Follow Us

Ditinggal Lari Presiden, Foto Ini Merekam Ratusan Warga Afghanistan Rela Berdesakan dalam Pesawat Militer AS, Panik Dikejar Taliban

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 17 Agustus 2021 | 18:56
Foto ini berasal dari pihak militer AS. Ada sekitar 640 orang di dalam pesawat C-17 Globemaster III angkatan udara AS.
Defense One

Foto ini berasal dari pihak militer AS. Ada sekitar 640 orang di dalam pesawat C-17 Globemaster III angkatan udara AS.

Fotokita.net - Foto ini merekam ratusan warga Afghanistan yang rela berdesakan di dalam pesawat militer Amerika Serikat (AS). Mereka panik dikejar rezim Taliban, yang kembali menguasai Kabul usai 20 tahun tersingkir dari kekuasaan.

Foto yang menjadi viral di media sosial ini menunjukkan ratusan orang menumpangi pesawat C-17 milik Angkatan Udara Amerika Serikat saat meninggalkan Kabul dan menuju Qatar pada hari Minggu (15/8/2021).

Warga Afghanistan yang telah mendapatkan izin untuk meninggalkan negara itu panik dan berusaha berpegangan pada bagian terbuka pesawat.

Kru pesawat tidak memaksa mereka pergi dan memutuskan untuk lepas landas.

Menurut laporan Defense One, sebuah situs yang memperoleh foto tersebut dari pihak militer, ada sekitar 640 orang di dalam pesawat C-17 Globemaster III angkatan udara AS. Jumlah ini melampaui kapasitas yang terdaftar.

Beberapa foto dan video telah muncul dari Afghanistan yang menunjukkan penderitaan warga Afghanistan saat Taliban mengambil alih desa demi desa dan mengklaim wilayah perkotaan negara itu dengan akhirnya merebut Kabul.

Warga Afghanistan pun semakin menderita saat Presiden Ashraf Ghani kabur dari negeri itu usai Taliban menduduki Kabul.

Baca Juga: Pantas Kabur Pakai Helikopter Penuh Uang Tunai, Ternyata Segini Kekayaan Presiden Afghanistan, Intip Foto Mewah Ashraf Ghani

Foto ini sangat kontras dengan kekacauan yang terjadi sehari kemudian – ketika ribuan orang memadati bandara Kabul dan kesulitan melarikan diri dari negara itu.

Pesawat-pesawat untuk sementara dilarang terbang, dan pasukan AS dilaporkan menembak mati dua pria bersenjata.

Foto ini menunjukkan betapa putus asanya warga Afghanistan untuk pergi.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest