Masya Allah! Ustaz Abdul Somad Bersimpuh di Sisi Makam, Netizen Panjatkan Doa di Foto UAS

Minggu, 29 Agustus 2021 | 11:08
Instagram

Ustaz Abdul Somad bersimpuh di sisi makam hingga membuat netizen ikut memanjatkan doa di foto UAS.

Fotokita.net - Ustaz Abdul Somad mengunggah foto yang menunjukkan dia bersimpuh di sisi makam. Melihat foto UAS, netizen memanjatkan doa.

Nama Ustaz Abdul Somad belakangan menjadi perbincangan netizen. Maklum, setelah Bareskrim Polri menangkap Muhammad Kece dan penceramah Yahya Waloni, banyak yang mendesak agar polisi melakukan tindakan yang sama terhadap Ustaz Abdul Somad. Kata netizen, Ustaz Abdul Somad sudah menyindir agama lain hingga dianggap melanggar hukum.

Salah satu orang yang getol memburu bukti-bukti pelanggaran hukum kepada orang-orang yang ingin memecah belah persatuan Indonesia adalahHabib Husin Alwi Shihab. Habib Husin juga memperhatikan Ustaz Abdul Somad yang dituding sering menyindir agama lain.

Sosok Habib Husin Alwi Shihab pun jadi perbincangan hangat. Sejumlah kasus soal ujaran kebencian berbau suku, agama, ras dan antar golongan (SARA), di antaranya kasus Muhammad Kece si penghina Islam hingga mengaku mengincar sosok Ustaz Abdul Somad (UAS) menjadi targetnya.

Habib Husin Alwi Shihab merupakan pria yang lahir pada 26 April 1984, di Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan, tepatnya di bara’ songai di gir sereng (pinggir pantai).

Meski isu penangkapan Ustaz Abdul Somad ramai menjadi perbincangan, UAS tetap menjalankan safari dakwah. Dia menyempatkan diri bersimpuh di sisi makam seorang pemuka agama hingga netizen memanjatkan doa di foto UAS.

Baca Juga: Cium Tangan Saat Terakhir Kali Berjumpa, Kini Ustaz Abdul Somad Belai Pusara Ulama Kondang di Hari Ulang Tahunnya, Foto UAS Banjir Doa

Ustaz Abdul Somad diisukan siap-siap ditangkap polisi.Dalam informasi itu, disebutkan bahwa riwayat Ustaz Abdul Somad berakhir setelah Ketua Tim Cyber temukan bukti kejanggalan.

Informasi terkait Ustaz Abdul Somad beredar setelah kanal YouTube Pena Istana unggah video berjudul, "BERITA HARI INI~ TIM CYBER BIDIK UAS, AKIBAT LAKUKAN INI !!" pada Kamis, 26 Agustus 2021.

Hingga saat berita ini ditulis, video tersebut sudah ditonton hingga 29.684 kali dan disukai 268 kali.

Pada thumbnail video, terlihat potret Ustaz Abdul Somad tengah berdiri di tengah-tengah sejumlah anggota kepolisian.

"RIWAYAT BWRAKHIR

ABDUL SOMAD SIAP2 DICYDVUK

KETUA TIM CYBER TEMUKAN BUKTI KEJANGGALAN UAS," tulis narasi pada thumbnail video, dikutip dari kanal YouTube Pena Istana pada Jumat, 27 Agustus 2021.

Baca Juga: Foto Ustaz Abdul Somad Jalan-jalan ke Tanah Makam Bikin Netizen Bak Tersambar Petir, UAS Bicara Kematian: Masya Allah Ustadz

Instagram

Ustaz Abdul Somad bersimpuh di sisi makam hingga membuat netizen ikut memanjatkan doa di foto UAS.

Apabila informasi itu ditelusuri, klaim yang mengatakan bahwa Ustadz Abdul Somad siap-siap ditangkap polisi setelah Ketua Cyber temukan bukti kejanggalan adalah tidak benar.

Faktanya, tidak ada informasi resmi dan valid terkait hal tersebut.Di dalam video berdurasi 10 menit 5 detik itu, tidak terdapat informasi maupun narasi seperti apa yang diklaim pada judul.

Video tersebut hanya mengandung informasi penangkapan Youtuber Muhammad Kece terkait dugaan kasus penistaan agama.

Selain itu, Ketua Cyber Indonesia Husin Alwi Shihab mengaku bahwa laporan Ustaz Abdul terkait dugaan kasus penistaan agama belum ditemukan cukup bukti.

"DUl Somad, bukti kita masih kurang kuat," tulisnya melalui akun Twitter @HusinShihab.

Berdasarkan analisa di atas, maka dapat disimpulkan bahwa klaim yang beredar adalah hoaks.Video yang diunggah oleh kanal YouTube Pena Istana termasuk ke dalam hoaks jenis false connection, di mana judul dan berita yang disajikan sangat berbeda.

Baca Juga: Ustaz Abdul Somad Pergi ke Makam Malam-malam, Foto Duka UAS Bikin Netizen Menangis: Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun

Beberapa waktu lalu, sela safari dakwah ke Sumatera Barat, Ustaz Abdul Somad mendapatkan sambutan meriah. Begitu tiba di tempat dakwah, Ustaz Abdul Somad diberikan tanda kehormatan oleh tuan rumah. Netizen ikut berbahagia melihat foto sambutan hangat itu.

Selain itu, Ustaz Abdul Somad juga menyempatkan diri berziarah kubur. Dia tampak bersimpuh di sisi makam hingga netizen memanjatkan doa di foto UAS.

Dalam keterangan foto itu, Ustaz Abdul Somad memberikan penjelasan atas kegiatannya.

"UAS saat ziarah ke makam Syaikh Burhanuddin Ulakkan, Pariaman, Sumatera Barat. Wafat tahun 1704.

Beliau berguru dan mengambil bai'at zikit Thariqah Syatthariyyah kepada Syaikh Abdurrauf as-Singkili (Aceh). Wafat tahun 1693.

Baca Juga: Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, Foto Ustaz Abdul Somad Bersimpuh di Atas Makam yang Masih Basah Viral, Ustaz Pantun Kirim Doa

Instagram

Ustaz Abdul Somad bersimpuh di sisi makam hingga membuat netizen ikut memanjatkan doa.

Sahabat-sahabat seangkatan beliau:

1. Syaikh Yusuf al-Makassari (Makasar). Wafat di Afrika Selatan.

2. Syaikh Abdul Muhyi Pamijahan (Jawa Barat).

Syaikh Abdurrauf as-Singkili meriwayatkan dari Syaikh Ahmad al-Qusyasyi"

Netizen ikut memanjatkan doa di foto UAS.

"Masya Allah. Syaikh Abdurrauf as Singkili meriwayatkan dari... dari...sanad nya sampai kepada Rasulullah,... UAS menaruh perhatian yang ektra mengenai ini. Semoga UAS sehat selalu, ilmu nya berkah dan dalam lindungan Allah senantiasa, Aamiin," tulis @bu.diman157.

"MasyaAlloh tabarokalloh syaikh ❤????," doa @ahmadjaenalarifin.

"Masya Allah..aulia Allah... engkau dekatkanlah kami selalu ya Allah dengan mereka ..????????," timpal @dianastunengsih.

Baca Juga: Bergaya ABG di Depan Kamera, Kondisi Kaki Istri Ustaz Abdul Somad Jadi Sorotan, Ini Faktanya

Instagram

Ustaz Abdul Somad mengunjungi makam Ustaz Tengku Zulkarnain pada Sabtu (14/8/2021). Terakhir kali berjumpa, UAS mencium tangan sang ulama kondang.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya