Follow Us

Bikin Jenderal Polri Kalang Kabut, Pengacara Keluarga Brigadir Yosua Ternyata Dipecat Saat Tangani Kasus Korupsi Wisma Atlet, Foto Kliennya Disebarkan

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 23 Juli 2022 | 11:50
Pengacara keluarga Brigadir Yosua Kamaruddin Simanjuntak ternyata dipecat kliennya saat tangani kasus korupsi Wisma Atlet.
Facebook

Pengacara keluarga Brigadir Yosua Kamaruddin Simanjuntak ternyata dipecat kliennya saat tangani kasus korupsi Wisma Atlet.

Fotokita.net - Aksi Kamaruddin Simanjuntak, pengacara keluarga Brigadir Yosua atau Nofriansyah Yosua Hutabarat bikin jenderal Polri kalang kabut. Usai desakan pejabat Polri dicopot dikabulkan, Kamaruddin menyebut sudah ada orang yang mengaku sebagai pelaku pembunuhan dalam kasus penembakan Brigadir Yosua.

Nama Kamaruddin Simanjuntak menjadi sorotan usai menjadi pengacara keluarga Brigadir Yosua yang ingin mendapatkan keadilan dalam kasus baku tembak sesama polisi di rumah Irjen Ferdy Sambo. Dengan gaya bicara yang lantang, Kamaruddin terus membongkar fakta di balik kejanggalan dalam kasus tewasnya Brigadir Yosua di ujung peluru rekan sendiri, Bharada E.

Kamaruddin juga bikin jendral Polri kalang kabut. Brigjen Hendra Kurniawan dicopot dari jabatan Karo Paminal Divpropam Polri gegara desakan sang pengacara terus digaungkan. Ternyata pengacara keluarga Brigadir Yosua pernah dipecat kliennya saat menangani kasus korupsi Wisma Atlet. Foto kliennya disebarkan di media sosial.

Keluarga Brigadir Yosua sudah menjalani pemeriksaan yang digelar tim penyidik dari Bareskrim Polri di Mapolda Jambi. Ada delapan penyidik yang diturunkan untuk menggali keterangan dari keluarga Brigadir Yosua.

"Ada delapan orang penyidik yang ikut memeriksa," kata Penyidik Tindak Pidana Utama TK II Bareskrim Mabes Polri, Brigjen Agus Suharnoko kepada wartawan saat dijumpai di Mapolda Jambi pada Jumat (22/7/2022).

Setelah pemeriksaan itu selesai, Kamaruddin Simanjuntak memberikan informasi bahwa sudah ada orang yang mengaku sebagai pelaku dugaan pembunuhan Brigadir Yosua. Kamaruddin mengatakan, pihak yang mengaku pelaku merupakan calon tersangka dalam kasus ini. "Inisial yang pertama yang sudah mengaku sebagai pelaku," katanya, Sabtu (23/7/2022).

Menurut Kamaruddin, dari orang yang mengaku pelaku itu dikembangkan kepada yang lain. Hanya saja dia belum mau mengungkap siapa sosok orang yang sudah mengaku sebagai pelaku pembunuh Brigadir Yosua.

Baca Juga: Bukan Polisi, Ini Sosok yang Berani Lucuti Recorder CCTV Kompleks Rumah Irjen Ferdy Sambo, Foto Tersangkanya Muncul?

"Kemudian dikembangkan ke yang lainnya. Belum bisa kasih inisial (pelaku) karena ini masih dirahasiakan dulu untuk kepentingan penyidikan. Siapa saja bisa tersangka, yang penting perbuatannya," terang Kamaruddin.

Terkait informasi Kamaruddin Simanjuntak yang menyebut sudah ada orang yang mengaku sebagai pelaku pembunuhan, Polri buka suara. Bareskrim Polri menegaskan, pihaknya belum menetapkan siapapun sebagai tersangka.

"Tanyakan saja ke dia. Penyidik belum menetapkan siapapun sebagai tersangka," kata Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian kepada awak media yang ingin mendapatkan konfirmasi pada Sabtu (23/7/2022).

Dalam kasus ini, penyidik pada Jumat kemarin telah selesai memintai keterangan dari pihak keluarga Brigadir Yoshua. Saksi itu di antaranya ayah hingga ibu Brigadir J. Mereka diperiksa penyidik Bareskrim di Polda Jambi. "Sudah (selesai pemeriksaan), timnya masih di Jambi," katanya.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest