Follow Us

Wajahnya Seperti Kakek 80 Tahun, Foto Bayi Baru Lahir Disebut Bawa Pesan Nabi, Ternyata Begini Fakta Sebenarnya

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 18 Maret 2022 | 19:31
Bayi yang baru lahir memiliki kelainan. Wajahnya seperti kakek usia 80 tahun. Bayi ini juga disebut bawa pesan dari nabi. Begini fakta sebenarnya.
Facebook

Bayi yang baru lahir memiliki kelainan. Wajahnya seperti kakek usia 80 tahun. Bayi ini juga disebut bawa pesan dari nabi. Begini fakta sebenarnya.

Fotokita.net - Ribuan pengguna Facebook berbagi foto bayi yang baru lahir dengan penampakan wajah seperti kakek berusia 80 tahun. Berbagai unggahan menyebutkan bayi ini berbicara saat lahir hingga menyampaikan pesan dari Nabi Isa AS atau Yesus Kristus. Ternyata begini fakta sebenarnya.

Foto unggahan Facebook yang muncul beberapa waktu lalu telah dibagikan lebih dari 47.000 kali. Dalam pesannya, pengunggah memperingatkan audiensnya bahwa mereka akan “memiliki penyakit” jika mereka tidak membagikannya.

Foto dengan nada mengancam itu dapat dilihat di dalam artikel ini. Begini bunyi keterangan unggahan itu, “Anak yang baru lahir berbicara dan mengatakan Kristus akan datang untuk bertobat. Bahwa Kristus akan datang dan mengatakan bahwa Dia yang tidak membagikan foto ini akan memiliki penyakit sampai dia meninggal."

Banyak dari ribuan komentar di bawah unggahan itu termasuk pesan yang mendukung seperti "kembali ke pengirim dalam nama Yesus" atau "Amin". Mayoritas respons tampaknya melihat unggahan itu sebagai asli.

Kantor berita AFP menjalankan pencarian gambar terbalik menggunakan berbagai alat seperti Yandex dan Tineye untuk melacak sumber asli foto bayi yang baru lahir dengan wajah seperti kakek berusia 80 tahun.

Foto itu muncul di situs Daily Mail pada September 2016, empat setengah tahun sebelum posting Facebook yang dibagikan ribuan kali. Artikel Daily Mail menjelaskan kondisi medis bayi yang baru lahir.

Lahir di Magura, Bangladesh, putra Biswajit dan Parul Patro lahir dengan fitur wajah tua. Kisah ini juga diliput oleh Yahoo News.

Baca Juga: Dilarang Pacaran, Anak Ariel NOAH Nekat Tulis Nama Ini di Gembok Cinta Paris, Foto Wajah Boriel Jadi Sorotan

Foto-foto bayi itu juga memicu desas-desus di Twitter, dengan klaim kelahirannya adalah "keajaiban ilahi". Kabar itu juga memicu bayi laki-laki yang baru lahir itu mengatakan Kristus akan datang.

Dari hasil penelusuran ternyata begini fakta sebenarnya. Informasi yang disampaikan melalui foto unggahan Facebook adalah salah. Bayi laki-laki dalam foto itu menderita progeria kelainan genetik, dan video kelahirannya menunjukkan dia tidak mengucapkan sepatah kata pun.

Video yang beredar juga menunjukkan bayi tidak mengucapkan sepatah kata pun. Sementara rekaman yang difilmkan oleh kantor berita Caters tidak memiliki komentar apapun, pemirsa video itu dapat mendengar bayi menangis saat dokter menyentuh bayi tersebut.

Editor : Fotokita

Baca Lainnya

Latest