Follow Us

Lomba Foto Sengaja Dibuat untuk Menyerang Canon, Ada Apa Sih?

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 15 Februari 2023 | 20:15
Lomba foto gratis ini sengaja dibuat untuk menyerang produsen kamera Canon. Ini alasannya.
Istimewa

Lomba foto gratis ini sengaja dibuat untuk menyerang produsen kamera Canon. Ini alasannya.

Fotokita.net - Acara lomba foto ini sengaja dibuat untuk menyerang Canon. Kompetisi yang bersifat global ini telah diluncurkan agar produsen kamera dunia itu mengakhiri dukungannya terhadap penolakan isu perubahan iklim.

Menurut panitia penyelenggara kompetisi penyebaran informasi yang salah tentang isu perubahan iklim dilakukan melalui think tank-nya, Canon Institute for Global Studies (CIGS).

Kompetisi Cameras Don't Lie diluncurkan oleh grup akuntabilitas perusahaan, Action Speaks Louder, serta kontingen fotografer peduli iklim.

Setiap entri untuk kompetisi harus melibatkan perubahan iklim dalam materi pelajarannya dan akan dinilai oleh panel fotografer dan aktivis termasuk Celina Chien, Hisham Akira Bharoocha, dan Naoki Ishikawa.

“Kami mencari foto-foto lingkungan yang inspiratif dan kuat yang mendorong kami untuk merawat planet kita dengan lebih baik.

Sambil menyoroti dampak umat manusia terhadap lingkungan, kompetisi ini juga berharap untuk merayakan semangat manusia, kemampuan kita untuk bertahan dan berinovasi," kata panitia kontes foto Cameras Don't Lie.

“Kompetisi ini terbuka untuk fotografer profesional dan amatir dari segala usia, dari seluruh dunia.”

Lomba foto ini merupakan tanggapan langsung terhadap direktur penelitian CIGS Taishi Sugiyama, yang menurut kelompok tersebut telah duduk di gugus tugas pemerintah Jepang yang berpengaruh, melabeli krisis iklim sebagai "berita palsu" dan menerbitkan buku yang mempertanyakan ilmu iklim, termasuk yang menyasar anak-anak sekolah di Jepang.

Panitia lomba mengatakan bahwa Canon merujuk penelitian dari think tank ini untuk menyebarkan informasi yang salah yang kemudian dapat digunakan untuk memblokir transisi energi Jepang. Canon baru-baru ini memangkas target iklimnya sendiri sebesar 50%.

“Komentar CIGS sejalan dengan kegagalan Canon untuk berkomitmen pada energi bersih.

Baca Juga: Canon Suntik Mati Kamera EOS Kiss, Alasannya Bikin Fotografer Syok

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest