Follow Us

Nyesal Baru Tahu Sekarang, Pengobatan Autoimun Ternyata Gampang, Stop Konsumsi 2 Makanan Ini

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 16 Juni 2021 | 08:29
Untuk mengobati penyakit autoimun, ternyata kita cukup menghentikan konsumsi 2 makanan ini.
Istimewa

Untuk mengobati penyakit autoimun, ternyata kita cukup menghentikan konsumsi 2 makanan ini.

Fotokita.net - Pengobatan autoimun kerap membuat pusing para penderitanya. Padahal, untuk mengobatinya, ternyata kita cukup menghentikan konsumsi 2 makanan ini.

Autoimun adalah penyakit yang terjadi saat sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang sel-sel yang sehat dalam tubuhnya sendiri.

Dalam kondisi normal sistem kekebalan tubuh, seharusnya berfungsi melindungi tubuh untuk melawan penyakit dan sel jahat, seperti bakteri maupun virus.

Baca Juga: Banyak yang Nyesal Kalau Baru Tahu, Mengusir Semut di Rumah Ternyata Bisa Segampang Ini

Dengan begitu, ketika terserang organisme asing, sistem kekebalan tubuh akan melepas protein yang disebut antibodi untuk melawan dan mencegah terjadinya penyakit. Namun, hal itu tidak terjadi pada kasus autoimun.

Banyak dampak yang akan timbul jika tubuh terserang penyakit autoimun. Bahkan, telah tercatat bahwa terdapat 80 jenis penyakit autoimun yang menunjukkan gejala yang sama.

Baca Juga: Banyak yang Belum Sadar, 5 Hal Sepele Ini Bikin TV Layar Datar Cepat Rusak

Hal tersebut menimbulkan kesulitan apakah seseorang mengidap gangguan ini atau tidak, dan pada jenis yang mana. Sementara itu, penyakit autoimun belum dapat dipastikan penyebabnya.

Pada orang-orang yang menderita autoimun, sistem kekebalan tubuh pada orang tersebut melihat sel tubuh yang sehat sebagai 'benda' asing, sehingga antibodi yang dilepaskan sistem kekebalan tubuh, justru menyerang sel-sel sehat tersebut.

Hingga saat ini, para ahli masih belum menemukan penyebab pasti dari penyakit autoimun. Tetapi, terdapat beagam faktor yang menyebabkan seseorang berisiko untuk mengidap penyakit autoimun, seperti:

Baca Juga: 6 Potret Aglonema Harlequin yang Bikin Kita Yakin Harganya Tembus Ratusan Juta

Halaman Selanjutnya

- Infeksi.
1 2 3 4

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest