Follow Us

Foto Asli Penendang Sesajen Semeru Disebarkan, Ternyata Pelaku Berasal dari Luar Jawa, Polisi Buka Suara

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 11 Januari 2022 | 09:02
Identitas penendang sesajen Semeru beredar. Foto asli penendang sesajen Semeru yang sudah membuat geram publik itu disebarkan.
Facebook

Identitas penendang sesajen Semeru beredar. Foto asli penendang sesajen Semeru yang sudah membuat geram publik itu disebarkan.

Fotokita.net - Seorang pria yang menendang sesajen di lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru sudah membuat geram publik. Foto tampang penendang sesajen Semeru itu disebarkan di media sosial. Kini, beredar identitas pelaku yang menyebutkan asalnya dari luar Pulau Jawa. Terkait hal ini, pihak kepolisian buka suara.

Aksi pria yang mengenakan jubah warna abu-abu, dan rompi hitam dengan logo bendera merah putih menendang serta membuang sesajen di lokasi erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang viral di media sosial.

Aksi pria menendang sesajen itu terjadi di Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo.

Dari video yang beredar, perekam video menunjukkan daerah terdampak letusan Gunung Semeru. Sejurus kemudian, perekam video itu menyorot kaki seorang laki-laki yang menendang sebuah baskom berwarna biru.

Baskom yang berisikan sajen dari warga setempat itu lalu ditendang dan dibuang ke tepi jurang. Pria itu diduga menendang sambil melafalkan takbir.

Setelah itu, kamera pun menyorot lingkungan sekitar dan seorang laki-laki menggunakan baju abu-abu berompi hitam yang diduga sebagai orang yang menendang sesajen tadi.

Selanjutnya, sang perekam pergi ke tempat lain. Kali ini, di atas sebuah batu yang diduga sebuah prasasti terlihat sebuah sajen lain beralaskan anyaman dari dedaunan.

Baca Juga: Foto Tampang Penendang Sesajen di Gunung Semeru Bikin Murka, Ternyata Pelaku Punya Profesi Ini, MUI Sampai Angkat Bicara

Lagi-lagi sajen itu dibuang dari atas batu dan dijatuhkan ke tanah berserakan begitu saja. Pelaku pembuangan kali ini, diduga dilakukan oleh sang perekam video itu sendiri.

Aksi pria menendang sesajen di Gunung Semeru menuai kecaman dari publik. Para tokoh dan ulama juga ikut bersuara atas aksi pria tersebut.

Salah satunya putri mantan Presiden RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Alissa Wahid ikut angkat bicara. Ia geram dengan pelaku yang memaksakan keyakinan yang ia yakinkan untuk diikuti oleh semua orang.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest