Follow Us

Kata Siapa Generasi Milenial Tak Peduli Lingkungan, Survei Ini Buktikan Mereka Paling Banyak Lakukan Diet Kantong Plastik Dibanding Generasi Tua

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 08 September 2019 | 12:25
Kebijakan kantong plastik berbayar mulai  diterapkan di gerai-gerai ritel modern per 1 Maret 2019
Thinkstock

Kebijakan kantong plastik berbayar mulai diterapkan di gerai-gerai ritel modern per 1 Maret 2019

Fotokita.net - Plastik masih mendominasi produksi sampah di Ibu Kota setelah bahan organik. Catatan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menyebutkan, komposisi sampah plastik tahun 2018 mencapai rata-rata 14 persen (980 ton) dari total produksi sampah harian di Jakarta.

Produksi harian ini dilihat dari sampah asal Jakarta yang ditampung di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Kota Bekasi.

Jika tidak segera diatasi, sampah plastik berpotensi merusak lingkungan dan membahayakan kesehatan manusia.

Baca Juga: Pembagian Daging Hewan Kurban dan Kampanye Diet Plastik. Foto-Foto Ini Tunjukan Masyarakat Semakin Peduli Terhadap Bahaya Plastik Sekali Pakai!

Diperlukan waktu lama, sedikitnya 1.000 tahun agar sampah plastik dapat terurai dengan sempurna. Selama belum terurai, partikel-partikel plastik dapat mencemari tanah dan air tanah.

Pemprov DKI telah melakukan sejumlah upaya, untuk mengatasi persoalan ini. Salah satunya “Jakarta Less Waste Initiative” yang diluncurkan pada Juni 2019., Pemprov dan DLH DKI Jakarta menggandeng para pelaku usaha seperti restoran dan hotel dalam menjalankan program ini. Harapannya mereka dapat menjadi pionir untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat mengurangi sampah.

Hari Ini Kantong Plastik Tidak Gratis
AzerNews

Hari Ini Kantong Plastik Tidak Gratis

Apresiasi Warga

Program pemerintah untuk mengurangi pemakaian plastik sekali pakai semakin banyak mendapat dukungan warga. Hal ini terlihat dari dua hasil jajak pendapat telpon Kompas di waktu yang berbeda.

Akhir November 2018, program mengurangi penggunaan plastik baru disetujui 91,5 persen. Angka ini meningkat pada awal Agustus 2019 menjadi 97,9 persen.

Apresiasi terhadap program pemerintah ini pun selaras dengan kebiasaan warga. Hampir 90 persen responden mengaku sudah melakukan diet plastik. Membawa tas belanja non-plastik menjadi kebiasaan paling favorit yang dilakukan oleh dua dari lima responden. Selanjutnya disusul membawa botol minum (34,3 persen) dan peralatan makan, tempat makan, serta sedotan besi/bambu (24,6 persen).

Baca Juga: Sampah Plastik Bikin Kita Jijik Pada Pemandangan di Kali Bekasi Ini

Source : Kompas.id

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest