Terkuak Satu Per Satu Fakta Pembunuhan di Subang, Istri Muda Yosef Rebutan Jabatan Mentereng, Misteri Foto Amalia Lenyap di Instagram Terpecahkan

Sabtu, 28 Agustus 2021 | 09:54
Kolase

Istri muda Yosef, suami korban pembunuhan di Subang yang disebut rebutan jabatan mentereng. Misteri foto Amalia Mustika Ratu yang lenyap terpecahkan.

Fotokita.net - Fakta dalam kasus pembunuhan di Subang, Jawa Barat mulai terkuak satu per satu setelah sepuluh hari penemuan jasad korban. Salah satunya, istri muda Yosef, suami korban pembunuhan, ternyata rebutan jabatan mentereng. Misteri foto Amalia lenyap di Instagram juga terpecahkan.

Peristiwa penemuan jasad korban pembunuhan ibu dan anak di Subang sudah berlalu selama sepuluh hari.

Sejak jasad korban bernama Tuti Suhartini (55) dan anaknya, Amalia Mustika Rahayu (24) ditemukan di bagasi mobil mereka di halaman rumah diDusun Ciseuti, Desa Jalan Cagak, Kecamatan Jalan Cagak, Rabu (18/8/2021), peristiwa itu sudah menjadi perbincangan publik. Jasad ibu dan anak itu pertama kali ditemukan oleh suami sekaligus ayah korban, Yosef.

Sejak itu, publik begitu menunggu hasil kerja polisi yang mulai menguak fakta pembunuhan di Subang itu satu per satu.

Polisi sudah menyatakan, kasus pembunuhan ini bukan sebuah peristiwa perampokan. Hal ini terungkap saat polisi melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) yang menemukan fakta, hanya handphone (HP) milik Amalia Mustika Ratu yang hilang.Bahkan, uang Rp 30 juta yang tergeletak begitu saja di dalam rumah pun tak diambil pelaku.

Baca Juga: Pelaku Pembunuhan di Subang Akhirnya Terkuak, Polisi Kantongi Bukti Kunci, Sosok Dekat Ini Akui Hapus Foto Amalia di Instagram

"Barang berharga juga tidak ada yang hilang. Mobil juga masih lengkap. Jadi Kami duga ini pelaku kenal dan mudah untuk masuk ke TKP atau rumah korban," ungkap AKBP Sumarni, kata AKBP Sumarni dilansir TribunnewsBogor.com dari Kompas TV.

Kuasa hukum Yosef, suami dari Tuti sekaligus ayah dari Amalia, Rohman Hidayat menyebut bahwa ada uang Rp 30 juta di dalam rumah saat perampasan nyawa itu terjadi.

"Iya, ada uang Rp 30 juta di rumah tapi tidak diambil. Saat ditemukan uangnya masih ada dan sempat dijadikan barang bukti oleh polisi," kata Rohman Hidayat saat dihubungi pada Jumat (27/8/2021).

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago mengatakan, pengungkapan pelaku didasarkan atas alat bukti yang dikumpulkan oleh polisi.

Pihaknya, kata dia, tidak akan mengejar pengakuan dari pelaku, tapi memperkuat alat bukti yang ada pada saat kejadian tersebut.Diharapkan, dalam waktu dekat ini, kata dia, pelaku pembunuhan segara terungkap dan diumumkan ke publik.

"Jadi, intinya sampai sekarang penyidik masih bekerja mengumpulkan bukti dan petunjuk, Insya Allah dalam waktu dekat bisa diungkap siapa pelakunya," ujar Kombes Erdi A Chaniago di Polda Jabar, Kamis (26/8/2021).

Baca Juga: Terungkap Alasan Suami Korban Pembunuhan di Subang Sering Pergi, Tukang Surabi Bongkar Fakta Mengejutkan, Foto Keluarga Tinggal Kenangan

Instagram

Polisi sudah mengantongi bukti kunci pelaku pembunuhan di Subang hingga siap merilisnya dalam waktu dekat.

Sejumlah saksi, kata dia, sudah dimintai keterangan termasuk Yosep, suami korban.Selain itu, polisi pun telah mengamankan barang bukti berupa CCTV yang masih dianalisis.

"Untuk sementara, terkait dengan petunjuk tersebut (CCTV), kita sudah amankan sedang dipelajari dan dianalisis oleh penyidik dari Polres Subang," katanya.

Konflik jabatan mentereng mencuat di tengah penyelidikan kasus pembunuhan ibu dan anak di Subang, Tuti dan Amalia Mustika Ratu.Jabatan yang sebelumnya didapuk Mimin, istri muda suami Tuti, Yosef, kini diemban oleh Amalia Mustika Ratu.

Meski begitu, kuasa hukum Mimin, Robert Marpaung menekankan jabatan tersebut bukan menjadi penyebab renggangnya hubungan Mimin dengan Amalia Mustika Ratu.

Di tengah penyelidikan, mencuat konflik jabatan menterengan antara istri muda Yosef dengan Amalia Mustika Ratu.Diketahui bahwa Yosef merupakan pendiri Yayasan Bina Prestasi Nasional.

Sejak menikah, Yosef menujuk istri mudanya, Mimin sebagai bendahara.Hingga 2018, Yosef menunjuk Amel, sapaan karib Amalia Mustika Ratu, untuk menggantikan Mimin sebagai bendahara yayasan.

Baca Juga: Foto CCTV Lokasi Pembunuhan di Subang Terungkap, Saksi Lihat Sosok Ini Pindahkan Mobil Sebelum Jasad Korban Ditemukan

dok. Robert Marpaung.

Istri muda suami korban pembunuhan di Subang, Mimin saat menjalani pemeriksaan di Mapolres Subang bersama pengacaranya, Robert Marpaung.

“Sempat kerja jadi bendahara di sekolah Pak Yosef (ayah Amelia),” kata Asep, keluarga korban.Malah atas kinerjanya, Amel juga sempat diberi hadiah mobil.

"Dia kan bendahara di yayasan, saya ketua yayasannya. Jadi pihak yayasan memberikan hadiah karena kinerjanya.

"Dia juga berprestasi seperti di organisasi-organisasi," ujar Yoris, kakak Amel, dilansir dari Youtube TribunJabar.

Kakak Tuti, Lilis Sulastri menyebut Mimin diganti Amel karena kinerjanya yang tak benar.

Menurut Lilis, Mimin menghabiskan uang yayasan selama menjabat sebagai bendahara.

"Sama istri mudanya itu kan bendahara, uangnya kan habis sama dia, sama istrinya (istri muda Yosef). Jadi terbukti. (Sekarang diganti sama Amel)," ujar Lilis.

Baca Juga: Foto Amalia Mustika Ratu Lenyap Bersama Akun IG Miliknya, Istri Muda Sang Ayah Akui Ada di Tempat Ini Saat Pembunuhan di Subang Terjadi

Tribun

Lilis Sulastri, kakak korban pembunuhan di Subang, Jawa Barat menyebutkan sikap tak pantas dari saksi yang diperiksa polisi.

Soal pernyataan Lilis, kuasa hukum Mimin, Robert Marpaung memberi tanggapan."Itu hanya pendapat sepihak aja darik bu Lilis," kata Robert dari TribunnewsBogor.com.

Robert Marpaung mengatakan Mimin tak menyoal ketika jabatannya diambil Amalia Mustika Ratu."Gak ada masalah buat bu Mimin," kata Robert Marpaung.

Menurut Robert, jabatan sebagai bendahara juga tak berpengaruh terhadap kondisi ekonomi Mimin.Pasalnya sejak menikah, Mimin memang selalu diberi nafkah oleh Yosef.

"Hanya sebatas bekerja atau tidak bekerja saya tidak lebih, karena masih mendapatkan nafkah dari suami," kata Robert Marpaung.

Menurut Robert Marpaung, sejak menikah dengan Yosef, Amalia Mustika Ratu dan Mimin tidak saling berhubungan."Memang sejak awal perkawinan mereka (Mimin dan Amel) kurang berhubungan," kata Robert.

Ia menekankan masalah jabatan di yayasan bukan penyebab renggangnya hubungan Mimin dengan Amel.

Baca Juga: Foto Istri Muda Suami Korban Pembunuhan di Subang Beredar, Keluarga Ungkap Sikap Tak Pantas dari Saksi yang Diperiksa Polisi

"hal itu bukan menjadi alasan untuk tidak berkomunikasi," kata Robert Marpaung.

Robert Marpaung enggan membeberkan alasan hubugan Mimin dan Amalia Mustika Ratu renggang.

"Memang gak tanyaan sejak awal pernikahan bu Mimin dengan pak Yosef," kata Robert Marpaung.

Adanya istri muda Yosef rebutan jabatan mentereng di yayasan sudah mengundang kerucigaan publik. Meskipun demikian, pengacara istri muda Yosef sudah membantahnya dan meminta publik tidak berspekulasi berlebihan sebelum ada keterangan resmi dari polisi, yang rencananya sebentar lagi menyampaikan nama pelaku pembunuhan di Subang.

Sementara itu, misteri foto Amalia Mustika Ratu lenyap di Instagram terpecahkan

Sempat dicurigai sebagai pelaku pembunuhan, sosok yang hapus foto di media sosial Amalia, korban pembunuhan di Subang akhirnya terkuak.

Baca Juga: Polisi Kantongi Bukti Kuat, Benarkah Pembunuh Ibu dan Anak di Subang Sudah Ditangkap? Foto Korban yang Hilang Dilacak

Sosok tersebut ternyata adalah orang dekat Amalia.

Bahkan sosok tersebut juga sudah dikenal baik oleh keluarga besar Tuti, ibunda Amalia yang juga tewas dalam insiden berdarah di rumahnya.

Usai kasus pembunuhan Tuti dan Amalia diketahui khalayak, sosok Amalia jadi sorotan.Pasalnya, semua jejak Amalia di media sosial yakni foto hingga videonya mendadak lenyap.

Hal tersebut memicu asumsi bahwa sosok yang menghapus foto Amalia di media sosial adalah sang pembunuh.Asumsi tersebut dikuatkan dengan fakta bahwa ponsel Amalia hilang dari TKP.

HP Amalia diduga dibawa oleh pelaku pembunuhan.Beberapa hari menuai kecurigaan, sosok yang menghapus foto Amalia di media sosial akhirnya terkuak.

Tante Amalia sudah mengungkapkan fakta tersebut.Sosok tersebut adalah pacar dari mendiang Amalia.

Lilis Sulastri (56) yang merupakan kakak Tuti menjelaskan bahwa pacar Amalia sempat meminta izin kepada keluarga Amalia untuk menghapus unggahan Amalia.

Baca Juga: Terkuak, Pembunuh Ibu dan Anak di Subang Punya Ciri-ciri Khusus Ini, Foto Korban di Facebook Banjir Doa

TikTok

Misteri foto Amalia Mustika Ratu yang lenyap di Instagram terpecahkan. Amalia adalah salah seorang korban pembunuhan di Subang.

Hal tersebut dilakukan pacar Amalia agar sosok sang kekasih tak tersebar ke khalayak.

"Pacarnya juga bilang katanya demi kebaikan biar enggak terlalu tersebar, jadi dihapus sama pacarnya Amalia itu," ucap Lilis saat ditemui TribunJabar.id dir rumahnya di Desa Jalan Cagak, Kamis (26/8/2021).

Tak hanya mengungkap sosok yang menghapus foto Amalia, Lilis juga bercerita perihal curhatan sang keponakan tercinta.Lilis mengatakan, Amalia dengan pacarnya sebenarnya sudah berencana menikah.

Pacar Amalia berasal dari Cimahi.Lilis bercerita bahwa Amalia sempat melayangkan curhatan yakni menanyakan biaya pernikahan kepadanya."Sebelumnya Amalia pernah cerita sama saya, nanya kalau biaya pernikahan itu berapa. Saya jawab saja sekitar 100 juta," kata Lilis.

Amalia dan pacarnya, dikatakan Lilis, berada satu kampus saat kuliah.Lilis juga membeberkan bahwa, hubungan dari keponakan bersama pacarnya tersebut sudah berjalan empat tahun lebih.

"Pacarnya tuh baik banget sudah pada kenal sama semua keluarga, juga sering ke sini. Hubungannya jalan sekitar empat tahun lebih lah sama Amalia itu," tutur Lilis.

Untuk diketahui, kasus pembunuhan Tuti dan Amalia hingga kini masih belum terungkap.

Baca Juga: Polisi Ungkap Ciri-ciri Pelaku, Korban Pembunuhan di Subang Unggah Foto Terakhir Ini, Jadi Firasat Sebelum Dibunuh?

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya