Follow Us

Ulama di New York Sampai Turun Tangan, Begini Alasan Warga Jonggol Tolak Tabligh Akbar Ustaz Abdul Somad, Foto Spanduk Protesnya Tersebar Luas

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 17 Juni 2022 | 09:56
Warga Jonggol menolak kehadiran Ustaz Abdul Somad (UAS) dalam acara tabligh akbar karena alasan ini. Namun, pihak UAS memastikan tetap hadir.
Instagram

Warga Jonggol menolak kehadiran Ustaz Abdul Somad (UAS) dalam acara tabligh akbar karena alasan ini. Namun, pihak UAS memastikan tetap hadir.

Fotokita.net - Warga Jonggol, Jawa Barat menolak acara tabligh akbar yang menghadirkan Ustaz Abdul Somad atau UAS. Penolakan itu mereka sampaikan melalui video hingga viral di media sosial. Alasan warga Jonggol menolak kehadiran UAS dalam tabligh akbar sampai bikin ulama di New York turun tangan.

Panitia acara tabligh akbar tak menampik bahwa penolakan terhadap UAS dilakukan oleh segelintir warga Perumahan Citra Indah City di kawasan Jonggol. Namun penolakan bisa diredam setelah dimediasi oleh polisi pada Sabtu (11/6/2022).

Rencananya, tabligh akbar akan dimulai pada Jumat (17/6/2022), pukul 19.30 WIB, di Masjid Cikal Harapan di dalam kawasan Perumahan Citra Indah City. UAS akan berceramah sekitar 1 jam mulai pukul 20.30-21.30 WIB.

Panitia berharap acara tabligh akbar itu menjadi momentum untuk kembali menyatukan warga. Terlebih, rencana mendatangkan UAS sudah dilakukan sejak tahun lalu.

"Harapannya adalah ini momentum menyatukan kembali di antara kita. UAS adalah sosok yang memang sebagai mubalig ya kapabel, skalanya juga nasional, beliau juga sebagai akademisi, orang pintar lah ya, mumpuni. Insyaallah kami akan banyak belajar dengan beliau," sebut Ketua Panitia Tabligh Akbar, Ustaz Agus Abdurrahman, Kamis (16/6/2022).

"Ini juga sudah direncanakan sejak jauh-jauh hari, sejak 2021 dan alhamdulillah sekarang ada waktu, momentum ini juga takdir Allah menghadirkan UAS ke sini. Riak-riak sedikit ya anggap saja sebuah pembelajaran buat kita semua," imbuhnya.

Bukan hanya video, foto spanduk penolakan tabligh akbar yang menghadirkan Ustaz Abdul Somad di Jonggol viral di media sosial. Ujungnya, aksi ini menjadi sorotan sejumlah pihak. Salah satunya, ulama di New York, Amerika Serikat. Imam Besar Islamic Center New York, Shamsi Ali sampai memberikan pernyataan khusus terkait penolakan warga Jonggol terhadap acara tabligh akbar Ustaz Abdul Somad.

Baca Juga: Diviralkan Warga Jonggol Tolak Isi Ceramahnya, Ustaz Abdul Somad Bongkar Fakta Sebenarnya, Foto Spanduk Penolakan Sang Ulama Terlanjur Beredar

Shamsi Ali, ulama yang tinggal di New York memaparkan pernyataannya, "Alaikumussalam. Saya kira tindakan penghalangan kepada ustadz atau Ulama untuk berdakwah masuk dalam kategori Islamophobia. Indonesia sebagai negara Pancasila yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama menolak prilaku seperti itu."

Apalagi dalam konteks di mana Islamophobia telah menjadi resolusi resmi di sidang Majelis Umum PBB. Indonesia sebagai negara yang ikut mensponsori resolusi itu harus tegas menolak setiap upaya yang demikian.

Selain itu tindakan sepihak masyarakat, atas nama apapun, sangat tidak pantas dalam sebuah negara yang memiliki pemerintahan. Jika hal seperti ini terus berlanjut akan ada hukum rimba dalam negara ini.

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

Latest