Follow Us

Wasiat Dorce Gamalama Tuai Kontroversi Ulama, Netizen Salahkan Keluarga, Foto Terkininya Bikin Pilu

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 01 Februari 2022 | 13:57
Terkait kontroversi wasiat dirinya, Dorce Gamalama sudah membuat respons. Namun, netizen malah menyalahkan keluarga sang artis.
Instagram

Terkait kontroversi wasiat dirinya, Dorce Gamalama sudah membuat respons. Namun, netizen malah menyalahkan keluarga sang artis.

Fotokita.net - Dorce Gamalama sudah lama memberikan wasiat kepada keluarganya. Wasiat ini berisikan keinginan Dorce agar dimakamkan sebagai wanita. Namun, wasiat Dorce malah menuai kontroversi di kalangan ulama. Netizen menyalahkan keluarga sang artis. Foto terkininya bikin pilu.

Dorce Gamalama yang masih terus berjuang memulihkan kondisinya kembali melontarkan wasiat kepada keluarga. Sebetulnya, wasiat ini pernah dilontarkan oleh artis serba bisa itu jauh sebelum tubuhnya digerogoti penyakit diabetes.

Setelah diperbolehkan pulang dari perawatan intensif di rumah sakit, kondisi kesehatan Dorce Gamalama belum lagi pulih seperti sedia kala. Dorce masih banyak berbaring di atas ranjang. Tubuhnya juga belum mampu berjalan sendiri hingga harus dibantu dengan kursi roda.

Melihat foto terkini Dorce yang memilukan, sejumlah artis memberikan perhatian khusus. Sebut saja, Ruben Onsu, Sule, Atta Halilintar hingga Denny Sumargo secara bergiliran mendatangi rumah Dorce di kawasan Jati Bening, Bekasi, Jawa Barat.

Selain menjenguk, para artis itu sekaligus membuat konten untuk kanal YouTube masing-masing. Mereka juga memberikan bantuan kepada Dorce untuk pemulihan kondisi kesehatannya. Hingga kini, Dorce memang belum dapat kembali tampill di layar kaca.

Ketika berjumpa Denny Sumargo, Dorce mendapatkan pertanyaan sensitif. Denny bertanya mengenai pesan Dorce kepada keluarganya jika dia meninggal dunia. Dar situlah muncul wasiat lama yang kembali diucapkan Dorce di depan kamera video.

Kepada Denny Sumargo, Dorce Gamalama menyampaikan sebuah wasiat. Dorce meminta, jika dirinya meninggal dunia, dimakamkan sebagai wanita.

Baca Juga: Terbaring Lemah di Ranjang, Foto Dorce Gamalama yang Ingin Dimakamkan Sebagai Wanita, MUI Sampai Buka Suara

Ucapan itu pun menjadi heboh hingga membuat beberapa ulama buka suara. Ketua MUI Cholil Nafis pun mengatakan, seorang transgender meninggal maka diurus sesuai dengan jenis kelamin asalnya.

"Jadi mengubah kelamin itu tak diakui dalam Islam sehingga ia hukumnya tetap seperti jenis kelamin pertama. Laki-laki yang pindah (jadi) perempuan disebut mukhannats dan perempuan yang berubah menjadi laki-laki itu mutarajjil," tegasnya.

Selain Ketua MUI Cholil Nafis, Gus Miftah hingga Buya Yahya juga sudah memberikan nasihat dan pandangan tentang keinginan Dorce.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest