Foto Ustaz Abdul Somad Bersantai di Kebun Teh Banjir Doa, Muhammad Kece Disebut Seret UAS dalam Kasus Penistaan Agama, Ini Fakta Sebenarnya

Sabtu, 02 Oktober 2021 | 08:53
IG @supirustaz

Di antara kegiatan dakwah itu, foto Ustaz Abdul Somad bersantai menikmati pemandangan kebun teh di Pagaralam diunggah di Instagram.

Fotokita.net - Foto Ustaz Abdul Somad atau UAS yang sedang bersantai di kebun teh banjir doa di media sosial. YouTuber Muhammad Kece yang kini ditahan di Rutan Bareskrim Polri disebut menyeret UAS dalam kasus penistaan agama. Ini fakta sebenarnya.

Ustaz Abdul Somad terus melakukan safari dakwah ke pelosok Tanah Air. Seperti tak kenal lelah, lulusan Universitas Kairo Mesir ini mendatangi beragam tempat untuk memenuhi undangan syiar agama.

Dalam kegiatan kunjungannya ke berbagai daerah, Ustaz Abdul Somad kerap membagikan foto dia sedang berdakwah. Selain itu, Ustaz Abdul Somad juga memamerkan foto dirinya menikmati keindahan alam setempat.

Foto Ustaz Abdul Somad saat berkunjung ke sebuah daerah juga dapat dilihat melalui akun Instagram salah seorang anggota timnya. Dia selalu membagikan foto Ustaz Abdul Somad di antara kegiatan dakwahnya.

Baru-baru ini, akun Instagram @supirustadz membagikan foto Ustaz Abdul Somad bersantai di kebun teh yang banjir doa dari netizen. "Kebun Teh Gunung Dempo, Pagar Alam, Sumatera Selatan," tulis@supirustadz seperti dikutip Fotokita.net, Sabtu (2/10/2021).

Rupanya, Ustaz Abdul Somad menikmati waktu santai di antara kegiatan berdakwah atas undangan masyarakat Kota Pagaralam yang berada di kaki gunung Dempo nan sejuk.

Baca Juga: Masya Allah! Ustaz Abdul Somad Bersimpuh di Sisi Makam, Netizen Panjatkan Doa di Foto UAS

Kedatangan Ustaz Abdul Somad memang sudah dinantikan warga Pagaralam padaSenin, (27/9/2021) malam. Setelah itu, Ustaz Abdul Somad mengunjungi ke Institut Tekhnologi dan Bisnis (Itbis) Lembah Dempo Kota Pagaralam dan Pondok Pesantren Algontori Air Laga Kota Pagaralam pada Selasa.

Sebelum ceramah dari Ustaz Abdul Somad di Masjid Agung Kota Pagaralam terlebih dahulu diisi dengan tausiyah Ustaz Solihin Asibuan dari Palembang Sumatera Selatan. Turut hadir dalam tausiyah Wali Kota Pagaralam Alpian Maskoni, Sekda Kota Pagaralam, Ketua DPRD, Kapolres, Pagaralam, Kajari, Danramil serta ulama-ulama dari berbagai tempat.

Dalam ceramahnya Ustaz Abdul Somad menyampaikan untuk di masa depan, pemimpin yang baik yaitu pemimpin yang adil, yang memperhatikan rumah Allah, Masjid. "Harus mempunyai pagar dalam kepemimpinan yaitu pemimpin yang amanah dan adil," ucap Ustaz yang sering disapa UAS itu.

"Kalau mau lihat orang kaya jangan lihat dari rumahnya, kendaraannya, tapi lihatlah masjid karena di dalam masjid tidak ada anggaran yang utang," imbuhnya.

Baca Juga: Foto Ustaz Abdul Somad Jalan-jalan ke Tanah Makam Bikin Netizen Bak Tersambar Petir, UAS Bicara Kematian: Masya Allah Ustadz

IG @supirustaz

Di antara kegiatan dakwah itu, foto Ustaz Abdul Somad bersantai menikmati pemandangan kebun teh di Pagaralam diunggah di Instagram.

Ia juga mengatakan dalam tausiahnya, masyaAllah Pagaralam adalah kota yang indah walaupun menempuh perjalanan hampir 7 tujuh jam dari Palembang, "setelah melihat hamparan pemandangan gunung Dempo merasa takjub seperti di depan laptop di dalam wallpaper dan airnya pun begitu dingin seperti mandi air dalam kulkas," katanya dengan canda kocaknya.

Sementara itu Wali Kota Pagaralam, Alpian Maskoni mengatakan dalam sambutannya, "rasa mimpi ustaz besar UAS datang ke Pagaralam, Alhamdulilah bertepatan Kota kita Pagaralam saat ini berstatus Zona Kuning."

Ditambahkan Alpian, terus terang kalau dari Pemkot mau mendatangkan UAS ini, tidak mungkin kerena susah untuk menjadwalkan. "Dibantu dengan jajaran Kepolisian Polres Pagaralam dan anggotanya, beserta Dinas Perhubungan Pol PP TNI semua jalan jadi steril dari siang sampai acara berakhir kondusif," pungkasnya.

Pantauan di Institut Tekhnologi dan Bisnis (Itbis) Lembah Dempo, UAS menyampaikan ceramahnya dihadapan ribuan mahasiswa, civitas akedemik dan masyarakat Kota Pagaralam yang memadati salah satu kampus tertua di kota di kaki Gunung Dempo sejak pukul 08.00 WIB. UAS juga menyempatkan diri ke Pondok Pesantren Al Gontori Air Laga kota Pagarlam untuk bersilatuhrahmi.

Baca Juga: Cium Tangan Saat Terakhir Kali Berjumpa, Kini Ustaz Abdul Somad Belai Pusara Ulama Kondang di Hari Ulang Tahunnya, Foto UAS Banjir Doa

IG @Supirustaz

Di antara kegiatan dakwah itu, foto Ustaz Abdul Somad bersantai menikmati pemandangan kebun teh di Pagaralam diunggah di Instagram.

Di antara kegiatan dakwah itu, foto Ustaz Abdul Somad bersantai menikmati pemandangan kebun teh di Pagaralam diunggah di Instagram. Foto Ustaz Abdul Somad bersantai di kebun teh banjir doa dari netizen. Namun, baru-baru ini, YouTuber Muhammad Kece menyeret UAS dalam kasus penistaan agama. Ini fakta sebenarnya.

Dalam informasi itu, alasan tersangka penistaan agama Muhammad Kece seret Ustaz Abdul Somad ke karena ia tak mau rugi sendiri.

Informasi tersebut mendadak bikin geger warganet setelah diunggah oleh kanal YouTube Kertas Putih mengunggah video berjudul "Berita Terkini ~ Modyaar!! M. Kace Seret Abdul Somad Dalam Kasusnya" pada Senin, (22/9/2021).

Pada thumbnail video, terlihat foto Abdul Somad tengah dikelilingi sejumlah anggota kepolisian di Bareskrim Polri.

"TAK MAU SENDIRIAN M. KACE SERET ABDUL SOMAD DALAM KASUSNYA," tulis narasi pada thumbnail video.

Baca Juga: Ustaz Abdul Somad Pergi ke Makam Malam-malam, Foto Duka UAS Bikin Netizen Menangis: Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun

Lantas bagaimana fakta sebenarnya? Setelah melalui sebuah penelusuran kabar yang mengatakan bahwa Muhammad Kece seret Abdul Somad ke dalam kasusnya adalah tidak benar.

Faktanya, tidak ada informasi resmi dan valid terkait hal tersebut. Video tersebut hanya terkandung cuplikan ungkapan Pendeta Saifuddin.

Jadi bisa disimpulkan berita tersebut merupakan hoaks dan tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sebelumnya, Beredar isu cukup mengejutkan yakni adanya Ustaz Abdul Somad (UAS) yang dikabarkan tak berkutik saat ditangkap oleh Tim Bareskrim Polri.

Selain itu, UAS dikatakan saat ini sedang menjalani pemeriksaan lebih lanjut bersama pihak kepolisian karena diduga bermasalah dengan kasus penistaan agama.

Ditangkapnya UAS dikabarkan sebagai aksi untuk menyusul Ustaz Yahya Waloni yangsudah terlebih dahulu ditangkap setelah orang dalam Istana memkinta untuk segera menangkap dirinya.

Baca Juga: Dikira Sudah di Surga, Ulama Idola Ustaz Abdul Somad Jadi Saksi Kamar Mewah Pangeran Cendana di LP Cipinang

IG @supirustaz

Di antara kegiatan dakwah itu, foto Ustaz Abdul Somad bersantai menikmati pemandangan kebun teh di Pagaralam diunggah di Instagram.

Selain itu juga dapat dilihat dari dalam infornasi yang tersebar itu dijelaskan bahwa Bareskrim berhasil menemukan sebuah bukti terkait kasus yang membawa nama Abdul Somad.

Sebagai informasi, kabar penangkapan UAS itu disebarluaskan pertama kali oleh kanal YouTube Pena Istana. Kanal tersebut terlihat mengunggah video berjudul "BERITA HARI INI~AKHIRNYA !! ORANG DALAM ISTANA SERUKAN TANGKAP UAS" pada Minggu (29/8/2021).

Video tersebut sontak menjadi viral, bahkan hingga artikel ini ditulis terlihat sudah ada sebanyak 100.878 kali orang yang menonton dan sudah 1.200 kali diberikan likes (disukai).

Tak lupa juga terlihat adanya thumbnail di video tersebut yang memperlihatkan sebuah foto dari Ustaz Abdul Somad yang sedang diinterogasi oleh pihak kepolisian.

"TAK BERKUTIK, DI PERIKSA POLISI, SEMUA TERBUKTI UAS TERBUNGKAM TAK BISA MENGELAK," tulis narasi yang terdapat dalam thumbnail video, dari kanal YouTube Pena Istana yang dikutip pada Selasa (31/8/2021).

Baca Juga: Pamer Foto Menyelam di Wakatobi, Ustaz Abdul Somad Diminta Lakukan Ini, Netizen: Saya Tunggu

YouTube

Youtuber Muhammad Kece akhirnya ditangkap polisi.

Berdasarkan hasil penelusuran yang telah dilakukan dari berbagai sumber resmi, kabar yang mengatakan bahwa Ustaz Abdul Somad tak berkutik saat ditangkap Tim Bareskrim Polri setelah adanya orang dalam Istana mendesak untuk menangkap UAS jelas tidak benar.

Dapat dipastikan bahwa faktanya kabar tersebut tidaklah benar dan tidak ada informasi valid yang dapat mengonfirmasi kabar tersebut.

Bahkan ketika ditonton, video berdurasi 10 menit 5 detik itu sama sekali tidak menampilkan sedikitpun informasi atau narasi yang sama persis seperti yang dikatakan pada judul.

Hanya ada cuplikan-cuplikan video saat Organisasi masyarakat Horas Bangso Batak melaporkan Penceramah kelahiran 44 tahun yang lalu itu ke Polda Metro Jaya terkait dugaan penistaan agama pada 2019 lalu.

Dengan begitu, dari apa yang sudah dijelaskan di atas maka dapat dipastikan 100 persen kabar tersebut adalah palsu alias hoaks.

Baca Juga: Heboh Dana Haji Dipakai Bangun Jalan, Ustaz Abdul Somad: Umat Islam Mengamuk!

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya