Follow Us

Pernah Singgah di Pondok Habib Bahar Bin Smith, Hubungan Penculik 12 Anak di Bogor dengan Sang Ulama Terkuak, Foto Pelaku Disebarkan

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 14 Mei 2022 | 11:08
Foto penculik 12 anak di Bogor sengaja disebarkan. Dia mengaku pernah singgah di pondok Habib Bahar bin Smith. Begini fakta sebenarnya.
Tribunnews

Foto penculik 12 anak di Bogor sengaja disebarkan. Dia mengaku pernah singgah di pondok Habib Bahar bin Smith. Begini fakta sebenarnya.

Fotokita.net - Pelaku penculikan 12 anak di Bogor dan Jakarta yang bernama Abi Rizal Afif (28) mengaku pernah singgah di pondok pesantren milik Habib Bahar Bin Smith. Akhirnya hubungan sebenarnya penculik 12 anak itu dengan sang ulama terkuak. Foto pelaku sengaja disebarkan.

Abi Rizal Afif ditangkap polisi karena menculik belasan anak. Dia diketahui menculik 12 bocah laki-laki, di mana 3 di antaranya menjadi korban pelecehan seksual. Polres Bogor menyebut Abbi mengaku pernah ditahan karena kasus terorisme.

Abi Rizal ditangkap di kawasan Senayan, Jakarta Selatan pada Kamis (12/5/2022). Bersamaan ditangkapnya Rizal Afif, polisi juga menyelamatkan 10 bocah laki-laki asal Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan.

Atas perbuatannya menculik belasan bocah,Abi kini telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di Polres Bogor. Dia dijerat dengan Pasal 78e, 76f, 82, dan 83 UU Perlindungan Anak serta Pasal 330 KUHP dengan ancaman 15 tahun penjara.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin Abbi mengatakan, berdasarkan pengakuannya ia pernah ditahan Lapas Gunung Sindur. Di lapas ia mengaku pernah menjadi pengawal Habib Bahar.

"Bahwa si tersangka saat di dalam Lapas Gunung Sindur ini mengakui sebagai pengawalnya Bahar Smith," ujar Iman kepada wartawan, Jumat (13/5/2022). Abi beberapa pekan menjadi buronan polisi atas kasus penculikan.

Anak-anak yang dia culik diduga diintimidasi dan dilecehkan. Abi Rizal Afif mengaku bahwa dirinya pernah menjadi korban kekerasan seksual saat kecil. Atas hal itu membuat dia tega mengulanginya ketika dewasa, dan korbannya anak-anak kecil.

Baca Juga: Ditembak Polisi, Ini Foto Tampang Penculik 12 Anak di Bogor, Ternyata Punya Hubungan Begini dengan Habib Bahar bin Smith

Tak hanya itu, Abi mengaku pernah tergabung dalam organisasi Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dan pernah mengikuti pelatihan di Poso, Sulawesi Tengah. "Dia juga mengalami kekerasan seksual saat kecil. Saat pemeriksaan dia ngaku juga jadi anggota HTI dan ikut latihan di Poso," kata Iman.

Pengakuan Rizal Afif ini dibantah Kalapas Gunung Sindur, Mujiarto. Mujiarto menegaskan nama Abi Rizal Afif tidak ada di database warga binaan pemasyarakatan (WBP)."Bahwa berdasarkan data yang kami miliki, dapat kami sampaikan tersangka atas nama Abi Rizal Afif tidak pernah ada dan tidak pernah menjalani pidana di Lapas Khusus Kelas II A Gunung Sindur," ujar Mujiarto, Jumat (13/5/2022).Mujiarto mengatakan ada nama yang mirip dengan Rizal Afif yang baru bebas dari Lapas Gunung Sindur. Namun, ia tidak dapat memastikan apakah eks napi itu adalah orang yang sama dengan Rizal Afif."Ada yang bebas dari Lapas Khusus Gunung Sindur tanggal 12 Januari 2022 atas nama Muhammad Rizal alias Ijal Bin Almarhum Sulaiman dengan kasus 378 (penipuan) pindahan dari Rutan Depok, kalau memang orang yang sama dengan Abi Rizal Afif. Tetapi, di data kami tidak ada atas nama Abi Rizal Afif," tutur Mujiarto.Kemudian, polisi juga mengungkap pengakuan Rizal Afif sebagai murid Bahar Smith. Rizal Afif mengaku pertama kali bertemu Bahar Smith di kediaman Bahar Smith di Kemang, Bogor."Kalau sementara sih ngaku-nya ketemunya sering main ke rumah Bahar Smith di Kemang. Termasuk juga katanya ngawal Bahar Smith ketika ngawal di Lapas Gunung Sindur," ungkap Siswo.

Kalapas Gunung Sindur Mujiarto buka suara terkait pengakuan Rizal Afif ini. Mujiarto membantah bahwa Rizal Afif ini adalah mantan warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Gunung Sindur.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest