Habib Rizieq Sebut Staf Khusus Jokowi Terlibat Penembakan 6 Laskar FPI, Sunan Kalijaga Buru-buru Minta Rahasiakan Hal Ini

Senin, 14 Juni 2021 | 18:32
Kolase

Habib Rizieq Shihab dan Plt Ketua Umum PKPI Sunan Kalijaga. Ayah Salmafina Sunan buru-buru minta rahasiakan hal ini usai tudingan Habib Rizieq viral.

Fotokita.net - Habib Rizieq Shihab telah menyebut Staf Khusus Presiden Jokowi, Diaz Hendropriyono terlibat dalam penembakan 6 laskar Front Pembela Islam (FPI) beberapa waktu lalu.

Habib Rizieq melontarkan pernyataan itu dalam pembacaan pledoinya atas kasustes swab palsu RS Ummi Bogordi Pengadilan Negeri Jakarta Timur kemarin, Kamis (10/6/2021) sore.

Dalam kasus dugaan tes swab palsu RS Ummi Bogor, Habib Rizieq Shihab dituntut enam tahun penjara oleh jaksa penuntut umum.

Baca Juga: Unggah Foto Bareng, Ini Sosok Sahabat Deddy Corbuzier yang Disebut Terlibat Penembakan 6 Laskar FPI

Habib Rizieq menuding Diaz Hendropriyono terlibat dalam kasus penembakan terhadap 6 laskar FPI di Tol Jakarta - Cikampek KM 50pada Desember 2020.

"Diaz Hendropriyono yang diduga kuat terlibat dalam pembantaian 6 laskar FPI pengawal saya pada 7 Desember 2020," ujar Habib Rizieq.

Habib Rizieq menjelaskan, tudingan ini berdasarkan cuitan Diaz di akun media sosial pribadi milikmantan Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) itu.

Baca Juga: Buka Masker Saat Foto Bersama, Habib Rizieq Bakal Jalani Kegiatan Ini Usai Bebas dari Penjara

Dalam akun Twitter dan Instagramnya, adik ipar Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa itu mengunggah tulisan "Sampai Ketemu di 2026."

Habib Rizieq menuding tulisan itu sebagai isyarat bahwa Diaz ingin memenjarakan Rizieq dalam waktu yang lama.

"Diaz sebagaimana ayahnya AM Hendropriyono masih belum puas dengan pembantaian enam laskar Pengawal saya, sehingga masih terus mengejar agar saya dihukum," ujar Rizieq.

Dalam kesempatan itu, Rizieq juga menyinggung pihak yang kerap menyerangnya di media sosial, seperti Denni Siregar, Abu Janda, Ade Armando, Eko Kuntadhi, hingga Guntur Romli.

Baca Juga: Heboh Dana Haji Dipakai Bangun Jalan, Ustaz Abdul Somad: Umat Islam Mengamuk!

"BuzzerRp bayaran Istana yang selama ini kebal hukum, berkali-kali dilaporkan tapi tidak pernah diproses," kata Rizieq.

Sebelumnya, Rizieq Shihab dituntut enam tahun penjara oleh jaksa penuntut umum untuk kasus dugaan tes swab palsu RS Ummi Bogor.

Jaksa penuntut umum (JPU) mengatakan pleidoi Habib Rizieq Shihab (HRS) dalam perkara swab RS Ummi hanya berisi kekesalan dirinya dan tidak memiliki dalil-dalil yang kuat.

Baca Juga: Pemerintah Gagal Berangkatkan Jamaah Haji 2021, Habib Rizieq Diminta Turun Gunung

Hal ini disampaikan oleh JPU dalam sidang lanjutan dengan agenda tanggapan atas pleidoi atau replik yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Senin (14/6/2021). Habib Rizieq yang di dalam pleidoi menyeret sejumlah nama mulai dari Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok hingga Diaz Hendropriyono.

"Emosi tanpa kontrol dan mengaitkan orang lain dalam pembelaan yang tidak ada hubungannya sama sekali," kata jaksa.

Jaksa mengatakan nama-nama yang disebut Rizieq dalam pleidoi itu tidak ada kaitannya dengan perkara swab RS Ummi.

Baca Juga: Bebas dari Bui di Bulan Juli, Habib Rizieq Disebut Bakal Punya Peran Ini

"Di antaranya perkara Ahok, juga menghubungkan dengan Abu Janda, Ade Armando, Denny Siregar, selain dari pada itu, menghubungkan dengan Diaz Hendropriyono yang semuanya tidak ada nyambungnya," lanjutnya.

Menurut jaksa, pleidoi Habib Rizieq tidak berhubungan dengan pokok perkara. Untuk itu jaksa berharap majelis hakim mengesampingkan nota pembelaan Habib Rizieq itu.

Baca Juga: Profil Suparman Nyompa, Hakim yang Ringankan Hukuman Habib Rizieq, Ternyata Pemilik Pesantren

Antara Foto/Rivan Awal Lingga

Habib Rizieq Shibab bebas dari penjara di bulan Juli. Dia pun bakal jalani kegiatan ini.

"Di antaranya oligarki anti Tuhan, entah ditujukan kepada siapa oligarki anti Tuhan tersebut padahal seluruh warga negara berketuhanan dengan sah," ucapnya.

Jaksa juga mengatakan, jika eks imam besar FPI itu ingin menyampaikan keluh kesahnya, tidak seharusnya dilakukan di pengadilan.

"Seharusnya terdakwa menguraikan kekesalannya bukan di sini tempatnya. Jangan berkoar-koar tanpa dalil yang kuat," tutur jaksa.

Baca Juga: Disebut Sering Alami 2 Penyakit Kronis, Begini Kondisi Habib Rizieq Shihab Usai Dipindah dari Sel Tahanan Polda Metro: Allahu Akbar!

Saat diminta tanggapan atas tudingan Habib Rizieq itu, Diaz Hendropriyono membantah.

“Enggak benar lah, biasa kalau Rizieq ngomong suka ke mana-mana,” ujar Diaz, seperti yang dikutip dari Kompas.com, Jumat (11/6/2021).

Baca Juga: Ulah Kalina Ocktaranny Diungkit Lagi, Deddy Corbuzier Malah Pamer Momen yang Bikin Bangga Indonesia: Rekor Dunia!

Antara Foto/Rivan Awal Lingga

Habib Rizieq Shibab bebas dari penjara di bulan Juli. Dia pun bakal jalani kegiatan ini.

Diaz bahkan menyebut pernyataan Habib Rizieq tak jelas.

"Omongan orang enggak jelas," kata Diaz saat dikonfirmasi wartawan Kumparan.

"Enggak perlu pembelaan lah, Rizieq bisa aja buat berita," lanjut eks Ketum PKPI ini.

Beberapa hari lalu Diaz Hendropriyono pun mengunggah dua tangkapan layar dari salah satu laman berita yang menyebutkan tudingan Habib Rizieq kepadanya.

Baca Juga: Profil Mayjen Dudung, Pangkostrad Baru yang Berani Lawan Habib Rizieq

Dalam foto unggahannya itu, Diaz Hendropriyono tak banyak menuliskan keterangan ataupun sanggahan. Dia hanya memberikan emotikon tertawa sebanyak tiga buah.

Sontak unggahan itu mendapatkan respon dan komentar dari rekan-rekannya. Termasuk, paranormal kondang Wirang Birawa.

Baca Juga: Bentrokan Pengawal Habib Rizieq Diadukan ke Swiss, Ini Alasan 2 Ormas Islam Dukung Pembubaran FPI Usai Pemimpinnya Ditangkap Karena Kasus Receh

Komentar yang menarik justru datang dari Sunan Kalijaga, pengacara kondang yang juga ayah dari Salmafina Sunan.

Ia pun ikut merespon atas unggahan Diaz Hendropriyono itu. Terlebih lagi, Sunan Kalijaga saat ini menjabat sebagai Plt Ketua Umum PKPI, partai yang didirikan oleh AM Hendropriyono, ayahanda Diaz.

Dalam komentar itu, Sunan Kalijaga malah buru-buru meminta Diaz agar merahasiakan hal ini.

Baca Juga: Telanjur Koar-koar Dana Umat Digarong, Ternyata Transfer Uang dari Negara Ini ke Rekening FPI Diselidiki PPATK, Apa Alasannya?

"Jangan bilang siapa siapa ya kalau sebenarnya saya tidak terlibat," tulis Sunan Kalijaga melalui akun Instagram pribadinya, @sunankalijaga_sh.

Sontak, komentar Sunan Kalijaga itu mendapatkan balasan komentar dan tanda jempol dari netizen.

Baca Juga: Viral Munarman Lumpuh Karena Dianiaya Polisi, Pengacara Ungkap Kondisi Sebenarnya

(*)

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya