Follow Us

Isi Rekaman CCTV Rumah Irjen Ferdy Sambo Dirilis, Komnas HAM Ungkap Temuan yang Menohok Pejabat Polri Ini, Pantas Foto Sosoknya Kini Bak Ditelan Bumi

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 28 Juli 2022 | 07:59
Komnas HAM mengungkap temuan yang menohok pejabat Polri yang sempat memberikan keterangan kasus kematian Brigadir J.
Tribun

Komnas HAM mengungkap temuan yang menohok pejabat Polri yang sempat memberikan keterangan kasus kematian Brigadir J.

Fotokita.net - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) merilis sejumlah temuan dari hasil pemeriksaan awal terkait kasus kematian Brigadir Yosua atau Brigadir J. Salah satunya, isi rekaman CCTV rumah Irjen Ferdy Sambo yang dirilis ke publik.

Temuan yang diungkap Komnas HAM seperti menohok pejabat Polri yang sempat memberikan keterangan awal perihal insiden baku tembak antara Brigadir J dan Bharada E. Pantas foto sosoknya kini bak hilang ditelan bumi.

Komnas HAM yang bekerja secara independen dalam pengusutan kasus kematian Brigadir J di rumah singgah Irjen Ferdy Sambo mengungkap temuan dari pemeriksaan awal. Salah satu temuan yang diungkap, isi rekaman CCTV rumah Kadiv Propam Polri non aktif itu. Ternyata, Komnas HAM ungkap temuan yang menohok pejabat Polri, yang sebelumnya sempat memberikan keterangan awal terkait kasus baku tembak sesama polisi.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kemudian membentuk tim khusus yang dipimpin Wakapolri Komjen Gatot Eddy untuk mengusut kasus kematian Brigadir J yang dnilai memiliki banyak kejanggalan. Komnas HAM dan Kompolnas juga ikut menyelidiki sebagai tim eksternal.

Dalam menggelar rilis isi rekaman CCTV itu, Komnas HAM sengaja mengumpulkan wartawan di kantornya pada Rabu (27/7/2022). Di acara jumpa pers, Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam menjelaskan temuan rekaman CCTV yang berisi soal perjalanan pulang rombongan Irjen Ferdy Sambo dari Magelang menuju Jakarta.

Anam menyebutkan, Bharada E ada di dalam rombongan Kadiv Propam Polri non aktif. Sebagai informasi, Irjen Ferdy Sambo bersama rombongan pulang ke Jakarta pada Jumat setelah mengantar anaknya pergi.

"Bharada E adalah salah satu yang berada dalam rombongan di Magelang menuju Jakarta, yang dalam sebuah video itu terekam juga datang dan melakukan PCR," kata Anam.

Baca Juga: Siapa yang Bohong? Bharada E Ternyata Kawal Irjen Ferdy Sambo dari Magelang, Komnas HAM Kantongi Foto Buktinya

Anam melanjutkan penjelasannya, dalam rombongan itu, terlihat pula istri Irjen Ferdy Sambo. Rombongan Irjen Ferdy Sambo lantas melakukan tes PCR setelah pulang dari luar kota. "Termasuk PCR dengan Ibu Putri dan almarhum Yoshua. Ada penumpang yang lain juga," sebut Anam.

Dalam pemeriksaan awal itu, Anam mengaku pihaknya diperlihatkan 20 rekaman CCTV yang berisi video perjalanan dari Magelang sampai rumah singgah Irjen Ferdy Sambo di kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan. Rekaman itu juga mencakup rekaman CCTV di RS Polri Kramat Jati. Anam mengatakan rombongan sang jenderal masih lengkap.

"Apa yang paling penting dalam video ini, di area Duren Tiga, video merekam ada Irjen Sambo, ada rombongan dari Magelang. Jadi Irjen Sambo masuk duluan, setelah sekian waktu terus ada rombongan baru pulang dari Magelang," ujar dia.

Anam menyebutkan, dalam rekaman tersebut, tampak Brigadir J masih dalam kondisi hidup ketika tiba di rumah singgah Irjen Ferdy Sambo di kompleks Polri Duren Tiga.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest