Suami Korban Pamer Foto Wanita Muda, Motif Pelaku Pembunuhan di Subang Terbongkar, Indigo: Dia Masih Keluarga

Minggu, 29 Agustus 2021 | 16:13
Facebook

Lokasi TKP pembunuhan di Subang yang merenggut nyawa ibu dan anak. Suami korban mengaku depresi.

Fotokita.net - Kasus pembunuhan di Subang, Jawa Barat sudah berlalu selama 11 hari. Polisi terus bekerja keras untuk mengungkap misteri pembunuhan yang merenggit nyawa ibu dan anak secara keji itu.

Sebanyak 25 orang saksi telah diperiksa terkait dengan pembunuhan di Subang itu. Salah satu saksi yang diperiksa adalah Yosef Hidayah, suami korban yang bernama Tuti Suhartini dan ayah dari Amalia Mustika Ratu.

Yosef yang terus-menerus disorot publik sudah menjalani pemeriksaan sebanyak tiga kali. Netizen yang ikut mencoba menjadi detektif mengulik rekam jejak digital Yosef. Rupanya Yosef sempat diketahui memiliki akun Facebook atas namanya.

Dalam akun Facebook bernama Yosef Hidayah itu, ayah Amalia Mustika Ratu tampak memamerkan foto seorang wanita muda. Dia tampak tersenyum ke arah kamera bersama sang wanita cantik itu. Sontak, foto wanita muda ini kembali menimbulkan spekulasi di antara netizen.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Erdi A. Chaniago, mengatakan, pengungkapan pelaku akan didasarkan atas alat bukti.

Pihaknya, kata dia, tidak akan mengejar pengakuan dari pelaku, tapi memperkuat alat bukti yang ada pada saat kejadian tersebut.Diharapkan, dalam waktu dekat ini pelaku perampasan nyawa itu segera terungkap.

Baca Juga: Lebih Senang Pergi dari Rumah, Foto Yosef Berpose dengan Wanita Cantik Dikulik, Pembunuh Ibu dan Anak di Subang Terungkap?

"Jadi, intinya sampai sekarang penyidik masih bekerja mengumpulkan bukti dan petunjuk, Insya Allah dalam waktu dekat bisa diungkap siapa pelakunya," ujar Kombes Erdi A. Chaniago di Polda Jabar, Kamis (26/8/2021).

Sejumlah saksi, kata dia, sudah dimintai keterangan termasuk Yosep, suami korban. Selain itu, polisi pun telah mengamankan barang bukti berupa CCTV yang masih dianalisis.

"Untuk sementara, terkait dengan petunjuk tersebut (CCTV), kita sudah amankan sedang dipelajari dan dianalisis oleh penyidik dari Polres Subang," katanya.

Salah satu saksi dalam kasus pembunuhan ibu anak di Subang, Jawa Barat, yang ditemukan tewas bertumpuk di bagasi mobil Toyota Alphard, Rabu pagi, 18 Agustus 2021 lalu, adalah caddy golf.

Pengacara Yosef Hidayah, Rohman Hidayat mengungkapkan sosok caddy golf ikut diperiksa polisi.Sosok caddy golf ini diajukan oleh pihak kuasa hukum untuk memperkuat alibi Yosef yang mengaku pagi-pagi kembali ke rumah istri tua dari rumah istri muda, lantaran akan mengambil peralatan golf.

Rumah istri muda M dengan rumah istri tua Tuti, jaraknya kurang dari 1 jam perjalanan dengan kendaraan.

Baca Juga: Terkuak Satu Per Satu Fakta Pembunuhan di Subang, Istri Muda Yosef Rebutan Jabatan Mentereng, Misteri Foto Amalia Lenyap di Instagram Terpecahkan

YouTube

Foto Yosef bersama wanita muda beredar di media sosial. Suami korban pembunuhan di Subang mengaku depresi.

Caddy golf dan Yosef berbalas pesan jam 6.30 Malam sebelum kejadian, Yosef menginap di rumah istri mudanya, M.

Sementara korban yakni Tuti dan anaknya Amalia Mustika Ratu diperkirakan meninggal jam 23.00-24.00 dan pukul 04.00-05.00, namun baru ditemukan pagi hari.

"Pak Yosef berada di rumah istri mudanya saat sehari sebelum kejadian. Pada pagi hari kejadian, pak Yosef pulang dulu ke rumah di Ciseuti karena mau bawa stik golf, saat itu beliau ada rencana golf," kata Rohman Hidayat saat dihubungi via ponselnya, Selasa (24/8/2021), seperti dikutip Tribun Jabar.

"Pengakuan Yosef itu didukung dengan bukti percakapan pesan di ponsel antara Yosef dengan caddy golf sekitar pukul 06.30 lebih bahwa dia janjian dengan caddy golf.

Dia mau pulang dulu bawa stik golf yang disimpan di rumahnya di Ciseuti. Itu juga yang disampaikan dalam BAP," lanjut Rohman Hidayat.

Yosef masih bersedih kehilangan anak istri Untuk membuktikan alibi dari Yosef terkait caddy golf itu, Rohman mengatakan pihaknya mengajukan caddy golf itu untuk jadi saksi.

Baca Juga: Pelaku Pembunuhan di Subang Akhirnya Terkuak, Polisi Kantongi Bukti Kunci, Sosok Dekat Ini Akui Hapus Foto Amalia di Instagram

Facebook

Foto Yosef bersama wanita muda. Suami korban pembunuhan di Subang mengaku depresi.

"Ada alibi dari keberadaan Yosef ketika terjadi tindak pidana. Soal kecurigaan, saat ini semua saling curiga, tapi tanpa bukti ilmiah. Makanya saya sebagai penasehat hukum, mempercayakan semua pada penyelidikan Polres Subang," ucap Rohman Hidayat.

"Saya sedang mendorong agar caddy golf itu jadi saksi untuk memperkuat alibi Yosef. Caddy golfnya saya kenal dan bersedia jadi saksi," katanya.

Ia menambahkan, Yosef sangat kehilangan anak dan istrinya itu. Bahkan, hingga saat ini, Yosef masih sering menanyakan keberadaan anaknya.

"Yang pasti beliau sangat terpukul. Sampai sekarang masih sering menanyakan kemana Amel (Amalia Mustika Ratu," ucap dia.

Kini, Yosefdisebut-sebut kini sangat terpukul.Selain anak istrinya meninggal dengan cara mengenaskan, kini dirinya pun manjadi salah satu yang paling dicurigai sebagai pelakunya.

Jasad kedua korban ditemukan tertumpuk di bagasi mobil Alphard di rumahnya di Kampung Ciseuti, Desa Jalan Cagak, Kecamatan Jalan Cagak, Kabupaten Subang, 18 Agustus 2021.

Baca Juga: Foto CCTV Lokasi Pembunuhan di Subang Terungkap, Saksi Lihat Sosok Ini Pindahkan Mobil Sebelum Jasad Korban Ditemukan

Instagram

Lokasi TKP pembunuhan di Subang yang merenggut nyawa ibu dan anak. Suami korban mengaku depresi.

"Jelas Pak Yosef sangat down kondisinya saat ini soalnya kan dia merasa terpojok dengan kondisi pascaistri dan anaknya meninggal dunia secara tidak wajar itu," kata kuasa hukum Yosef, Rohman Hidayat, saat dihubungi TribunJabar.id melalui sambungan telepon, Minggu (29/8/2021).

Menurut Rohman, banyak asumsi-asumsi liar dari masyarakat saat ini yang mengaitkan kliennya sebagai terduga pelaku."Maka dari itu, tugas kita sebagai kuasa hukum yaitu mendampingi klien yang saat ini hanya menjadi saksi dari kasus ini," ujarnya.

Rohman juga menjelaskan, psikologis dari seseorang pada umumnya tentu akan terganggu apabila banyak pihak yang seperti memojokkan.

"Apalagi kan memang banyak asumsi liar yang seolah-olah sudah menunjukkan bukti yang kuat bahwa Pak Yosef itu pelakunya," kata dia.

Sebelumnya, Yosef dinilai sangat kooperatif saat menjalani pemeriksaan oleh pihak kepolisian.Dari informasi yang didapatkan, total 50 pertanyaan lebih yang dilayangkan pihak kepolisian kepada Yosef disaat menjalani pemeriksaan sebagai saksi tersebut.

Dalam banyak pemberitaan sebelumnya, Rohman Hidayat meyakini Yosef tidak terlibat kasus perampasan nyawa anak dan istrinya.

Baca Juga: Foto Istri Muda Suami Korban Pembunuhan di Subang Beredar, Keluarga Ungkap Sikap Tak Pantas dari Saksi yang Diperiksa Polisi

"Saya pribadi meyakini bapak (Yosef) ini tidak terlibat atau melakukan hal-hal yang menyebabkan kematian anak dan istrinya," ucap Rohman Hidayat dilansir Tribun, Rabu (25/8/2021).

Pernyataannya itu dikaitkan dengan kondisi psikologis keluarga yang sudah saling curiga.

"Ya, tidak menutup kemungkinan jadi saling curiga," ujar Rohman HidayatApalagi, Yosef punya istri muda."Kemudian masalah yayasan, terus hubungan dari beliau dengan korban serta saksi-saksi yang lain seperti apa.

Selain itu ditanya soal keberadaan Yosef saat hari kejadian. "Pak Yosef menjelaskan sejak 17 Agustus malam hingga 18 Agustus subuh berada di istri mudanya.Nah, keterangan itu diperkuat oleh istri muda dan dua anaknya," ucap Rohman.

Kemudian, kata dia, Yosef pada pagi di hari kejadian, pergi ke rumah Tuti yang merupakan lokasi kejadian karena saat itu, kata Rohman, Yosef hendak mengambil stik golf.

"Saat itu Pak Yosef sudah janjian dengan caddy golf, ada pesan chat-nya sekitar 06.58 bahwa beliau akan golf dan akan bawa stik golf ke rumah Tuti," katanya.

Baca Juga: Polisi Kantongi Bukti Kuat, Benarkah Pembunuh Ibu dan Anak di Subang Sudah Ditangkap? Foto Korban yang Hilang Dilacak

Instagram

Foto Amalia Mustika Ratu salah satu korban pembunuhan di Subang. Ayah Amalia mengaku depresi.

Dengan melihat jawaban Yosef saat ditanya penyidik Satreskrim Polres Subang, dia meyakini bahwa Yosef tidak terlibat dalam kematian anak dan istrinya itu.

"Dengan melihat alibinya, saya meyakini bapa ini tidak melakukan kasus ini dan tidak terlibat," katanya.

Hanya memang, keyakinan itu harus diuji dengan alat bukti lainnya. Seperti yang sedang dilakukan Polres Subang salah satunya dengan olah TKP, tes DNA dan mencari sidik jari.

"Ya, harus didukung dengan alat bukti lainnya. Harus ada uji ilmiah untuk mengungkap pelaku dibalik kematian anak dan ibu ini," ucap dia.

Kuasa hukum M, istri muda Yosef atau ibu tiri Amalia, Robert Marpaung juga meyakini M tidak terlibat karena pada saat kejadian, istri muda itu berada di rumah bersama Yosef.

"Ada saksinya Pak Yosef sendiri dan dua putra ibu M bahwa pada hari kejadian, malamnya, klien kami ada di rumah," ucap Robert Marpaung.

Suami korban yang pamer foto wanita muda di akun Facebook mengaku depresi. Seorang indigo membongkar motof pelaku pembunuhan di Subang itu. Katanya, pelaku masih keluarga dari korban.

Baca Juga: Polisi Ungkap Ciri-ciri Pelaku, Korban Pembunuhan di Subang Unggah Foto Terakhir Ini, Jadi Firasat Sebelum Dibunuh?

Orang indogo itu diketahui adalah seorang pengguna media sosial. Dia mengaku mendapat penerawangan terkait sosok pembunuh ibu dan anak di Subang yang belakangan ini menghebohkan publik.

Indigo tersebut lewat unggahannya di media sosial Instagram Fatirraturs, Kamis 26 Agustus 2021, mengaku mengetahui persis siapa pembunuh ibu dan anak di Subang itu.

Dalam penerawangannya, ia membantah anggapan publik yang menyebut pelaku dalam kasus heboh tersebut adalah suami dari korban yakni Yosef.

"Maaf mbak yang membunuh bukan suaminya. Dan saya tahu kronologisnya juga motifnya apa," tulis Fatirraturs.

Berdasarkan unggahan videonya, sang indigo juga mengaku mengetahui secara detail kronologi dan motif si pembunuh.

Baca Juga: Foto Korban Pembunuhan di Subang Bergaya di Mobil Tempat Menyimpan Jasadnya Viral, Jadi Idola di Kampungnya

Menurutnya, pelaku pembunuh ibu dan anak itu sudah berada di lokasi kejadian perkara sejak pukul 1 malam dini hari.

"Kronologinya panjang karena pelakunya sudah berada di situ pada pukul 1 malam," ungkap sang indigo.

Adapun motif dari si pembunuh, kata indigo itu, yakni pelaku merasa sakit hati dan ingin balas dendam kepada korban.

Selain itu, indigo tersebut mengungkapkan bahwa pembunuh ibu dan anak di Subang itu adalah keluarga jauh dari kedua korban dan ingin menguasai harta mereka.

"Motifnya sakit hati, dendam dan ingin menguasai harta almarhumah. (pembunuhnya) masih keluarga jauh almarhumah," tandasnya.

Baca Juga: Foto Hidup Mewah di Amerika Bikin Heboh, Pelawak Senior Ini Tolak Bawa Anak Sulungnya ke Rumah Sakit Meski Sudah Digerogoti Virus Berbahaya

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya