Follow Us

Foto Korlap Demo Pemuda Pancasila Dicari Polisi, Ormas PP Ternyata Didirikan Jenderal Besar TNI AH Nasution Untuk Tujuan Ini

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 26 November 2021 | 18:59
Terlepas dari demo yang menjadi sorotan publik, ormas Pemuda Pancasila ternyata didirikan oleh Jenderal Besar TNI AH Nasution untuk tujuan ini.
Facebook

Terlepas dari demo yang menjadi sorotan publik, ormas Pemuda Pancasila ternyata didirikan oleh Jenderal Besar TNI AH Nasution untuk tujuan ini.

Fotokita.net - Foto koordinator lapangan (Korlap) aksi demonstrasi Pemuda Pancasila yang berujung ricuh kini dicari oleh pihak kepolisian. Demo itu digelar di depan gedung DPR RI di Senayan, Jakarta, Kamis (25/11/2021). Ini sejarah ormas Pemuda Pancasila (PP) yang di didirikan Jenderal Besar TNI AH Nasution

Aksi demo ormas PP itu memang sudah membuat Kapolda Metro jaya Irjen Fadil Imran murka. Dia tak terima salah satu perwira menengah Polri menjadi korban atas kericuhan yang terjadi di demo itu. Kabagops Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Dermawan Karosekali menjadi korban pengeroyokan dari anggota PP di lokasi. AKBP Dermawan menderita luka di bagian kepala dan perut.

Setelah membubarkan aksi demo dibubarkan, polisi bergerak cepat menangkap para tersangka pengeroyokan. Satu anggota PP kini telah ditetapkan sebagai tersangka kasus pengeroyokan kepada AKBP Dermawan Karosekali. Polisi memastikan penyelidikan tidak berhenti pada satu tersangka tersebut.

"Satu orang tersangka karena memukul Kabagops Ditlantas Polda Metro Jaya kita kenakan Pasal 170 KUHP. Tersangka pemukulan sedang diperiksa intensif," kata Zulpan. Tersangka yang memukul AKBP Dermawan diketahui berinisial RC. Polisi memastikan RC merupakan anggota dari ormas Pemuda Pancasila.

"Iya (anggota Pemuda Pancasila) dari seragamnya kemudian pakai atribut lengkap," terang Zulpan. Dia menyebut proses penyelidikan kini masih berlangsung. Adanya tersangka baru kasus pengeroyokan AKBP Dermawan terbuka lebar.

Baca Juga: Alami Penggumpalan Darah di Kepala, Ini Foto Luka AKBP Dermawan yang Dipukul Anggota Pemuda Pancasila dengan Benda Tumpul

"Tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka lain karena dari rekaman yang kami miliki, hasil kejadian di lapangan saat terjadi pemukulan anggota Polda Metro dirawat itu dilakukan tidak sendiri dari tersangka yang kami tahan," ujar Zulpan.

Dalam kasus ini, polisi juga menetapkan 15 orang sebagai tersangka karena membawa senjata tajam saat demo.

Belum berhenti sampai di situ, foto koordinator lapangan (korlap) demonstrasi Pemuda Pancasila juga dicari. Polisi mengultimatum agar korlap menyerahkan diri ke pihak aparat.

Sebetulnya, demo yang menuntut menuntut anggota DPR RI Junimart Girsang agar mencabut pernyataannya yang menyinggung Pemuda Pancasila berlangsung mulus. Namun, saat Kamis sore, sejumlah anggota PP mendadak mengejar dan mengeroyok AKBP Dermawan Karosekali.

Polisi menyebut, pemicu pengeroyokan gegara anggota PP memaksa masuk ke gedung parlemen. Lantaran merasa dihalangi, sejumlah anggota PP mendadak mengeroyok AKBP Dermawan di lokaso.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest