Follow Us

Hore! Bantuan Kuota Gratis Diperpanjang, Bisa Dipakai Buat Akses Semua Aplikasi, Ini Besarannya

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 04 Agustus 2021 | 12:43
Ilustrasi pelajar melakukan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Balai Warga RT 05/RW 02 Kelurahan Galur, Johar Baru, Jakarta Pusat. Pemerintah kembali memberikan bantuan kuota gratis.
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Ilustrasi pelajar melakukan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Balai Warga RT 05/RW 02 Kelurahan Galur, Johar Baru, Jakarta Pusat. Pemerintah kembali memberikan bantuan kuota gratis.

Fotokita.net - Pemerintah memutuskan untuk kembali memperpanjang bantuan kuota gratis untuk kegiatan belajar mengajar. Bantuan kuota ini bisa dipakai untuk mengakses semua aplikasi dan lama. Ini besaran bantuan kuota gratis.

Kegiatan belajar mengajar tatap muka yang direncanakan bisa mulai digelar pada bulan Juli lalu akhirnya batal. Lonjakan kasus Covid-19 di sejumlah daerah telah mendorong pemerintah menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Dengan fakta itu, kegiatan belajar mengajar kembali dilakukan secara daring.

Sejak tahun lalu, bantuan kuota internet dinilai memiliki dampak positif dalam mengurangi beban membeli kuota sehingga proses belajar siswa menjadi lebih lancar.

Untuk mengetahui lebih detail mengenai lanjutan bantuan kuota bagi siswa dan guru serta bantuan UKT bagi mahasiswa, Kemendikbud Ristek bersama dengan Kementerian Keuangan dan Kementerian Agama menggelar Peresmian Lanjutan Bantuan Kuota Internet dan Bantuan Uang Kuliah Tunggal Tahun 2021 hari ini, Rabu (4/8/2021).

Peresmian dan ketentuan terkait bantuan kuota serta UKT dapat disaksikan pukul 16.00 WIB di kanal YouTube Kemendikbud RI.

Baca Juga: 7 Foto Sederhana Tong Djoe, Pengusaha Super Kaya yang Jadi Inspirasi Akidi Tio Sumbang Rp 2 Triliun ke Warga Sumsel

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani lewat Instagram pribadinya @smindrawati, Kamis (30/7/2021), mengatakan, alokasi anggaran yang disiapkan pun ditambah dari Rp 3 triliun menjadi Rp 8,54 triliun.

Selain memperpanjang kuota gratis internet, lanjut Sri Mulyani, pemerintah juga menyediakan akses internet berkecepatan tinggi lewat proyek Palapa Ring. Ia mengajak semua siswa, mahasiswa, dan para pengajar untuk tetap semangat belajar.

Meski PJJ secara daring bukanlah hal yang mudah, tetap harus dilakukan di tengah pandemi Covid-19.

Dia juga berpesan agar tidak pernah lelah berikhtiar demi memajukan masa depan generasi penerus Indonesia.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest