Satu Indonesia Tertipu, Sering Dibuang dari Dapur Ternyata 5 Bahan Masak Ini Ampuh untuk Tangkal Varian Delta

Minggu, 27 Juni 2021 | 12:26
Istimewa

Ilustrasi jahe, kunyit, dan temulawak. 5 bahan masak yang kerap dibuang ini ampuh untuk menangkal Covid-19 hingga meningkatkan imun tubuh.

Fotokita.net - Virus corona varian delta menjadi penyebab infeksi paling dominan belakangan ini. Ternyata 5 bahan masak yang kerap dibuang ini ampuh untuk menangkal Covid-19 hingga meningkatkan imun tubuh.

Virus Corona jenis baru yang ditemukan pada manusia sejak kejadian luar biasa muncul di Wuhan Cina pada Desember 2019. Tanpa terasa sudah hampir dua tahun wabah ini masih berada di sekitar kita.

Seiring berjalannya waktu, virus corona penyebab Covid-19 bermutasi dan menimbulkan varian-varian baru.

Baca Juga: Kasus Harian Covid-19 Rekor Lagi, Zaidul Akbar Singgung Obat dari Segala Penyakit Sesuai Pesan Nabi

WHO telah mengumumkan nama baru bagi varian virus corona yang telah terdeteksi di sejumlah negara. Tercatat ada 10 varian virus corona yang dikumpulkan WHO.Penamaan ini dilakukan setelah sejumlah pertimbangan serta adanya konsultasi luas dan tinjauan dari banyak sistem penamaan potensial.

Dikutip dari cnbc.com, WHO mengatakan varian Delta adalah varian yang sangat menular.Varian Delta merupakan jenis virus corona tercepat dan terkuat yang pernah ada.

WHO juga mengatakan, varian Delta menjadi varian dominan penyakit di seluruh dunia.

Baca Juga: Jangan Panik Saat Anak Positif Covid-19, Ternyata Virus Cepat Hilang Cuma dengan Terapi Sederhana Ini

Sebuah studi menunjukkan varian Delta 60% lebih menular daripada varian alpha dan varian asli yang muncul di Wuhan, China.

Dr. Paul Offit, Direktur Pusat Pendidikan Vaksin di RS Anak Philadelphia mengatakan, varian Delta kini menggantikan varian alpha yang merupakan varian yang sangat menular yang melanda Eropa dan Amerika di awal tahun 2021.

Maria Van Kerkhove, pimpinan teknis WHO untuk Covid mengatakan, varian Delta kini telah menyebar ke 92 negara.

Baca Juga: Pasti Nyesal Baru Tahu Sekarang, Sering Makan Buah Ini, Hidup Kita Jauh Lebih Bahagia

Dikutip dari Healthline.com, varian Delta juga dikenal sebagai B.1.617.2.

Varian Delta pertama kali terdeteksi di India.

Para ahli mengatakan, varian Delta Covid-19 menimbulkan ancaman karena lebih mudah menular daripada jenis varian lain dan memberikan gejala yang lebih serius.

Baca Juga: Heboh Obat Cacing untuk Covid-19, Ternyata Corona Hilang Cuma dengan Terapi Sederhana Ini

Instagram @arbasbarong Arie Basuki

Pasien Covid-19 yang ada di RSUD Kota Bekasi.

Meskipun saat ini vaksin bekerja efektif melawan varian Delta, tapi varian ini memiliki banyak peluang untuk bermutasi kepada orang yang belum divaksinasi.

Varian Delta juga dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah.

Dikututip dari CNBC.com, WHO mengatakan, varian Delta telah menyebar ke-80 negara dan terus bermutasi.

Masih dari Healthline.com, gejala paling umum varian Delta adalah demam, pilek, sakit kepala hingga sakit tenggorokan.

Baca Juga: Coba dari Sekarang, Memutihkan Gigi Kuning Cukup Pakai Kulit Buah Ini, Prosesnya Cuma 2 Menit

Setiap orang yang terinfeksi varian Delta memiliki gejala yang berbeda-beda.

Gejala yang biasa terjadi adalah demam.

Varian Delta menyebabkan banyak orang sakit parah dalam waktu tiga atau empat hari.

Untuk orang yang lebih muda, gejala varian Delta terasa seperti pilek.

Baca Juga: 6 Potret Pilu Kematian Akibat Covid-19, Menkes Budi Gunadi: Biarkan Virusnya Menular...

Istimewa

Ilustrasi temulawak dan kunyit. 5 bahan masak yang kerap dibuang ini ampuh untuk menangkal Covid-19 hingga meningkatkan imun tubuh.

Namun berbeda dengan pilek, mereka yang memiliki varian Delta bisa menularkan virus ke orang lain terutama yang belum divaksinasi sepenuhnya.

Semua orang tetap harus waspada terhadap gejala lain dari virus Corona yaitu demam, batuk, sesak napas, sakit kepala, kelelahan atau kehilangan indera perasa atau penciuman.

Menjaga dan meningatkan imun di dalam tubuh jadi salah satu kunci dalam melawan virus corona, terutama varian Delta. Ternyata 5 bahan masak yang kerap dibuang dari dapur ini ampuh untuk menangkal varian Delta.

Baca Juga: 5 Cara Mengusir Semut di Dapur Kita, Ternyata Bisa Segampang Ini

Banyak cara bisa dilakukan agar imun tetap terjaga, salah satunya seperti yang diungkap oleh dokter Zaidul Akbar. Ia pun membagikan rahasia untuk menguatkan imun di dalam tubuh.

Kelima bahan tersebut bisa ditemukan dengan mudah dalam sehari-hari, terutama di dapur kita. Kelima bagan tersebut adalah jahe, temulawak, kencur, kunyit dan sereh. Masing-masing bahan tersebut memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

"Perpaduan 5 bahan ini sangat baik dalam memberi efek penguatan imunitas tubuh kita sehari- hari," tulis dokter Zaidul Akbar dalam akun Instagramnya.

Baca Juga: Pasti Nyesal Baru Tahu Sekarang, Uban di Kepala Hilang Cuma dengan Oleskan 2 Bahan Alami Ini

Istimewa

Ilustrasi kunyit dan temulawak. 5 bahan masak yang kerap dibuang ini ampuh untuk menangkal Covid-19 hingga meningkatkan imun tubuh.

Dokter Zaidul Akbar lalu melampirkan gambar yang merangkum manfaat bahan-bahan tersebut. Di dalam gambar itu, ada Jahe yang memiliki gingerol untuk anit-kanker, shogaol guna antri-oksidan dan anti-inflamasi, zingeron yang anti-bakteri dan paradol untuk anti-kanker.

Temulawak yang mempunyai manfaat yang tak jauh berbeda dengan jahe namun ditambah menjaga kesehatan hati, mengatasi masalah pencernaan dan mengeluarkan toksin. Sementara Kencur bisa melegakan pernapasan dan menghangatkan tubuh juga meredakan mual.

Baca Juga: Dijamin Nyesal Baru Tahu Sekarang, Bahaya Makan Gorengan Musnah Cuma dengan Cara Gampang Ini

Kunyit yang bisa menjadi anti-tumor dan anti-mutagenik. Sementara Serai yang berfungsi sebagai anti-mikroba, detox, dan mencegah racun.

“Apa manfaatnya? Ya semua yang tertulis di sana, Insha Allah akan kita dapatkan manfaatnya,” tulisnya.

Baca Juga: Satu Indonesia Syok, Efek Buruk Ini Bikin Kapok Minum Kopi Sachet Lagi

Istimewa

Ilustrasi jahe, kunyit, dan temu kunci. 5 bahan masak yang kerap dibuang ini ampuh untuk menangkal Covid-19 hingga meningkatkan imun tubuh.

Kelima bahan masak itu bisa dijadikan minuman yang bisa menghangatkan tubuh, dokter Zaidul Akbar membagikan resepnya agar bisa dinikmati di lidah dan manfaatnya tetap terjaga.

"Biar ramuan ini terasa hangat maka Jahe dan sereh porsinya 70 persen ya, 30 persen dibagi 3 ke kunyit, temulawak, kencur, dan tambahkan sedikit pandan biar wangi," sebut dokter Zaidul Akbar.

Baca Juga: Dijamin Kapok Datang Lagi, Ini Cara Mengusir Kecoa dari Rumah Hanya dengan 3 Bahan Alami

Dokter Zaidul Akbar memberi tuntunan bagaimana mengolah bahan tersebut. Setelah minuman tersebut disajikan, Zaidul Akbar menyarankan utnuk dihabiskan dalam satu tegukan. Berikut cara membuatnya.

"Cara buatnya bisa pake air panas atau mendidih, mana yang mudah aja , asal jangan terlalu lama saja di rebus nanti malah menguap bahannnya," tandas dokter Zaidul Akbar.

Baca Juga: Nyesal Baru Tahu Sekarang, Pengobatan Autoimun Ternyata Gampang, Stop Konsumsi 2 Makanan Ini

Istimewa

Ilustrasi kunyit dan temulawak. 5 bahan masak yang kerap dibuang ini ampuh untuk menangkal Covid-19 hingga meningkatkan imun tubuh.

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya