Follow Us

Bikin Penasaran, Foto Sampul Kitab Kuno Ini Disebut Mirip Wajah Yesus

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 17 Juli 2021 | 10:05
Sebuah kitab yang sampulnya menampilkan sosok timbul lelaki berambut keriting. Arkeolog menduganya sebagai seraut wajah Yesus Kristus. Apabila benar, berarti penggambaran Yesus tertua yang pernah ada.
DAVID O' NEILL/D K IMAGES

Sebuah kitab yang sampulnya menampilkan sosok timbul lelaki berambut keriting. Arkeolog menduganya sebagai seraut wajah Yesus Kristus. Apabila benar, berarti penggambaran Yesus tertua yang pernah ada.

Fotokita.net - Foto sampul kitab kuno ini membuat penasaran para peneliti. Maklum, potret bagian depan kitab kuno ini disebut mirip dengan wajah Yesus Kristus.

Lihat baik-baik foto di atas. Foto itu menampilkan potret bagian sampul dari sebuah kitab kuno yang menampilkan berupa sosok wajah yang mungkin tampak familiar.

Dari foto itu, diketahui sosok wajah itu mungkin sangat akrab: lelaki berjenggot dengan rambut bergelombang. Detail lukisan potret ini sulit terlihat, namun dari sudut pengelihatan tertentu, di sekitar alisnya terlihat seperti sebuah mahkota berduri.

Gambar seraut wajah itu disebut mirip Yesus Kristus. Gambar tersebut tergeletak di gua tersembunyi, selama hampir 2.000 tahun. Apabila asli, temuan ini bisa merupakan gambar wajah Yesus Kristus yang pertama kali.

Bahkan, gambar ini mungkin dibuat pada masa yang sama, oleh seniman yang sungguh mengenalnya.

Penggalian baru-baru ini membuahkan hasil yang luar biasa. Selain potret Yesus Kristus, ditemukan juga 70 kitab berupa buklet di sebuah gua, di perbukitan yang menghadap ke arah Laut Galilea.

Baca Juga: 9 Cara Membuat Bingkai Foto Unik, Ternyata Bisa Segampang Ini

Bukletnya berukuran kecil, sedikit lebih kecil dari kartu kredit modern. Semua sisinya masih dalam keadaan disegel dan sampul cetak timbul atau 3-D berbentuk wajah manusia. Sampul-sampul itu terbuat dari besi.

Wajah 3-D pada sampul tersebut satunya memiliki jenggot, tetapi yang lainnya tidak berjenggot. Terlihat juga bekas sidik jari pembuatnya pada temuan tersebut.

Di bawah sampul wajahnya, terdapat sebuah tulisan berupa naskah Ibrani kuno yang belum diketahui artinya. Sejauh ini, hanya ditemukan sebuah frasa yang artinya: Juru Selamat Israel.

Kabar penemuan ini pernah dilansir Daily Mail pada 2011. Pemilik termuan tersebut adalah sopir truk Badui bernama Hassan Saida, yang tinggal di desa Arab umm al-Ghanim, Shibli.

Source : daily mail

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest