Follow Us

Rumah Ferdy Sambo Dipenuhi Polisi Tanpa Seragam, Begini Alasan Pengacara Keluarga Brigadir Yosua Cuma Boleh Tunggu di Luar, Foto Prarekon Juga dari Jauh

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 23 Juli 2022 | 21:55
Pengacara keluarga Brigadir Yosua cuma boleh tunggu di luar ketika rumah Ferdy Sambo dipenuhi polisi tanpa seragam.
KompasTV

Pengacara keluarga Brigadir Yosua cuma boleh tunggu di luar ketika rumah Ferdy Sambo dipenuhi polisi tanpa seragam.

Fotokita.net - Rumah Irjen Ferdy Sambo yang berada di kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan dipenuhi polisi tanpa seragam dinas. Rupanya, polisi menggelar prarekonstruksi kasus penembakan Brigadir Yosua atau Nofriansyah Yosua Hutabarat pada Sabtu (23/7/2022) sejak pukul 10.00 WIB.

Dalam kegiatan prarekonstruksi itu, Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian dan Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi terlihat memimpin langsung anggota kepolisian yang bertugas.

Pengacara keluarga Brigadir Yosua atau Brigadir J, Johnson Panjaitan, tidak mendapat izin masuk rumah Ferdy Sambo. Ternyata begini alasan pengacara keluarga Brigadir Yosua cuma boleh tunggu di luar. Foto prarekonstruksi juga dari jauh buat wartawan.

Prarekonstruksi kasus penembakan Brigadir Yosua atau Brigadir J tidak menghadirkan Bharada E. Rekan Brigadir Yosua yang terlibat dalam baku tembak itu diperagakan oleh pemeran pengganti.

"Kalau prarekon itu harus ada peran pengganti, ya peran pengganti sesuai dengan hasil keterangan para saksi dan temuan dari tim Labfor, Inafis, Dokpol itu dipadukan," papar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo yang ditemui wartawan di rumah Ferdy Sambo, Sabtu (23/7/2022).

"Setelah dipadukan, penyidik kalau misalnya ada hal-hal yang lain yang masih harus didalami dalam proses penyidikannya, itu harus didalami, ya," kata Dedi. Prarekonstruksi berakhir setelah 9 jam digelar.

Pada Jumat (22/7/2022) malam, polisi juga menggelar prarekonstruksi di Polda Metro Jaya. Hasil prarekonstruksi tadi malam di Polda Metro dicocokkan dengan TKP sebenarnya, sehingga dilakukanlah prarekonstruksi di rumah Irjen Ferdy Sambo.

Baca Juga: Kondisi CCTV Rumah Ferdy Sambo Tetap Rusak, Mantan Kepala Intel TNI Punya Jawaban Sederhana Soal Pelaku Penembakan, Foto Tersangka Seharusnya Sudah Dirilis

"Setelah dari PMJ kita langsung melihat bagaimana objek TKP yang sebenarnya, nah itu yang dilaksanakan sore hari ini," terang Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian yang dijumpai wartawan.

Dalam kesempatan itu, Brigjen Andi Rian juga menjelaskan prarekonstruksi di Polda Metro Jaya dan di rumah Irjen Ferdy Sambo ini. "Prarekon yang tadi malam itu dilaksanakan oleh teman-teman penyidik Polda Metro Jaya, dengan membuat asumsi TKP. Yang hadir semuanya penyidik ya," papar Andi.

"Nah, kemudian apa yang diperoleh tadi malam, hari ini kita cocokkan dengan yang ada di TKP dengan menghadirkan seluruh bantuan teknis. Tadi sudah disebutkan Pak Kadiv Humas, ada Labfor, Kedokteran Forensik, dan Inafis," sambung Andi.

Andi menerangkan, prarekonstruksi dan rekonstruksi itu berbeda. Dalam prarekonstruksi, pihak-pihak yang terlibat dalam kejadian tidak dihadirkan, hanya dilakukan oleh peran pengganti.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest