Follow Us

Ditangkap Taliban, Foto Gubernur Wanita Pertama di Afghanistan Viral, Potretnya Saat Angkat Senjata Curi Perhatian

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 20 Agustus 2021 | 11:53
Foto gubernur wanita pertama di Afghanistan, Salima Mazari viral di media sosial usai dia ditangkap Taliban.
Instagram

Foto gubernur wanita pertama di Afghanistan, Salima Mazari viral di media sosial usai dia ditangkap Taliban.

Fotokita.net - Foto gubernur wanita pertama di Afghanistan, Salima Mazari viral di media sosial usai dia ditangkap Taliban. Salima Mazari termasuk wanita pemberani yang mau mengangkat senjata untuk memerangi Taliban. Potret mencuri perhatian.

Dari laporan terkini, Salima Mazari yang tercatat sebagai gubernur wanita pertama di Afghanistan dilaporkan telah ditangkap Taliban. Namun, tidak ada pernyataan resmi tentang statusnya saat ini.

Banyak pemimpin politik Afghanistan telah meninggalkan negara itu, termasuk Presiden Ashraf Ghani yang kabur ke Dubai, UEA. Namun, Salima Mazari tetap tinggal sampai provinsi Balkh menyerah, ketika distriknya di Chahar Kint jatuh ke tangan Taliban.

Laporan mengatakan pemimpin wanita telah ditangkap Taliban setelah gerilyawan menguasai seluruh negara dan kepemimpinan Afghanistan, termasuk Presiden Ashraf Ghani, melarikan diri dari negara itu.

Beberapa tahun yang lalu, Salima Mazari menjadi salah satu dari hanya tiga gubernur wanita yang pernah ada di Afghanistan. Sementara banyak provinsi Afghanistan hancur tanpa banyak perlawanan, Salima Mazari mencoba segalanya untuk menjaga Chahar Kint di Provinsi Balkh tanpa cedera.

Baca Juga: Kabur Bawa Uang Satu Helikopter, Presiden Afghanistan Buka Suara, Ini Foto Terkini Ashraf Ghani dari Tempat Pelarian

Distrik Chahar Kint, dengan Salima Mazari sebagai gubernurnya, melakukan pertempuran besar melawan Taliban. Semangatnya terhapus di distriknya dan hal yang sama terlihat dalam perjuangan mereka melawan kekuatan tirani, bertekad lebih dari sebelumnya untuk membangun kembali Imarah mereka.

Hingga musim gugur yang terakhir, Chahar Kint adalah satu-satunya wilayah di bawah kendali seorang wanita yang tidak termasuk dalam kelompok teror mana pun di wilayah tersebut. Menurut The Guardian, Salima Mazari berhasil menegosiasikan penyerahan 100 pejuang Taliban tahun lalu.

Selama beberapa tahun terakhir, Salima Mazari telah mendapatkan banyak pujian dan perhatian sebagai pemimpin wanita di Afghanistan. Berbicara kepada The Guardian pada awal serangan Taliban terbaru dalam merebut Afghanistan, Salima Mazari telah menyatakan keprihatinan tentang keselamatan rakyatnya.

Beberapa hari setelah Taliban mengambil alih Afghanistan, Salima Mazari, salah satu dari sedikit perempuan gubernur distrik di negara itu, diyakini telah ditangkap. Sejak laporan ini mencuat, foto gubernur wanita pertama di Afghanistan itu viral di media sosial. Potretnya mengangkat senjata untuk memerangi Taliban mencuri perhatian.

Netizen yang ada di seluruh dunia memberi dukungan pada Salima Mazari. Mereka menggaungkan tagar #freesalima melalui beragam platform media sosial, seperti Twitter, Instagram dan Facebook.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest