa diakses masyarakat luas.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest