Follow Us

Contoh Sikap yang Tidak Menghargai Keberagaman, Jawaban Materi Kelas 4 SD Tema 1

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Rabu, 21 Juli 2021 | 07:35
Ilustrasi keberagaman budaya Indonesia. Contoh sikap yang tidak menghargai keberagaman.
Istimewa

Ilustrasi keberagaman budaya Indonesia. Contoh sikap yang tidak menghargai keberagaman.

Fotokita.net - Contoh sikap yang tidak menghargai keberagaman adalah materi yang dibahas dalam tema 1 kelas 4 SD di halaman 9.

Dalam Buku Tematik Tema 1 kelas 4 SD dan MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 terbitan Kemendikbud membahas Indahnya Kebersamaan, sementara Subtema 1 tentang Keberagaman Budaya Bangsaku.

Indonesia adalah negara yang sangat beragam budaya, agama, dan bahasa daerahnya. Sebagai warga negara yang baik, kita wajib menghargai keberagaman tersebut.

Indonesia adalah negara kepulauan dengan berbagai macam suku. Tidak hanya itu, suku-suku yang ada di Indonesia juga memiliki adat istiadat, kepercayaan, dan keunikannya masing-masing.

Perbedaan yang ada pada setiap daerah di Indonesia merupakan suatu anugerah dari Tuhan yang patut kita syukuri. Perbedaan tersebut lah yang disebut sebagai keberagaman.

Baca Juga: Contoh Penerapan Sila Ketiga Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari di Sekolah

Selain kebudayaannya, masyarakat Indonesia juga memiliki pekerjaan, kegiatan ekonomi dan kebiasaan yang beragam sesuai dengan tempat tinggalnya.

Nah, coba perhatikan teman-teman kita saat berada di sekolah atau di sekeliling kita, mungkin kitajuga memiliki teman yang berbeda suku, warna kulit hingga agama.

Namun makna keberagaman adalah tetap saling menghargai meski adanya perbedaan.

Kita harus saling menghargai perbedaan agar keberagaman itu bisa menyatukan kita.

Setelah belajar tentang apa yang telah kamu lakukan untuk menghargai perbedaan yang ada, dapatkah kita kemudian menemukan contoh sikap tidak menghargai keberagaman?

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest