Follow Us

Foto Ustaz Khalid Basalamah Bareng Raffi Ahmad Terlanjur Digeruduk, Ternyata Sang Pendakwah Nggak Pernah Bilang Haram dalam Ceramah Wayang

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 15 Februari 2022 | 14:15
Pernyataan wayang haram viral, foto Ustaz Khalid Basalamah dengan Raffi Ahmad ikut digeruduk netizen. Begini fakta sebenarnya.
Instagram

Pernyataan wayang haram viral, foto Ustaz Khalid Basalamah dengan Raffi Ahmad ikut digeruduk netizen. Begini fakta sebenarnya.

Fotokita.net - Ustaz Khalid Basalamah mendadak jadi sorotan publik. Pemicunya, sang pendakwah dituding menyebutkan, wayang haram dalam sebuah video ceramahnya yang beredar luas di jagat maya.

Foto Ustaz Khalid bareng Raffi Ahmad terlanjur digeruduk netizen. Padahal, sang pendakwah kondang mengaku nggak pernah bilang haram dalam ceramahnya soal wayang.

Dalam ceramahnya itu, Ustaz Khalid Basalamah mengatakan wayang merupakan peninggalan nenek moyang yang bisa dikenang sebagai tradisi orang dulu, tetapi bukan berarti harus dilakukan karena dalam Islam dilarang, sehingga harusnya ditinggalkan.

"Kalau masalah tobat, ya tobat Nasuha, dan kalau dia punya (wayang) lebih baik dimusnahkan, dalam arti kata dihilangkan," kata ustadz Khalid Basalamah.

Terbaru, Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Wilayah Banyumas Raya bakal melaporkan ustadz Khalid Basalamah ke Bareskrim Mabes Polri ucapannya tersebut.

"Kalau hanya dinyatakan dilarang (dalam Islam), itu sudah biasa. Tapi dalam anak kalimat berikutnya ada ujaran 'lebih baik dimusnahkan', ini sangat menyakitkan kami," kata Koordinator Pepadi Wilayah Banyumas Raya Bambang Barata Aji di Banyumas, Jawa Tengah seperti dikutip dari Antara, Minggu (13/2/2022).

Gegara pernyataan Ustaz Khalid Basalamah perihal wayang haram viral, foto sang pendakwah bersama Raffi Ahmad ikut digeruduk netizen.

Baca Juga: Foto Rafathar Kompak dengan Gempi Bikin Baper, Gisel Tak Tega Pisahkan Putrinya dari Anak Raffi Ahmad

Foto Raffi Ahmad dan Nagita Slavian bersama sang ustaz yang telah diunggah beberapa pekan lalu di akun Instagram @raffinagita1717. Foto ini diserbu sejumlah netizen yang geram dengan pernyataan Khalid Basalamah.

Akun @isha_asyah menulis, "Ini ustad yg mengharamkan wayang dan menyuruh untuk dimusnakan itu ya?? Apa benar begitu??"

Lalu, akun @ramaa.rhythm ikut berkomentar, "Masih byk ustadz yang adem a' gak perlu ikut"an temen."

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest