Follow Us

Foto Munarman Pegang Uang di Depan Peserta Demo Disebarkan, Saksi Minta Hakim Segera Tinggalkan Pekerjaannya

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 19 Januari 2022 | 19:09
Foto Munarman pegang uang di depan peserta demo terlihat sebagai dokumentasi dari sebuah acara unjuk rasa yang pernah digelar.
Facebook

Foto Munarman pegang uang di depan peserta demo terlihat sebagai dokumentasi dari sebuah acara unjuk rasa yang pernah digelar.

Fotokita.net - Munarman, mantan Sekretaris FPI, menghadiri sidang lanjutan atas kasusnya di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Rabu (19/1/2022). Di antara pemberitaan tentang sidangnya, foto Munarman yang memegang amplop segepok uang di depan peserta demo disebarkan.

Dalam perkara yang membelitnya, Munarman didakwa menggerakkan orang lain untuk melakukan teror. Jaksa juga menyebut Munarman telah berbaiat kepada pimpinan ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi.

Jaksa mengatakan perbuatan Munarman itu dilakukan di sejumlah tempat. Adapun tempatnya adalah Sekretariat FPI (Front Pembela Islam) Kota Makassar-Markas Daerah LPI (Laskar Pembela Islam), Pondok Pesantren Tahfizhul Qur'an Sudiang Makassar, dan di aula Pusbinsa kampus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Perbuatan Munarman itu dilakukan dalam kurun 2015.

Sidang Munarman dilaksanankan secara tertutup dan dijaga ketat oleh aparat keamanan. Saksi dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) membeberkan situasi saat kegiatan baiat yang diikuti Mantan Sekretaris FPI Munarman dalam sidang di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur.

Saksi H mengatakan bahwa saat itu foto presiden dan wakil presiden serta simbol negara garuda diturunkan, lalu dipasang bendera. "Foto presiden dan wakil presiden itu diturunkan, burung garuda juga. Lalu, bendera dipasang di ruangan," ujarnya dalam sidang.

Selain itu, Saksi H mengatakan bahwa Munarman tidak diundang dalam acara diduga baiat berkedok seminar yang dilaksanakan pada 6 Juli 2014 di sebuah kampus di kawasan Ciputat.

Meskipun begitu, Saksi H melihat Munarman ikut dalam pembaiatan bersama para peserta. "Semua peserta ikut baiat, saya hanya menyaksikan. Terdakwa datang setelah pemutaran video terkait pentingnya hijrah," katanya.

Baca Juga: Terkuak, Sosok Lily Sofia Ternyata Istri Kedua Munarman, Mantan Sekum FPI Diciduk di Rumah Istri Pertama

Saksi H menegaskan bahwa dirinya tak mengenal Munarman secara personal. Namun, Hendro mengenal Murnaman dari televisi.

"Saya yakin dia datang. Saya berdiri di pintu masuk, sekitar 10 meter dari terdakwa. Saya suka lihat dia di televisi," ungkapnya.

Lebih lanjut, Saksi H memaparkan bahwa acara tersebut dilanjutkan dengan acara buka puasa bersama.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest