Follow Us

Sehari Setelah Menjabat Presiden RI, BJ Habibie Copot Prabowo Subianto dari Jabatan Ini. Masih Ingat Reaksi Menantu Pak Harto Atas Keputusan Besar Itu?

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 11 September 2019 | 19:36
Soeharto saat pembacakan surat pengunduran diri di Istana Merdeka, Jakarta, 21 Mei 1998.
Wikimedia/Creative Commons

Soeharto saat pembacakan surat pengunduran diri di Istana Merdeka, Jakarta, 21 Mei 1998.

Fotokita.net - Indonesia kembali berduka. Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia. Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 itu wafat akibat penyakit yang dideritanya.

Sebelum wafat, keluarga dekat sudah berkumpul di RSPAD Gatot Soebroto, tempat Habibie dirawat. Diketahui, Habibie telah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 1 September 2019.

Seperti kita ketahui, BJ Habibie memimpin Indonesia saat kondisi negara dalam keadaan sangat genting. Krisis politik dan ekonomi 1998 membuat Indonesia berada di ambang kehancuran. Banyak keputusan besar yang mengejutkan saat BJ Habibie menjabat jadi Presiden RI.

Baca Juga: Cinta Tanpa Batasnya Kepada Ainun Habibie, Ornamen Rumah BJ Habibie Jadi Buktinya. Selamat Jalan Pak Habibie

Pak Habibie dan Soeharto berboncengan naik moge
chirpstory.com

Pak Habibie dan Soeharto berboncengan naik moge

Ya, BJ Habibie membuat keputusan besar dengan mencopot Letjen Prabowo Subianto dari jabatan Panglima Kostrad pada 23 Mei 1998, sehari setelah dilantik menjadi presiden.

Keputusan besar itu diambil Habibie setelah mendengar laporan Panglima ABRI Jenderal Wiranto mengenai pergerakan pasukan Kostrad secara besar-besaran dari luar kota menuju Jakarta.

Selain itu, sebagian di antara pasukan itu disebut telah "mengepung" kediaman Habibie di Kuningan dan Istana Kepresidenan.

Baca Juga: Selamat Jalan Pak Habibie. Pernah Buka Urun Dana, Bagaimana Kabar Pembuatan Pesawat Kebanggaan Kita R80?

Setelah memutuskan pencopotan Prabowo yang digantikan sementara oleh Letjen Johny Lumintang, Habibie mendapat laporan bahwa Prabowo ingin bertemu.

Habibie mengaku menyimpan kekhawatiran saat menantu presiden kedua RI Soeharto itu ingin bertemu.

Source : Kompas.com

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest