Follow Us

Bahaya! Hentikan Kebiasaan Minum Air Kelapa Bila Tubuh Kita Sedang dalam Kondisi Ini, Bisa Mengancam Nyawa

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Selasa, 29 Juni 2021 | 20:26
Kita harus menghentikan kebiasaan minum air kelapa apabila tubuh kita sedang dalam kondisi ini.
Istimewa

Kita harus menghentikan kebiasaan minum air kelapa apabila tubuh kita sedang dalam kondisi ini.

Fotokita.net - Manfaat air kelapa untuk kesehatan tubuh sudah diakui. Namun, kita harus menghentikan kebiasaan minum air kelapa apabila tubuh kita sedang dalam kondisi ini. Risikonya bisa mengancam nyawa.

Meski kaya akan manfaat bagi tubuh, mengonsumsi air kelapa ternyata tidak boleh sembarangan. Terutama jika tubuh kita sedang memiliki masalah seperti ini. Minum air kelapa justru memperparah kondisi tubuh kita.

Kandungan kalium di dalam air kelapa harus kita waspadai karena dapat menimbulkan efek samping tertentu.

Air kelapa mengandung 10 kali lebih banyak kalium dibandingkan minuman olahraga pada umumnya. Sebagai gambaran, 236 ml air kelapa bisa disetarakan dengan kalium pada satu buah pisang.

Baca Juga: Pasti Banyak yang Nyesal, Mencegah Kehadiran Semut di Dapur Ternyata Ampuh dengan 6 Cara Gampang Ini

Apabila terlalu banyak minum air kelapa, kemungkinan besar terdapat efek samping yang menunggu Anda, seperti hiperkalemia. Dampak minum air kelapa berlebihan sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang mengulas sebuah kasus yang berjudul Death by Coconut.

Studi kasus tersebut mengungkapkan minum air kelapa terlalu banyak bisa cukup fatal akibatnya. Seorang pria sehat berusia 42 tahun diketahui tiba-tiba memiliki kadar kalium yang cukup tinggi setelah bermain tenis lapangan dan mengonsumsi air kelapa.

Baca Juga: Bisa Menular Cuma dengan Papasan Selama 5 Detik, Ini yang Harus Dilakukan Saat Anak Alami Gejala Terinfeksi Virus Corona Varian Delta

Tingginya kadar kalium tersebut membuat dirinya pingsan dan jantungnya berdetak secara tidak normal.

Setelah diteliti lebih lanjut, ternyata setelah berolahraga di bawah teriknya sinar matahari, ia meminum sebanyak 8 gelas air kelapa sepanjang hari itu. Setiap gelas berukuran sekitar 325 mililiter, sehingga ia minum air kelapa saat itu sebanyak 2.600 mililiter.

Tak lama ia minum air kelapa dan menyelesaikan olahraganya, ia jatuh pingsan. Ia pun dilarikan ke rumah sakit karena kondisinya tidak cukup stabil karena badannya hangat, detak jantungnya tidak normal, dan tekanan darahnya pun cukup rendah.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest