Follow Us

Ajudan Irjen Ferdy Sambo LIburan Bareng, Sosok yang Duduk di Sebelah Brigadir J Dipertanyakan, Foto Pengawal Eks Kadiv Propam Bikin Heboh

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 07 Agustus 2022 | 13:47
Sosok ajudan Irjen Ferdy Sambo yang duduk di sebelah Brigadir J dipertanyakan saat mereka liburan bareng. Foto pengawal Sambo bikin heboh.
Facebook

Sosok ajudan Irjen Ferdy Sambo yang duduk di sebelah Brigadir J dipertanyakan saat mereka liburan bareng. Foto pengawal Sambo bikin heboh.

Fotokita.net - Irjen Ferdy Sambo ketika menjabat sebagai Kadiv Propam Polri memiliki 8 ajudan yang mendampinginya. Beberapa waktu lalu, ajudan Irjen Ferdy Sambo terlihat melakukan liburan bareng. Sosok yang duduk di sebelah Brigadir Yosua atau Brigadir J dipertanyakan. Foto pengawal eks Kadiv Propam bikin heboh.

Irjen Ferdy Sambo diperiksa oleh Inspektorat Khusus (Irsus). Sejak Sabtu (6/8/2022) sampai 30 hari ke depan, mantan Kadiv Propam diisolasi di tempat khusus di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Pemeriksaan yang dilakukan tim khusus bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terus berjalan. Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) juga memeriksa keterangan seluruh ajudan Irjen Ferdy Sambo. Itu sebabnya, netizen banyak yang mengulik foto pengawal mantan Kadiv Propam. Salah satunya, sosok yang duduk di sebelah Brigadir J ketika liburan bareng.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo memberikan keterangan resmi terkait pemeriksaan dan pengamanan Ferdy Sambo di tempat khusus Mako Brimob. "Ini masih berproses, kami minta rekan-rekan bersabar dulu, jadi harus bisa membedakan.

Kalau Irsus fokusnya menyangkut masalah kode etik, kalau Timsus kerjanya proses pembuktian secara ilmiah. Ini masih juga berproses. Apabila nanti sudah ada istilahnya update terbaru dari Irsus akan disampaikan," terang Dedi.

Dedi juga menjelaskan, Ferdy Sambo ditempatkan di tempat khusus di Mako Brimob untuk pemeriksaan lebih lanjut. "Dari hasil riksa wasriksus (pengawas pemeriksaan khusus) atau irsus terkait peristiwa tersebut sudah memeriksa kurang lebih sekitar 10 saksi.

Dari 10 saksi tersebut dan beberapa bukti, Irsus menetapkan bahwa Irjen FS diduga melakukan pelanggaran terkait menyangkut masalah ketidakprofesionalan dalam olah TKP," ujar Dedi. Pemeriksaan terhadap Irjen Sambo saat ini masih berproses. Itu sebabnya, sejak Sabtu malam Ferdy Sambo ditempatkan di tempat khusus Mako Brimob.

Baca Juga: Irjen Ferdy Sambo Belum Jadi Tersangka, Bharada E Akhirnya Mau Bicara dari Hati ke Hati Demi Lakukan Ini, Foto Kondisi Anggota Dicari-cari

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengatakan, rombongan Irjen Ferdy Sambo dan istrinya beserta aide de camp (ajudan) dan asisten rumah tangga (ART) melakukan perjalanan ke Magelang karena sempat merayakan hari jadi pernikahan Ferdy Sambo dan Istri.

“Bahwa ada (bukti) perjalanan dimulai dari Magelang, sebelum perjalanan itu bagaimana mereka di situ, misalnya ada anniversary (Ferdy Sambo dan Istri) yang intinya menggambarkan di Magelang (keadaan) baik-baik saja tidak ada masalah,” kata Taufan kepada awak media di Jakarta, Kamis (4/8/2022).

Lantas, rombongan istri Ferdy Sambo bersama ajudan berangkat ke Jakarta menggunakan jalur darat dengan menggunakan mobil. “Kemudian berangkat rombongan Ibu Putri dengan ajudan, sementara Pak Sambo berangkat dari tempat berbeda,” terang Taufan.

Taufan menjelaskan dalam bukti yang telah dikumpulkan oleh Komnas HAM, situasi yang terjadi saat itu terlihat baik-baik saja. Hal tersebut terekam dalam video CCTV yang berada di rumah pribadi Irjen Ferdy yang berada di Jalan Sanguling, Duren III, Jakarta Selatan.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest