Follow Us

Terlanjur Bikin Murka Petiunggi RSUD Wonosari Murka, Ternyata Begini Niat Mahasiswi Curhat Pasang Kateter Pasien Pria, Foto Sosoknya Sampai Dikuliti

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 02 Juni 2022 | 12:08
Mahasiswi keperawatan Universitas Aisyiyah (Unisa) curhat pasang kateter pasien pria di media sosial. Petinggi RSUD Wonosari murka.
TikTok

Mahasiswi keperawatan Universitas Aisyiyah (Unisa) curhat pasang kateter pasien pria di media sosial. Petinggi RSUD Wonosari murka.

Fotokita.net - Mahasiswi keperawatan Universitas Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta menjadi sorotan. Sebab, mahasiswi berhijab ini curhat memasang kateter pasien pria lewat akun TikTok miliknya hingga viral. Curhatnya sudah terlanjur membikin petinggi RSUD Wonosari murka. Ternyata begini mahasiswi curhat pasang kateter di media sosial.

Dalam unggahannya yang viral, mahasiswi tersebut mengenakan menuliskan pengalamannya memasang kateter untuk pasien pria. "Ketika aku harus masang kateter urin / DC untuk pasien cowok. Mana udah cakep, seumuran lagi," tulisnya.

Video unggahan perawat itu dicuitkan oleh akun Twitter @AREAJULID. Akun tersebut memosting potongan unggahan akun TikTok @moditabok yang berisi video tersebut. Hingga Rabu (1/6/2022), cuitan itu telah dikomentari 8.605 kali, di-retweet 11 ribu kali dan mendapatkan like 31 ribu.

Dalam video itu, perempuan mengenakan kacamata tersebut mengungkapkan pengalamannya. Bukan karena sulit atau pasien susah dipasangi kateter, namun justru karena hal lain. Di tengah video yang disertai emotikon api membara itu, dia menuliskan beberapa kalimat.

Bagi netizen, video tersebut dinilai sebagai sebuah pelecehan seksual. "Ketika aku harus masang kateter urin/DC untuk pasien cowok. Mana udah cakep, seumuran lagi," tulis keterangan video tersebut dikutip Rabu (1/6/2022). "Tapi tetap harus profesional ygy," sambungnya.

Direktur Umum RSUD Wonosari Heru Sulissetyowati mengakui jika perempuan itu praktik di rumah sakitnya. Namun, dia bukan perawat di RSUD Wonosari melainkan mahasiswa yang tengah praktik di tempatnya."Itu bukan perawat RSUD Wonosari tapi siswa praktik," kata Heru.

Heru mengaku sudah mengetahui viralnya video tersebut dan akan segera menindaklanjuti. Dia juga sudah memerintahkan jajarannya untuk menelusuri video yang viral di media sosial itu.

Baca Juga: Dihujat Gegara Lecehkan Pasien Pria, Begini Nasib Mahasiswi Perawat yang Buru-buru Bikin Klarifikasi, Foto Tampangnya Terlanjur Viral

"Besok yang bersangkutan mau dipanggil oleh subkomite etik dan profesi dan juga perguruan tinggi asal siswa tersebut akan ke RSUD," jelas Heru. Dia juga meminta maaf kepada masyarakat atas ketidak nyamanan karena video yang beredar.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokol Universitas Aisyiyah (Unisa), Sinta Maharani, mengakui bahwa yang bersangkutan adalah mahasiswi di kampus tersebut. Akibat konten yang dibuatnya, mahasiswi tersebut kini telah ditarik dari tempat praktik."Terkait kasus tersebut kami sudah koordinasi dengan Kaprodi Keperawatan dan Dekanat Fakultas Ilmu Kesehatan. Benar itu mahasiswa Unisa Yogya. Mahasiswa profesi ners," kata Sinta, Rabu (1/5/2022).Selain menarik mahasiswi yang bersangkutan, pihak kampus juga memohon maaf kepada rimah sakit tempat praktik. Sinta memastikan para mahasiswa yang praktik lebih dulu dibekali aspek etik.Terkait kasus tersebut, Sinta mengatakan pihak universitas telah melakukan beberapa langkah. "Memperingatkan/menegur mahasiswa tersebut terkait dengan konten yang telah dibuat," ujarnya. Mahasiswi tersebut, lanjut Sinta, juga telah ditarik dari lokasi tempat praktik. Pihak kampus, juga telah meminta maaf ke rumah sakit tempat mahasiswa itu praktik."Menarik mahasiswa tersebut dari tempat praktik kliniknya. Memohon maaf ke rumah sakit tempat praktik klinik secara non formal, dan besok akan segera dilakukan pertemuan dengan direktur dan kadiklat rumah sakit tersebut," ungkapnya.Pihak kampus memastikan jika sebelum mahasiswa turun untuk praktik lapangan telah dilakukan pembekalan. Di dalamnya ada aspek etik dan lain sebagainya.

Baca Juga: Wajah Kekey Mirip Vanessa Angel, Alasan Wenny Ariani Tolak Tes DNA Bikin Murka: Stop Ekspos Foto Anak!

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest