Follow Us

7 Foto Sederhana Tong Djoe, Pengusaha Super Kaya yang Jadi Inspirasi Akidi Tio Sumbang Rp 2 Triliun ke Warga Sumsel

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Jumat, 30 Juli 2021 | 19:42
Tong Djoe, pengusaha super kaya yang menjadi kesayangan Soekarno ini menjadi inspirasi Akidi Tio, penyumbang Rp 2 triliun untuk warga Sumsel.
Istimewa

Tong Djoe, pengusaha super kaya yang menjadi kesayangan Soekarno ini menjadi inspirasi Akidi Tio, penyumbang Rp 2 triliun untuk warga Sumsel.

Fotokita.net - Pengusaha Tong Djoe rupanya menjadi inspirasi Akidi Tio untuk menyumbangkan hartanya bagi kaum tak berpunya. Ini 7 foto sederhana Tong Djoe, pengusaha super kaya yang menolak melepas paspor Indonesia, meski sudah lama menetap di Singapura.

Keluarga Akidi Tio ternyata masih memiliki kedekatan dengan Tong Djoe. Fakta ini merupakan hasil penelusuran yang disampaikan oleh Marzuki Alie, mantan Ketua DPR di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkuasa.

Marzuki Alie yang mantan wartawan itu menggunakan koneksi pertemanannya untuk menggali fakta tentang keluarga Akidi Tio usai foto penyerahan sumbangan Rp 2 triliun viral. Marzuki Alie yang juga tercatat sebagai putra Sumsel kini tinggal di Palembang.

Fakta serupa juga disampaikan oleh Bambang Soesatyo, politikus Partai Golkar yang kini duduk di kursi empuk Ketua MPR. Insting Bamsoet, begitu dia akrab disapa, sebagai jurnalis karatan tergelitik ketika publik bertanya-tanya siapa sebenarnya keluarga Akidi Tio?

Baru-baru ini, melalui akun Instagram pribadinya, Bamsoet menunjukkan foto Akidi Tio semasa hidupnya. Dengan gamblang Bamsoet menuliskan kalimat "ini dia sosok penyumbang Rp 2 T" di bagian bawah foto profil Akidi Tio.

Dalam keterangan unggahannya itu, Bamsoet menyebutkan, semasa hidupnya, Akidi Tio pernah bersumpah kepada Tong Djoe, yang juga ditulis Thong Ju oleh Bamsoet.

Baca Juga: Terungkap, Akidi Tio Sumbang Rp 2 Triliun Ternyata Pengusaha Super Kaya Kesayangan Soekarno Ini Jadi Kuncinya, Intip Fotonya

Akidi Tio sempat bersumpah kepada Thong Ju jika dia menjadi kaya, maka akan memberikan sumbangan kepada rakyat Palembang. "Ini terbukti, janjinya (ditepati) melalui wasiat anak cucunya," tulis Bamsoet melalui akun Instagram pribadinya, @bambangsoesatyo, Jumat (30/7/2021).

Bamsoet menambahkan, Akidi dulunya hidup di keluarga Thong Ju, China Palembang yang kaya raya di era Presiden Soekarno. Paman Akidi adalah Menteri Perdagangan di Singapura.

Sejak dulu Akidi Tio hidup di keluarga Thong Ju, kata Bamsoet, China Palembang yang kaya era Soekarno, pamannya Menteri Perdagangan Singapore. Tak hanya itu, Akidi Tio juga sering menyumbang dalam jumlah besar di Sumatera Selatan dan di beberapa wilayah di Indonesia ke panti asuhan yatim, orang cacat dan buta.

Nah, lantas siapa sebenarnya Tong Djoe yang sudah begitu menginspirasi Akidi Tio untuk menyumbang hartanya tanpa mau pamrih? Di dalam artikel ini, kami tampilkan 7 foto sederhana Tjong Djoe, pengusaha yang begitu akrab dengan ketujuh presiden yang berkuasa di Indonesia.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest