Foto Ustaz Abdul Somad Jalan-jalan ke Tanah Makam Bikin Netizen Bak Tersambar Petir, UAS Bicara Kematian: Masya Allah Ustadz

Senin, 16 Agustus 2021 | 10:08
Instagram

Ustaz Abdul Somad berjalan-jalan ke sebuah kompleks permakaman. UAS bicara kematian yang membuat netizen bak tersambar petir.

Fotokita.net - Baru-baru ini Ustaz Abdul Somad mengunggah foto dia sedang berjalan-jalan ke sebuah kompleks permakaman. Melihat foto Ustaz Abdul Somad pergi ke tanah makam, netizen pun bak tersambar petir. Terlebih lagi, sang pendakwah bicara kematian.

Ustaz Abdul Somad selalu rajin mengunggah foto cerita tentang kehidupan sehari-harinya. Melalui akun Instagram pribadinya yang sudah mendapat verfikasi centang biru, Ustaz Abdul Somad menceritakan kegiatan yang dialaminya.

Sudah pasti, foto cerita yang dibagikan sang pendakwah itu mendapatkan banyak komentar dari netizen. Apalagi, jumlah pengikut akun Instagram @ustadzabdulsomad_official itu mencapai lebih dari 5,5 juta followers. Tentu bukan jumlah yang kaleng-kaleng.

Belakangan ini, Ustaz Abdul Somad rupanya diterpa kabar duka. UAS, sapaan akrabnya, harus kehilangan sahabat sejak masa menimba ilmu di pesantren dan kuliah di Pekanbaru, Riau.

UAS membagikan berita duka cita atas sahabatnya yang bernama Umar bin M Syukur. Dia mengingat betul perjalanan hidup sang sahabat, yang sudah mengantarkannya sebelum menimba ilmu di Kairo, Mesir tahun 1998. UAS menyebutkan, Umar meninggal dunia pada 11 Agustus lalu.

Kini, UAS bicara kematian. Foto Ustaz Abdul Somad berjalan-jalan ke tanah makam membikin netizen bak tersambar petir. Banyak di antara mereka yang menyebut nama sang Khalik lantaran mendapatkan pengingat dari UAS.

Baca Juga: Cium Tangan Saat Terakhir Kali Berjumpa, Kini Ustaz Abdul Somad Belai Pusara Ulama Kondang di Hari Ulang Tahunnya, Foto UAS Banjir Doa

Ustaz Abdul Somad pernah menangis saat tengah menyampaikan dakwah. Pada Senin, 18 Maret 2019, UAS mendapatkan kabar duka. Ibunya,Rohana binti Nuruddin, meninggal dunia pada pukul 04.00 WIB. Lantaransedang berdakwah di Madura, Jawa Timur, UAS tak dapat mendampingi sang ibunda yangmengembuskan napas terakhirnya di RS Sansani Pekanbaru.

Ibunda UAS telah dimakamkandi kampung halamannya di Desa Sei Silau, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

Menurut sahabat UAS, Yossi, almarhumah selama ini memang tinggal di Kota Pekanbaru, yakni di Perumahan Ami Raya Jalan Sukakarya, Panam.

“Sakit kepala saja tadi malam. Sudah tua, mungkin (serangan) jantung. (Almarhumah) sempat dirawat sebentar di rumah sakit,” kata Yossi seperti dikutp pada Senin (18/3/2019).

Kata Yossi, UAS tidak berada di sisi ibundanya ketika meninggal dunia. Yosi mengatakan, UAS pada saat yang sama sedang melakukan dakwah di Madura, Jawa Timur (Jatim). Setelah mengetahui kabar duka orang yang dicintainya itu meninggal dunia, UAS langsung berangkat ke Sumut.

“UAS dari Madura langsung menuju Medan (Sumatera Utara),” kata Yosi. Dia mengaku belum bisa memberikan detil lebih banyak tentang almarhumah karena masih mengurus jenazah.

Baca Juga: Ustaz Abdul Somad Pergi ke Makam Malam-malam, Foto Duka UAS Bikin Netizen Menangis: Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun

Instagram

Ustaz Abdul Somad bersama Prof DR Syaikh Omar, Guru Besar Hadits di Oum Durman Islamic University. UAS bicara kematian membuat netizen bak tersambar petir.

Melalui Facebook, Ustaz Somad menceritakan saat-saat jelang meninggalnya sang ibu.

Menurut Ustaz Abdul Somad, pada Senin dini hari, 18 Maret 2019, sang ibu sempat melaksanakan kebiasaan sholat tahajud dan witir. Usai sholat sunah malam itu, ibu Ustaz Somad melanjutkan ibadah dengan membaca Alquran dan zikir, lalu makan sahur untuk puasa sunah Senin.

"Setelah santap sahur, Mak masih menonton video taushiyah UAS di Youtube," tulis Ustaz Abdul Somad.

Setelah itu, tambah Ustaz Abdul Somad, sang ibu sempat mandi. Ketika mandi, ibu Ustaz Somad mengeluh sakit kepala.

"Beliau terus wudhu' persiapan sholat Subuh. Lalu pingsan, dibawa ke Rumah Sakit, menghembuskan nafas terakhir," terang Ustaz Somad.

Menurut Ustaz Abdul Somad, ibunya pernah berucap mengenai kematian. Ucapan berisi harapan itu pun terwujud.

Baca Juga: Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, Foto Ustaz Abdul Somad Bersimpuh di Atas Makam yang Masih Basah Viral, Ustaz Pantun Kirim Doa

Instagram

Ustaz Abdul Somad bersama Prof Dr Syaikh Muhammad Najmuddin al-Kurdi. Seorang guru besar di al-Azhar Cairo. UAS bicara kematian membuat netizen bak tersambar petir.

"Persis seperti ucapan Mak selama ini, 'Aku kalau bisa, mati jangan pakai sakit lamo-lami. Kalau bisa mandi dulu, jadi jasad awak bersih," kata Ustaz Somad.

Ibu Ustaz Abdul Somad meninggal pada usia 71 tahun. Ustaz Somad pun menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendoakan ibunya.

"Mohon dimaafkan segala khilaf dan salah Mak kami," kata dia.

Baru-baru ini UAS bicara kematian. Dalam unggahan di akun Instagram pribadinya, foto Ustaz Abdul Somad berjalan-jalan ke tanah makam membikin netizen bak tersambar petir.

Dalam keterangan foto jalan-jalan ke tanah makam itu, UAS bercerita panjang lebar. Berikut petikannya:

"Jalan-jalan ke pantai bagus.Jalan-jalan ke gunung juga baik.Tapi, sekali-sekali perlu juga jalan ke kuburan.Walau tak ada keluarga di sana, paling tidak ada saudara seiman. Kadang nasihat tak masuk lagi ke telinga, perlu nasihat lebih kuat.

Baca Juga: Bergaya ABG di Depan Kamera, Kondisi Kaki Istri Ustaz Abdul Somad Jadi Sorotan, Ini Faktanya

Instagram

Ustaz Abdul Somad mengunjungi makam Ustaz Tengku Zulkarnain pada Sabtu (14/8/2021). Terakhir kali berjumpa, UAS mencium tangan sang ulama kondang.

Dari mata jatuh ke hati.Menyadarkan kita bahwa hidup seperti pohon kayu.Bertunas hujau, berbatang kokoh, bercabang dan beranting, berputik lalu berbunga.

Lambat laun kan layu.Yang tinggal hanya daun-daun dihembus angin.Semua putus.Andai pernah membangun masjid.Andai meninggalkan anak sholih dan sholihah.

Andai pernah mengajarkan alif ba ta.Andai pernah mewaqafkan al-Qur'an.Andai pernah mengusap kepala anak yatim. Sempat-sempatkan, sebelum kesempatan tinggal andai-andai."

Keterangan foto Ustaz Abdul Somad berjalan-jalan ke kuburan itu membuat netizen bak tersambar petir.

"Astaghfirullah..pesan yg tak bersuara...yaitu kematian...dua datang tnp kita undang...datang tiba-tiba tidak perduli siap atau tidak saat di jemput malaikat maut...Yaa Rabb matikan lah dalam keadaan beriman kepada-Mu...bertaubat kepada-Mu...Akhir yg baik HUSNUL KHOTIMAH...Aamiin Allaahumma Aamiin ????????," kata @nurhaeni2969.

"MasyaAllah ustadz????❤️," tulis @johadi_jo.

"Massya Allah tabarakallah pak ustadz semoga sehat selalu panjang umur Aamiin ya Allah ya robbal Allamiin," ujar @nuryati9195.

Baca Juga: Pamer Foto Menyelam di Wakatobi, Ustaz Abdul Somad Diminta Lakukan Ini, Netizen: Saya Tunggu

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya