Follow Us

Bantah Dukung ISIS, Habib Rizieq Disebut Malah Minta Pengikutnya Lakukan Ini: Apa Salah FPI?

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 01 Januari 2021 | 09:58
Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab tiba di sekitar kediamannya di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat dan disambut oleh massa pendukungnya, Selasa (10/11/2020).
KOMPAS.com/IHSANUDDIN

Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab tiba di sekitar kediamannya di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat dan disambut oleh massa pendukungnya, Selasa (10/11/2020).

Fotokita.net - Bantah dukung ISIS, Habib Rizieq disebut malah minta pengikutnya lakukan ini: apa salah FPI?

Aziz Yanuar, Wakil Sekretaris Umum sekaligus tim kuasa hukum FPI, membantah pihaknya mendukung ISIS, seperti yang disampaikan pemerintah.

"Habib Rizieq Shihab dalam salah satu ceramahnya menyatakan ISIS adalah salah satu contoh betapa berbahayanya apabila merasa paling benar sendiri," kata Aziz saat dikonfirmasi, Kamis (31/12/2020).

Menurutnya, Habib Rizieq Shihab justru sedih melihat masyarakat di Irak dan Suriah, yang notabenenya sesama muslim, justru saling berperang dan membunuh.

Baca Juga: Dibubarkan Pemerintah Karena Berbaiat ISIS, FPI Langsung Ambil Tindakan Ini, Habib Rizieq Belum Tahu?

"Habib Rizieq juga menyatakan melarang santri dan Laskar FPI untuk berperang di Irak dan di Syam, karena di sana musuhnya tidak jelas," tambahnya

Terkait video yang ditayangkan pemerintah, Aziz berkomentar itu adalah video yang digoreng sedemikian rupa.

"Itu foto aksi ormas-ormas Islam untuk Palestina di tahun 2014, dan FPI ikut, lalu ada pihak yang bawa bendera mirip bendera ISIS. Apa salah FPI?" Tanya Aziz.

Baca Juga: Berbeda dengan Habib Rizieq yang Punya 3 Mobil Mewah, Ulama Keturunan Rasul Ini Cuma Pakai Sepeda Hingga Pemakamannya Dihadiri Ratusan Ribu Warga

Saat itu, Ketua Umum FPI Muhsin bin Ahmad Alatas menyatakan FPI dilarang berbaiat keapda ISIS, karena tak ingin jadi bagian propaganda.

"Tapi jangan dibaca sikap anti proganda anti ISIS ini sebagai dukungan pada ISIS."

"Itu karena ISIS adalah situasi politik di suatu negeri," kata Aziz menirukan ucapan Muhsin, ketua FPI saat itu.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest