Follow Us

Ditembak Mati Kopassus, Lekagak Telenggen: Komandan Operasi OPM Diincar Saat Lakukan Pengintaian

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Sabtu, 15 Mei 2021 | 16:55
Komandan operasi OPM ditembak mati Kopassus, pimpinan KKB Papua Lekagak Telenggen sebut anggotanya sudah diincar saat lakukan pengintaian.
Kolase

Komandan operasi OPM ditembak mati Kopassus, pimpinan KKB Papua Lekagak Telenggen sebut anggotanya sudah diincar saat lakukan pengintaian.

Fotokita.net - Kopassus yang tergabung dalam pasukan TNI dan Polri telah menembak mati komandan operasi OPM pada Kamis (13/5/2021). Pimpinan KKB Papua Lekagak Telenggen menyebutkan, anggotanya sudah diincar aparat saat lakukan pengintaian.

Dalam kontak senjata antara KKB Papua pimpinan Lerimayu Telenggen, seorang anggota OPM berhasil ditembak mati oleh 3 pasukan khusus TNI, yakni, Satgas Nanggala Kopassus, Yonif Raider 500/Sikatan Kodam V/Brawiijaya dan Satgas Pinang Sirih (Cakra) Kostrad.

Baca Juga: Foto Aksi Gagah Prabowo Subianto Kala Pimpin Kopassus Bebaskan Sandera OPM di Papua

Satgas Penegakan Hukum Operasi Newangkawi menyebutkan, dua anggota KKB tewas dalam kontak senjata dengan pasukan TNI dan Polri di wilayah Kampung Wuloni, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, pada Kamis (13/5/2021).

Berdasarkan pemantauan awal, salah satu dari dua jenazah yang tampak memiliki ciri seperti Lesmin Waker yang merupakan Komandan Pasukan Pintu Angin KKB Papua pimpinan Lekagak Telenggen.

Namun, saat proses evakuasi, hanya jenazah ajudan pribadinya yang ditemukan. Diduga, Lesmin saat kontak senjata terkena tembakan pasukan TNI-Polri di sekitar Kampung Wuloni yang diduga sebagai salah satu tempat persembunyian kelompok Lekagak Talenggeng, tapi dibawa kabur anggota KKB lainnya.

Baca Juga: Profil Satgas Nanggala, Intelijen Tempur Kopassus yang Tembak Mati Lesmin Walker Komandan KKB Papua

Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi Kombes M Iqbal Alqudusy mengatakan, Lesmin Waker adalah salah satu penembak Bharatu (Anumerta) I Komang Wira Natha yang gugur beberapa waktu lalu.

Setelah Satgas Nemangkawi melakukan olah TKP dan identifikasi, Iqbal Alqudusy mengatakan, jenazah anggota KKB yang ditemukan adalah Wendis Enimbo (29), ajudan pribadi dari Lesmin Waker, komandan KKB wilayah pintu angin pimpinan Lekagak Talenggeng.

"Proses evakuasi jenazah dilakukan pada hari Jumat, 14 Mei 2021 Pukul 14.50 WIT, bertempat Distrik Woloni, Kabupaten Puncak oleh Satgas Gakkum dengan pengamanan ketat personel TNI Polri," kata Kombes Iqbal dalam keterangan tertulis, Jumat malam.

Baca Juga: Tantang Pasukan Setan, 2 Anggota KKB Papua Tewas Diterjang Peluru Kopassus

Identifikasi jenazah dilakukan di Puskesmas Ilaga, disaksikan Kapolres Puncak Kompol I Nyoman Punia bersama Dandim 1714 Puncak Jaya Letkol Inf Rofi Irwansyah.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya

Latest