Follow Us

Disebut Mirip Gereja, Foto Atap Masjid di Bima Dibongkar Warga Terlanjur Viral, Pembuatnya Ternyata Lakukan Kesalahan Fatal

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Kamis, 20 Januari 2022 | 10:42
Foto atap masjid di Bima dibongkar warga  viral di media sosial, arsitek ikut berkomenta. Ada kesalahan fatal dari pembuatnya
Facebook

Foto atap masjid di Bima dibongkar warga viral di media sosial, arsitek ikut berkomenta. Ada kesalahan fatal dari pembuatnya

Fotokita.net - Foto atap sebuah masjid di Kabupaten Bima yang dibongkar warga terlanjur viral di media sosial. Warga memaksa membongkar bangunan masjid lantaran disebut mirip gereja. Pembuat masjid ternyata lakukan kesalahan ini.

Sekelompok warga terlihat membongkar paksa atap sebuah masjid yang masih dalam proses pembangunan. Masjid ini didirikan di tanah kompleks perumahan relokasi banjir di Desa Tambe, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Kamis (13/1/2022).

Menurut informasi yang beredar, kontraktor yang melaksanakan pembangunan proyek masjid ini tak mengindahkan teguran warga. Setelah melihat pembangunan yang sudah hampir jadi, warga meminta bentuk atap masjid diubah karena mirip bentuk gereja.

Pekerja proyek baru membongkar setelah mendapat informasi warga akan membongkar sendiri atap masjid tersebut. Dari situlah foto atap masjid di Bima yang dibongkar warga viral di media sosial. Beragam respons bermunculan di jagat maya.

Selain foto yang beredar, sejumlah netizen juga mengunggah video yang merekam aksi warga membongkar atap masjid. Narasi video viral mengungkap atap masjid dibongkar gara-gara model bangunannya dianggap mirip dengan bangunan gereja.

Peristiwa dalam video viral itu diketahui terjadi pada 13 Januari 2022. Pembongkaran dilakukan warga menggunakan kayu, besi, hingga sekop.

Melihat foto atap masjid di Bima dibongkar warga terlanjur viral, seorang arsitek ikut berkomentar di akun media sosialnya. Abdul Khair Kaum, arsitek lulusan Institut Teknologi Nasional Malang yang tinggal di Bima ikut tergelitik memberikan tanggapan atas foto pembongkaran atap masjid oleh warga.

Baca Juga: Disebut-sebut Berbadan Dua, Foto Syahrini Bareng Suami di Masjid Singapura Ungkap Fakta Sebenarnya

Abdul Khair melalui akun media sosialnya, Holly menyebutkan pembuat masjid ini melakukan kesalahan fatal. Ada unsur sosial yang terlupakan dari pembuat masjid di Bima.

Berikut petikan respons Abdul Khair yang ditulis melalui akun media sosialnya. "Masjid di zaman Rasulullah sama sekali tidak berkubah dan tidak bermenara, bentuknya hanya kotak sederhana."

Awal mula bentuk bangunan masjid konvensional sekarang ini karena masuknya zaman baroque yang dimana di dominasi oleh Bangsa Romawi. Bangunan Bangsa Romawi banyak sekali unsur garis lengkungan, kubah, menara dan ukiran-ukiran yang berbagai macam.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest