Follow Us

Foto Anggota TNI Copoti Baliho Habib Rizieq Bikin Karier Moncer, Ini Profil Jenderal Dudung Abdurachman yang Pecahkan Rekor Usai Ditendang Tentara

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 17 November 2021 | 16:29
Prestasi Dudung Abdurachman yang terbilang fenomeal ketika dia berhasil mendorong usulan pembubaran FPI yang dipimpin Habib Rizieq Shihab.
Facebook

Prestasi Dudung Abdurachman yang terbilang fenomeal ketika dia berhasil mendorong usulan pembubaran FPI yang dipimpin Habib Rizieq Shihab.

Fotokita.net - Jenderal Dudung Abdurachman sedang menjadi sorotan. Foto anggota TNI yang mencopoti baliho Habib Rizieq Shihab sudah membuat karier Dudung moncer di masa pemerintahan kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ini profil Jenderal Dudung yang pecahkan rekor usai ditendang tentara.

Pada Rabu (17/11/2021), Presiden Jokowi melantik Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal (Letjen) TNI Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), di Istana Negara, Jakarta.

Pelantikan Dudung Abdurachman sebagai KSAD dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 107/TNI/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf TNI Angkatan Darat, yang ditetapkan di Jakarta tanggal 17 November 2021.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” sebut Jokowi mendiktekan penggalan sumpah jabatan.

Dudung menggantikan Jenderal TNI Andika Perkasa yang sebelumnya telah dilantik oleh Presiden Jokowi menjadi Panglima TNI. Dengan pelantikan dirinya sebagai KSAD itu, maka pangkat Dudung Abdurachman naik satu tingkat menjadi jenderal.

Baca Juga: Profil Mayjen Dudung, Pangkostrad Baru yang Berani Lawan Habib Rizieq

Pelantikan Dudung disaksikan oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Selain itu, turut hadir Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Ma’ruf Amin didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR RI Puan Maharani, Seskab Pramono Anung, dan Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar.

Pria kelahiran 19 November 1965 ini adalah lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1988. Sebelum menjadi Pangkostrad, Dudung pernah menjabat sebagai Panglima Kodam (Pangdam) Jaya Jayakarta dan Gubernur Akmil.

Sejumlah tokoh mengucapkan selamat atas prestasi Dudung. Di akun media sosial Facebook ucapan selamat itu banyak bermunculan. Ada yang berasal dari kalangan pengusaha, pemimpin pesantren hingga wartawan.

Jenderal Dudung memang fenomenal. Dia disebut memecahkan rekor sebagai perwira tinggi TNI yang dua kali naik jabatan dan pangkat hanya dalam kurun waktu enam bulan.

Pada akhir bulan Mei 2021 lalu Dudung yang sebelumnya Panglima Kodam Jaya dengan pangkat bintang dua naik pangkat menjadi bintang tiga (Letnan Jenderal TNI) saat dipercaya menjadi Panglima Kostrad TNI AD.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest