Follow Us

Innalillahi Meninggal Jauh dari Ibu Kota, Begini Alasan Pelawak Eddy Gombloh Pilih Jadi Petani Demi Sesuap Nasi, Pantas Foto Terkininya Sulit Ditemui

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 04 Agustus 2022 | 18:59
Pelawak Eddy Gombloh yang meninggal dunia jauh dari Ibu Kota memilih jadi petani demi sesuap nasi. Pantas foto terkininya sulit ditemui.
Facebook

Pelawak Eddy Gombloh yang meninggal dunia jauh dari Ibu Kota memilih jadi petani demi sesuap nasi. Pantas foto terkininya sulit ditemui.

Fotokita.net - Eddy Gombloh yang meninggal dunia di di Rumah Sakit Sarjito, Yogjakarta, pada Kamis (4/8/2022) pukul 12.30 WIB sempat menyandang status pelawak termahal di dunia hiburan Tanah Air. Namun, dia memutuskan meninggalkan gemerlap Ibu Kota. Begini alasan Eddy Gombloh memilih jadi petani di desa.

Komedian legendaris Eddy Gombloh enghembuskan napas terakhirnya di usia 80 tahun. Sepanjang kariernya, Eddy bahkan sudah bermain dalam puluhan film. Eddy Gombloh lahir pada 17 Agustus 1941. Ia berkarier sejak era 70-an di dunia lawak.

Beberapa kali, Eddy juga bermain bersama dengan komedian betawi Benyamin Sueb. Keduanya berakting dalam film Biang Kerok, Benyamin Brengsek, hingga Benyamin Tukang Ngibul. Namun, dia memutuskan meninggalkan gemerlap Ibu Kotal. Begini alasan Eddy Gombloh pilih jadi petani di desa. Pantas foto terkininya sulit ditemui.

Kabar duka mengenai meninggalnya Eddy Gombloh dikonfirmasi oleh Ketua Humas Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI), Evry Joe. "Betul sekali beliau meninggal di Jogja ya beliau lumayan cukup panjang umur, beliau adalah komedian populer, bersama Ateng, saat itu kita masih kecil," terang Evry kepada wartawan pada Kamis (4/8/2022).

Mengingat lagi momen lama bersama Eddy Dombloh, Evry juga mendoakan agar sang legendaris itu meninggal dengan khusnul khotimah. Evry juga berdoa agar karya-karya Eddy Gombloh bisa menjadi ladang amal.

"Semoga almarhum berpulang dengan khsunul khotimah," tutur Evry. "Karya beliau akan jadi ladang amal di kemudian hari," tambahnya. Evry menilai bahwa semasa hidup Eddy Gombloh sudah memberikan sumbangsih besar bagi industri film Tanah Air.

Kata Evry, karakter Eddy Gombloh sangat melekat bagi setiap orang yang pernah menontonnya di televisi. "Pembelajaran untuk para seniman budayawan komedian indonesia betapa mereka itu memiliki karakter yang sangat kuat," ungkapnya.

Baca Juga: Foto Tukul Arwana Kurus Beredar, Ternyata Sang Pelawak Belajar Tepuk Tangan Monyet dari Komedian Ini, Begini Kondisinya Sekarang

Berdasarkan informasi beredar Eddy bakal dimakamkan besok, di Jakarta. Kata Evry, Eddy rencananya dimakamkan di TPU Tegal Alur, Cengkareng. "(Eddy dimakamkan) TPU Tegal Alur (Kelideres, Jakarta Barat). Jam 12 besok siang," jelas Evry.

Eddy Gombloh yang bernama asli Supardi ini memang laris manis di dunia film. Sosoknya sangat familiar bagi penonton film era 80-an. Di masa jayanya sebagai aktor, ia bisa dibilang bergelimang harta.

Pria asal Yogyakarta ini kerap membintangi judul-judul sinema tenar pada zamannya. Sebut saja Samson Betawi, Inem Pelayan Sexy, atau Benyamin Tukang Ngibul, pria satu ini sukses membuat judul-judul tersebut lebih menarik karena aktingnya yang jenaka.

Namun, roda kehidupan terus berputar. Semakin tua usianya, Eddy Gombloh pun makin jauh dari gemerlap dunia hiburan yang membesarkan namanya.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest