Follow Us

Ikut Danai ISIS, Dwi Dahlia Susanti Ternyata Punya Gelar Mentereng dari Universitas Bergengsi Ini, Foto Wisudanya Jadi Sorotan

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 11 Mei 2022 | 12:44
Dwi Dahlia Susanti yang ikut mendanai ISIS ternyata punya gelar S2 dari universitas bergengsi ini. Foto wisudanya jadi sorotan.
Facebook

Dwi Dahlia Susanti yang ikut mendanai ISIS ternyata punya gelar S2 dari universitas bergengsi ini. Foto wisudanya jadi sorotan.

Fotokita.net - Nama Dwi Dahlia Susanti menjadi sorotan netizen. Pemicunya, Amerika Serikat (AS) memasukkan nama Dwi Dahlia sebagai salah satu orang yang menjadi fasilitator keuangan ISIS di seluruh Indonesia, Suriah, dan Turki. Ternyata Dwi Dahlia punya gelar mentereng dari univeritas bergengsi ini. Foto wisudanya jadi sorotan.

Kantor Pengawasan Aset Asing (OFAC) Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS) menyebutkan, Dwi Dahlia Susanti diduga telah menjadi fasilitator keuangan ISIS (Negara Islam Irak dan Suriah) setidaknya sejak 2017 dan telah membantu anggota ISIS lainnya dengan pengiriman uang yang melibatkan individu di Indonesia, Turki, dan Suriah.

Pada akhir 2017, AS menyebut Susanti membantu suaminya mengirimkan hampir USD4.000 dan senjata kepada seorang pemimpin ISIS.

Saat itu, Susanti disebut mengalihkan sekitar USD500 dari dana tersebut untuk para pendukung ISIS di jaringannya sendiri.

Pada awal tahun 2021, Susanti disebut telah memfasilitasi pengiriman uang dari Indonesia ke Suriah untuk memberikan dana kepada individu-individu di kamp-kamp pengungsi yang diduga digunakan untuk menyelundupkan anak-anak remaja keluar dari kamp ke padang pasir, di mana mereka diterima oleh pejuang asing ISIS, kemungkinan sebagai rekrutmen anak-anak untuk ISIS.

Dwi Dahlia Susanti tak sendiri. Ada 4 orang WNI lainnya yang juga mendapatkan sanksi dari Departemen Keuangan Amerika Serikat. Peran mereka sama, diduga menjadi fasilitator keuangan kelompok terorisme Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS. Sanksi tersebut berupa pemblokiran aset.

Keempat WNI itu yakni Rudi Heryadi, Ari Kardian, Muhammad Dandi Adhiguna, dan Dini Ramadhani. Dikutip dari situs web Departemen Keuangan AS, Susanti telah menjadi fasilitator keuangan ISIS sejak 2017.

Baca Juga: Meradang Dicecar Soal Baiat ISIS di Makassar, Munarman Nyatanya Nekat Siram Wajah Ahli Sosiologi Usai Disuruh Diam di Acara Live TV

Dwi Dahlia Susanti diduga telah membantu anggota ISIS lainnya dengan pengiriman uang yang melibatkan individu di Indonesia, Turki, dan Suriah.

“Pada akhir 2017, Susanti membantu suaminya mengirimkan hampir 4.000 dollar AS dan senjata kepada seorang pemimpin ISIS,” tulis Departemen Keuangan AS, Rabu (11/5/2022).

Saat itu, Dwi mengalihkan sekitar 500 dollar AS dari dana tersebut untuk para pendukung ISIS di jaringannya sendiri. Pada awal 2021, Susanti telah memfasilitasi pengiriman uang dari Indonesia ke Suriah untuk memberikan dana kepada individu-individu di kamp-kamp pengungsi.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest