Follow Us

Tak Banyak yang Tahu, Rupanya BJ Habibie Pernah Terima Penghargaan Bergengsi Dunia Penerbangan Sipil. Buktinya Ada dalam Foto Bersejarah Ini...

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 12 September 2019 | 13:16
Deretan Potret BJ Habibie Muda
instagram.com/ @langitbatak

Deretan Potret BJ Habibie Muda

Fotokita.net - Dari sekian banyak prestasi yang diraih, hanya segelintir orang mengetahui Bacharuddin Jusuf Habibie merupakan orang Asia pertama yang tercatat namanya di kantor pusat Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (International Civil Aviation Organization/ICAO) di Montreal, Kanada.

Prestasi itu berhasil dibuat ketika Habibie memperoleh "Edward Warner Award". Tidak sembarang orang bisa mendapatkannya. ICAO memberikan penghargaan itu kepada orang atau organisasi yang dinilai memiliki peran besar dalam industri penerbangan sipil dunia.

Baca Juga: Akui Ada Dualisme dalam Kewenangan, BJ Habibie Pernah Setujui Batam Jadi Pusat Kasino. Asalkan...

Quotes inspiratif BJ Habibie
Dok Kemendikbud

Quotes inspiratif BJ Habibie

Seperti diberitakan Kompas.com, Kamis (17/12/2015), telah ada 39 penerima penghargaan dalam sejarah pemberian "Edward Warner Award", sedangkan Habibie merupakan penerima penghargaan ke-28 yang diberikan pada 1994.

Dia dianggap layak memperolehnya karena berjasa terhadap kemajuan industri dirgantara di Indonesia dan pengembangan desain pesawat di dunia.

Baca Juga: Tinggalkan Jabatan Ahli Pesawat di Jerman, BJ Habibie Pulang Kampung. Sayang, Ia Tak Akan Pernah Melihat Pesawat Bikinannya Mengudara di Angkasa Nusantara

BJ Habibie memberikan penjelasan kepada Presiden Joko Widodo tentang pesawat R80.
Setkab.go.id

BJ Habibie memberikan penjelasan kepada Presiden Joko Widodo tentang pesawat R80.

"Pak Habibie memang insinyur hebat yang punya pemikiran yang melampaui zamannya," ujar Atase Perhubungan RI di Kanada dan perwakilan Indonesia di ICAO, Agoes Soebagio, kepada Kompas.com, Rabu (16/12/2015).

Baca Juga: Foto-foto Kenangan BJ Habibie dan Pesawat Terbang Kebanggaan Kita. Salah Satunya, Foto dengan Baju Safari dan Tiga Bolpoin di Sakunya

Selain Habibie, ada pula beberapa nama penting dalam sejarah dirgantara yang pernah memperoleh penghargaan serupa, seperti Igor Sikorsky yang merupakan pengembang helikopter.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest