Follow Us

Hati-hati Buat Anak Milenial, Kebanyakan Makan Keripik Kentang Bisa Berakibat Mata Buta. Kejadian Ini Jadi Contohnya

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 03 September 2019 | 16:49
Keripik Kentang
pixabay/hans

Keripik Kentang

Fotokita.net - Sejak lepas dari bangku sekolah dasar, seorang remaja di Bristol Inggris hanya mengonsumsi kentang goreng, keripik Pringles, roti, dan sesekali seiris daging atau sosis.

Serangkaian tes mengungkap bahwa dia mengalami kekurangan vitamin dan gizi yang sangat parah.

Remaja yang namanya tidak bisa dipublikasikan itu sudah berkonsultasi ke dokter umum pada usia 14 tahun karena mengeluh lelah dan tidak enak badan.

Baca Juga: Hidup di Atas Tumpukan Sampah, Warga Kampung Bengek Rupanya Tak Miliki Lahan Sendiri. Inilah Pemilik Sahnya...

Saat itu, dia didiagnosis kekurangan vitamin B12 dan diberikan suplemen. Namun, dia tidak menjalani perawatan dengan konsisten dan justru meneruskan pola makan yang tidak sehat.

Keripik kentang.
Pexels

Keripik kentang.

Selang tiga tahun kemudian, dia dibawa ke Rumah Sakit Mata Bristol karena penglihatannya semakin buruk, sebut laporan jurnal Annals of Internal Medicine.

Dr Denize Atan, yang menangani remaja itu di rumah sakit mengatakan: "Menu makanan dia sehari-hari utamanya seporsi kentang goreng dari lapak fish and chip setempat. Dia juga mengemil keripik—Pringles—dan kadang kala sepotong roti putih dan sesekali seiris ham. Tapi sama sekali tidak ada buah dan sayur."

"Menurutnya itu karena dia menghindari tekstur makanan tertentu yang dia benar-benar tidak bisa tolerir. Sehingga keripik dan kentang goreng adalah jenis makanan yang dia inginkan dan bisa dia makan," papar Dr Atan.

Baca Juga: Tabrakan Beruntun di Tol Cipularang, Jalur Lurus Menurun Bikin Terlena Pengendara. Segalanya Jadi Fatal Gara-gara Rem Blong...

Keripik kentang
https://www.maxpixel.net/

Keripik kentang

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest