Follow Us

Salah Satunya Aplikasi Foto Dokumen, 8 Aplikasi Android Ini Ternyata Disusupi Virus Joker, Begini Cara Hapusnya dari HP Kita

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 01 Agustus 2021 | 18:45
Hati-hati, 8 aplikasi Android ini ternyata disusupi virus Joker. Salah satunya, aplikasi untuk foto dokumen kertas.
Istimewa

Hati-hati, 8 aplikasi Android ini ternyata disusupi virus Joker. Salah satunya, aplikasi untuk foto dokumen kertas.

Fotokita.net - Hati-hati, 8 aplikasi Android ini ternyata disusupi virus Joker. Salah satunya, aplikasi untuk foto dokumen kertas. Nah, begini cara menghapusnya dari HP kita.

Pengguna HP Android saat dimanjakan dengan beragam aplikasi yang menjanjikan sederet kemudahan. Dengan perkembangan digital yang semakin cepat, beragam aplikasi mudah kita jumpai di Google Play Store.

Para pembuat aplikasi itu membuat keterangan tentang kemudahan yang ditawarkan dari aplikasi buatan mereka. Setiap aplikasi memang memilki kegunaan masing-masing.

Namun, kita juga harus hati-hati. Sebab, tak semua aplikasi yang bertebaran di Google Play Store itu berkualitas baik. Malahan, ada sejumlah aplikasi yang bisa membahayakan HP kita.

Baca Juga: Berani Sebut Fisik Nia Ramadhani Berubah Drastis, Ini 7 Foto Menawan Pengacara Istri Ardi Bakrie yang Mantan Anggota DPR

Periset keamanan dari Quick Heal Security Labs mendeteksi setidaknya delapan aplikasi di Google Play Store yang disusupi virus Joker atau malware.

Meski telah melakukan penyaringan yang ketat, Google Play Store tetap dapat kebobolan sehingga meloloskan aplikasi berbahaya.

Virus Joker atau malware dikenal tangguh karena mampu menemukan celah keamanan Play Store setiap beberapa bulan sekali dengan cara mengubah kode, metode eksekusi, maupun dengan teknik payload-retrieving.

"Joker adalah spyware trojan yang mencuri data dari perangkat korban, seperti pesan SMS, daftar kontak, dan info perangkat," tulis tim peneliti Quick Heal Security Labs dalam laporannya.

Virus Joker ini dapat membuat korbannya berlangganan layanan premium berbayar tanpa diketahui.

Baca Juga: 7 Foto Nyeleneh Dahlan Iskan, Mantan Menteri SBY yang Syok Lihat Rumah Keluarga Akidi Tio

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest