Anaknya Nikahi Putri Anies Baswedan, Ayah Ali Saleh Alhuraiby Ternyata Pemilik Gelar Bergengsi Ini, Foto Terkininya Muncul di Momen Akad Nikah

Jumat, 29 Juli 2022 | 19:07
Facebook

Ayah Ali Saleh Alhuraiby ternyata pemilik gelar bergengsi ini. Anaknya secara resmi menikahi putri Anies Baswedan. Foto terkininya muncul.

Fotokita.net - Nama Ali Saleh Alhuraiby menjadi perbincangan hangat di jagat maya. Sebab, dokter lulusan FK UI ini secara resmi menikahi putri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan,Mutiara Annisa Baswedan. Ternyata ayah Ali Saleh pemilik gelar bergengsi ini. Foto terkininya muncul di momen akad nikah sang anak.

Prosesi akad nikah Mutiara Annisa Baswedan dan Ali Saleh Alhuraebi berlangsung di Putri Duyung Resort, Ancol, Jakarta Utara, Jumat (29/7/2022), pukul 08.30 WIB. Acara ini digelar dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Sementara itu, prosesi pernikahan Mutiara Annisa Baswedan bersama Ali Saleh Alhuraiby bakal digelar selama tiga hari. Prosesi akad nikah diselenggarakan pada hari ini, sedangkan resepsi digelar pada Jumat malam sampai Minggu (31/7/2022). Anaknya nikahi putri Anies Baswedan, ayah Ali Saleh Alhuraiby ternyata pemilik gelar bergengsi ini. Foto terkininya muncul di momen akad nikah.

Akad nikah Mutiara dan Ali Saleh ini dihadiri sejumlah ulama dan tokoh masyarakat. Mereka di antaranya Prof Quraish Shihab, Habib Nabiel Almusawa, Syekh Abdullah Jaydi, KH Syukron Ma'mun, Ustaz Salim A Fillah, Habib Zein hingga Ustaz Adi Hidayat.

Dalam foto yang diunggah melalui akun Instagram-nya, Ustaz Adi Hidayat menyampaikan doanya kepada kedua mempelai. Ustaz Adi Hidayat juga turut mengunggah video momen dia bersalaman dengan Anies dan Ali Saleh.

"Selamat atas pernikahan Mutiara Annisa Baswedan dan Ali Saleh Alhuraibi. Semoga mendapati kebahagiaan rumah tangga berhias sakinah mawaddah dan rahmah," tulis Ustaz Adi Hidayat.

Selain Ustaz Adi Hidayat, Habib Nabiel Almusawa juga turut mengunggah momen kehadirannya di akad nikah Mutiara dan Ali Saleh. Dia menjabarkan momen saat Anies menikahkan putrinya.

Baca Juga: Dikepung Banjir, Begini Alasan Wali Kota Depok Ngebet Gabung ke Pemerintahan Anies Baswedan, Foto Bencana Musiman Ramai Dibahas

Facebook

Ayah Ali Saleh Alhuraiby ternyata pemilik gelar bergengsi ini. Anaknya secara resmi menikahi putri Anies Baswedan. Foto terkininya muncul.

"Pak Gubernur yang smart & shalih.. DR @aniesbaswedan.. Walau sesekali beliau tersenyum.. Memang Gub yang tulus & rendah hati, tak terbang kala dipuji & tak tumbang kala dimaki.. Masya ALLAAH," tulis Habib Nabiel dalam Instagramnya.

Habib Nabil juga menyampaikan doa kepada Mutiara dan Ali Saleh. "Semoga barakah selalu pak Gub @aniesbaswedan.. Begitu juga keluarga nya.. Khususnya Kedua Mempelai, semoga diberikan Sakinah, Mawaddah wa Rahmah senantiasa.. ALLAAHumma aamiin yaa RABB," lanjut dia.

Sebelum akad nikah berlangsung, Ustaz Nasir Mansur menyampaikan khotbah yang isinya sama dengan yang disampaikan Nabi Muhammad SAW ke anaknya, Fatimah Azzahra.

Adik kandung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Abdillah Rasyid Baswedan menyampaikan hal itu kepada wartawan,Jumat (29/7/2022). Sebelum ijab kabul dimulai, acara diawali pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh ustaz Fauzy Ridwan dan khotbah yang disampaikan oleh Ustaz Nasir Mansur.

"Prosesi akad nikah ini juga dilengkapi dengan khotbah nikah yang dibawakan oleh Ustaz Nasir Mansur, seorang ulama asal Jakarta dan lulusan Al Maliki Makkah. Isi khotbah nikah yang dibawakan Ustaz Nasir sama dengan yang disampaikan Nabi Muhammad SAW saat menikahkan puterinya, Fatimah Az-Zahra," papar Abdillah.

Abdillah juga menceritkan, kisah cinta kedua mempelai itu mengulang kisah cinta Anies Baswedan dan istrinya Fery Haryati, yang juga dipertemukan di lingkungan kampus.

“Kisah Tia (Mutiara Annisa Baswedan) dan Ali Saleh Alhuraiby ini sama dengan kisah Bapak Anies Baswedan dan Ibu Fery Farhati (istri Anies), yaitu sama-sama dipertemukan di kampus.” kata Abdillah Rasyid Baswedan, seusai prosesi akad nikah.

Baca Juga: Ternyata Segini Duit yang Diputar ACT dari 10 Negara, Foto Anies Baswedan Pakai Rompi Lembaga Kemanusiaan Diungkit-ungkit

Facebook

Ayah Ali Saleh Alhuraiby ternyata pemilik gelar bergengsi ini. Anaknya secara resmi menikahi putri Anies Baswedan. Foto terkininya muncul.

Adapun Anies dan Fery dipertemukan di Universitas Gadjah Mada (UGM). Anies kuliah di Fakultas Ekonomi, sedangkan Fery kuliah di Fakultas Psikologi.

Setelah Ustaz Nasir Mansur menyampaikan khotbah nikah, dilanjutkan prosesi ijab kabul. Anies Baswedan langsung menjadi wali mengucapkan ijab yang diikuti dengan kabul oleh mempelai Ali Saleh Alhuraiby.

Dari video yang beredar pada Kamis (29/7/2022), tampak Anies menikahkan putrinya dalam akad nikah tersebut. Anies tampak mengenakan baju dan peci berwarna hitam. Sementara itu, Ali tampak memakai baju putih.

Ijab kabul diucapkan Anies Baswedan dan Ali Saleh Alhuraiby dalam Bahasa Arab. Momen saat ijab kabul diucapkan Anies dan Ali Saleh terlihat penuh kesakralan.Dua saksi pernikahan merupakan orang terdekat keluarga, yaitu paman Ali Saleh dan kakek Mutiara.

Dalam acara akad nikah itu, Mutiara Baswedan juga tampak cantik mengenakan kebaya. Mutiara mengenakan kebaya berwarna putih.

Anaknya nikahi putri Anies Baswedan, ayah Ali Saleh Alhuraiby ternyata pemilik gelar bergengsi ini. Foto terkininya muncul di momen akad nikah sang anak.

Ali Saleh Alhuraiby diketahui berprofesi sebagai dokter yang merupakan lulusan Universitas Indonesia (UI). Ali Saleh Alhuraiby lahir di Jakarta pada 17 September 1997.

Ali bersekolah di SDS Muhammadiyah 06, SMPN 73 Jakarta, dan SMAN 54 Jakarta. Ia pun kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) pada 2016 dan lulus pada Desember 2019.

Baca Juga: Ayahnya Jadi Menteri Jokowi, Anak Zulkifli Hasan Ternyata Punya Hubungan Begini dengan Anies Baswedan, Foto Sosoknya Disebarkan Lewat Medsos

Instagram

Ayah Ali Saleh Alhuraiby ternyata pemilik gelar bergengsi ini. Anaknya secara resmi menikahi putri Anies Baswedan. Foto terkininya muncul.

Ali pernah menceritakan latar belakang keluarganya melalui sekelumit tulisan yang ditayangkan melaluiblog FK UI angkatan 2016, Ali adalah anak ke-3 dari empat bersaudara.

Kedua kakak Ali sudah lebih dulu menjalani profesi sebagai dokter lulusan Fakultas Kedokteran UI. Hal inilah yang menjadi motivasi Ali untuk ikut mendaftar di jurusan yang sama dengan kedua kakaknya. Selain itu, ia ingin menjadi dokter agar bisa berkontribusi di masyarakat dan mengabdi untuk negara.

Selain itu, ia ingin menjadi dokter agar bisa berkontribusi di masyarakat dan mengabdi untuk negara. Dalam blog tersebut, Ali juga menulis kegagalannya masuk Fakultas Kedokteran UI untuk kali pertama. Hal ini disebabkan karena hobinya bermain game online selama dua tahun pada masa SMA sehingga melupakan pelajaran dan berorganisasi.

"Kebiasaan bermain game ini membuat saya tidak mengerti segala materi yang diajarkan di sekolah dan membuat saya gagal masuk universitas," tulis Ali dalam blog tersebut.

Ujungnya, Ali memutuskan untuk tidak kuliah dan mencoba kesempatan masuk UI pada tahun selanjutnya. Selama masa gap year itu, Ali mengaku belajar dari awal, termasuk akar pelajaran kelas 10 SMA. Ia mencicil sedikit demi sedikit pelajaran dan menahan untuk tidak bermain game lagi.

"Yang saya lakukan hanyalah tidur, belajar, solat, dan makan, dan minum. Ketika diajak untuk ngumpul bareng teman dan pergi bersama keluarga pun saya rela tidak ikut demi menyicil pelajaran," tulisnya.

Upaya keras Ali membuahkan hasil. Ketika Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Masuk UI (SIMAK UI) digelar, ia berhasil mengerjakan soal-soal dalam ujian tersebut. Saat pengumuman SBMPTN, betapa sedihnya Ali yang mengetahui tidak lolos untuk kedua kali.

Keesokan harinya, Ali berniat ke toko buku dan membeli buku untuk mempersiapkan diri kembali pada SBMPTN tahun depan. Namun, orang tuanya menyuruh Ali bersabar menanti pengumuman SIMAK UI, Tak disangka, Ali lulus melalui jalur ini.

Baca Juga: 'Antum Sayang Pak Anies?' Ini Foto Tampang Peserta Deklarasi Anies Baswedan Capres 2024 yang Ngotot Pasang Bendera HTI

Instagram

Ayah Ali Saleh Alhuraiby ternyata pemilik gelar bergengsi ini. Anaknya secara resmi menikahi putri Anies Baswedan. Foto terkininya muncul.

"Saya teriak karena Alhamdulillah saya dinyatakan lolos sebagai mahasiswa baru FKUI tahun 2016, bahkan iPad pun saya banting waktu itu karena kagetnya," tulisnya.

Di Kampus UI itu lah Ali kemudian bertemu denganMutiara Annisa Baswedan hingga akhirnya keduanya resmi menikah pada hari ini.

Pria 24 tahun ini lulus sebagai Sarjana Kedokteran dan diwisuda pada awal 2020. Ali mengungkapkan kalau peran ibunya sangatlah besar untuk perjalanan pendidikannya. Ali kerap mendapat nasihat dari sang ibu yang memotivasinya untuk

"Mamah selalu bilang kalo segala hal diawali dengan kalimat basmalah dan niat baik, inshaAllah akhirannya hamdalah. Well, fenomena ini kalau mau dibuktikan dalam sebuah thesis mungkin bakal susah karena landasannya adalah keyakinan dan pengaruh keberhasilan seseorang itu multifaktorial.. tapi kalo udah masalah keyakinan dan dinasehatin emak, bawaannya percaya aja.

Akhirnya dilakuin juga dan Alhamdulillah salah satu lajur untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan bermanfaat buat orang banyak sudah dilalui," tulis Ali di Instagram pada 9 Desember 2019.

Pantas Ali bercita-cita menjadi dokter, ternyata ayahnya adalah pemilik gelar bergengsi ini. Selidik punya selidik, ayah Ali Saleh juga seorang dokter. Namanya, dokter Saleh Ali Alhuraiby.

Informasi ayah Ali Saleh seorang pemilik gelar dokter diketahui dari Laila Nahwa Harun. Melalui akun Facebook miliknya, Laila mengunggah foto undangan resepsi pernikahan Mutiara dan Ali.

"Barakallah, semoga samawa utk Mutiara Annisa Baswedan,SH binti Anies Rasyid Baswedan, PhD dengan dr. Ali Shaleh Al Huraiby bin dr Shaleh Ali Al Huraiby. Walimahannya sederhana tapi elegan dan khusyuk. (Ali ini satu angkatan dg spupu saya di FKUI)," tulis Laila sembari memberikan doa bagi kedua mempelai.

Baca Juga: Dipolisikan Gegara Unggah Foto Anies Pakai Baju Adat Papua, Lawan Main Peggy Melati Sukma Ini Musuh Bebuyutan Hotman Paris, Nama SBY Sampai Dibawa-bawa

Facebook

Ayah Ali Saleh Alhuraiby ternyata pemilik gelar bergengsi ini. Anaknya secara resmi menikahi putri Anies Baswedan. Foto terkininya muncul.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya