Ayahnya Jadi Menteri Jokowi, Anak Zulkifli Hasan Ternyata Punya Hubungan Begini dengan Anies Baswedan, Foto Sosoknya Disebarkan Lewat Medsos

Rabu, 15 Juni 2022 | 11:46
Facebook

Anak Zulkifli Hasan yang dilantik sebagai Menteri Perdagangan dalam kabinet Presiden Jokowi ternyata punya hubungan begini dengan Anies Baswedan.

Fotokita.net - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dikabarkan bakal dilantik sebagai Menteri Perdagangan dalam kabinet Presiden Jokowi. Ternyata anak Zulkifli Hasan punya hubungan begini dengan Anies Baswedan. Foto sosoknya disebarkan lewat media sosial (medsos).

Isu resuffle kabinet Jokowimenjadi perbincangan hangat dalam beberapa hari belakangan. Nama Zulkifli Hasan disebut segera dilantik sebagai menteri perdagangan, menggantikan Muhammad Lutfi.

Zulkifli Hasan bukanlah wajah baru dalam politik Indonesia. Dia bahkan sudah pernah menjabat sebagai menteri kehutanan periode 2009 - 2014. Ternyata anak Zulkifli Hasan punya hubungan begini dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pelantikan akan digelar di Istana Kepresidenan pada Rabu (15/6/2022) pukul 13.30 WIB. Perihal reshuffle ini, Istana menyatakan keputusan tersebut sepenuhnya kewenangan Presiden Jokowi.Istana menyatakan kapan pun waktunya, perombakan kabinet merupakan hak prerogatif presiden.

"Jadi yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya presiden. Presiden itu mempunyai hak prerogatif. Presiden mau ganti kapan saja, ya, terserah presiden. Mau hari ini, mau besok, mau lusa. Tapi kewenangan itu sepenuhnya ada pada presiden," ujar Sekretaris Kabinet Pramono Anung kepada wartawan di kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Pramono menerangkan, Jokowi-lah yang mengetahui secara jelas kondisi kabinet saat ini.

"Ya yang jelas presiden, kan beliau sudah 8 tahun di pemerintahan ini dan beliau tahu banget mana yang menjadi kebutuhan dari kabinet ini, sehingga itu yang menjadi... beliau sangat tahulah," sebut Pramono.

Baca Juga: Menteri SBY Anggap Enteng Usai Posting Foto Stupa Borobudur Mirip Jokowi, Petinggi Polri Turun Tangan

KabarKetua Umum PAN Zulkifli Hasan kabarnya jadi menteri Jokowi sudah santer terdengar. Bahkan, kepada awak media, petinggi PAN sudah membenarkan informasi Zulkifli Hasan masuk ke dalam kabinet Jokowi.

Sumber dari pemerintah juga membocorkan kepada wartawan, Zulkifli Hasan atau yang akrab disapa Zulhas bakal dilantik menjadi Menteri Perdagangan (Mendag) menggantikan Muhammad Lutfi.

Zulkifli Hasan lahir di Lampung, 13 Agustus 1962. Istri dari Zulkifli bernama Soraya, pernikahan itu menghasilkan empat anak, bernama Futri, Zulya Savitri, Zita Anjani, Ray Zulham, Farras Nugraha, dan M. Rafi Haikal.

Pendidikan terakhir ayah lima anak ini adalah S2 Magister Manajemen Sekolah Tinggi Manajemen PPM Tahun 2001-2003. Zulkifli selama ini dikenal sebagai politikus. Ia sejak 1998 bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN).

Dari catatan sebelumnya,Zulkifli Hasan ternyata bukan orang baru di kabinet. Ia pernah memangku jabatan sebagai Menteri Kehutanan 2009-2014. Sementara saat ini, Ketua Umum PAN.

Sebelum menjadi Ketua Umum PAN, Zulkifli juga pernah menjadi Sekretaris Jenderal PAN periode 2005-2010. Pria yang segera jadi menteri Jokowi itu juga pernah duduk di kursi anggota DPR Komisi VI. Lalu, pernah menjadi Ketua Fraksi PAN DPR RI Periode 2004-2009.

Dalam catatan politiknya, salah satu kebijakan Zulkifli Hasan terkait partai yakni membawa PAN merapat mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wapres Jusuf Kalla pada 2015. Sebelum mendukung Jokowi, PAN adalah partai pengusung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Baca Juga: Ayahnya Milih Jadi Petani Usai Dipecat Jokowi, Perwira Polisi Ini Sikat Ambulans Terobos One Way di Puncak, Foto Wajahnya Disorot

Facebook

Anak Zulkifli Hasan yang dilantik sebagai Menteri Perdagangan dalam kabinet Presiden Jokowi ternyata punya hubungan begini dengan Anies Baswedan.

Kini, Zulkifli Hasan masuk menjadi kabinet Indonesia Maju yang akan membantu Jokowi sebagai Menteri Perdagangan.

Dalam informasi beredar, Kementerian Perdagangan masih bergelut dengan masalah minyak goreng. Bahkan masalah itu sampai diambil alih juga oleh Meko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

Ayahnya jadi menteri Jokowi, ternyata anak Zulkifli Hasan punya hubungan begini dengan Anies Baswedan. Foto sosoknya juga sengaja disebarkan lewat medsos.

Zita Anjani adalah anak nomor dua Zulkifli Hasan. Wanita berhijab ini mengikuti jejak ayahnya terjun ke dunia politik. Saat ini, Zita menjabat sebagaiWakil Ketua DPRD Fraksi PAN. Dia juga diketahui sebagai salah satu pendukung kebijakan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Salah satu bentuk dukungan terhadap Anies Baswedan terlihat kita Zita Anjani memborong tiket untuk menonton ajang balap mobil listrik Internasional Formula E. Zita mengatakan, dalam rangka mensukseskan acara tersebut sekaligus mendapat perintah dari Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan untuk 'membirukan' Formula E yang digelar pada 4 Juni lalu.

"Pertama, tentu ingin menyukseskan hajat warga Jakarta berskala dunia. Kita harus bangga ajang Formula E ini akan jadi kebanggaan Indonesia di pentas dunia. Kedua, ini perintah Ketua Umum agar ikut menyukseskan. PAN Jakarta akan birukan Formula E," kata Zita kepada wartawan, Jumat (3/6/2022).

Zita mengungkapkan sebagai pimpinan dewan, dia pribadi ingin ikut berkontribusi dalam rangka menyukseskan ajang Formula E.

Baca Juga: Dipuji Jadi Pahlawan Buat Wanita Lewat Foto Ini, Juragan 99 Sudah Dibidik Anak Buah Jokowi, Netizen: Bikin Deg-degan

Facebook

Anak Zulkifli Hasan yang dilantik sebagai Menteri Perdagangan dalam kabinet Presiden Jokowi ternyata punya hubungan begini dengan Anies Baswedan.

"Tapi saya sebagai pimpinan DPRD DKI memang fokusnya ingin turut menyukseskan program yang bagus dari Gubernur, yang bisa jadi kebanggaan warga DKI, termasuk event Formula E ini, apalagi perintah untuk birukan paddock atau tribun datang dari Ketum. Ya kita birukan," tambahnya.

Zita tidak merinci soal berapa banyak tiket yang sudah diborong. Namun, ia menyampaikan kedekatan antara sang ayah Ketum PAN dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Zita menambahkan, keduanya sering menunjukkan kedekatan di momen-momen penting, seperti saat melaksanakan salat Ied bersama di Jakarta International Stadium (JIS) dan acara milad ke-20 PKS beberapa waktu lalu.

"Ketum dan Pak Anies memang dekat, sering berjumpa," tuturnya. Karena itu, foto sosok anak Zulkifli Hasan kerap disebarkan lewat medsos. Maklum, dia sering turun ke lapangan menyapa konstituennya untuk mendukung program Anies Baswedan.

Dalam kesempatan berbeda, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan terima kasih kepada sejumlah pihak yang mendukung ajang Formula E 2022. Salah satunya, Anies berterima kasih kepada DPRD DKI Jakarta.

Hal ini disampaikan Anies saat mengisi sambutan dalam acara Meet and Greet Pembalap Formula E di Monas, Jakarta, pada Kamis 2 Juni 2022. Acara itu juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani dan anggota DPRD DKI M. Taufik.

"Izinkan kami menyampaikan terima kasih kepada DPRD Provinsi DKI Jakarta," kata Anies dalam sambutannya, Kamis 2 Juni 2022.

Ayahnya jadi menteri Jokowi, anak Zulkifli Hasan punya hubungan begini dengan Anies Baswedan. Foto sosoknya sengaja disebarkan lewat medsos.

Baca Juga: Sampai Diselidiki Petinggi Polri, Ini Foto Tampang Calon Bintara yang Ngadu ke Jokowi, Dinyatakan Gagal Tes Saat Mau Berangkat Pendidikan

Facebook

Anak Zulkifli Hasan yang dilantik sebagai Menteri Perdagangan dalam kabinet Presiden Jokowi ternyata punya hubungan begini dengan Anies Baswedan.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya