Follow Us

Alami Musibah dalam Latihan Tembak Torpedo, Begini Kondisi Terakhir KRI Nanggala-402 Hingga Seluruh Awaknya Dinyatakan Gugur, KSAL: Warga Hiu Kencana Minta Kapal Diangkat

Bayu Dwi Mardana Kusuma - Minggu, 25 April 2021 | 18:51
Kapal Selam KRI Nanggala-402
Facebook

Kapal Selam KRI Nanggala-402

Fotokita.net - Alami musibah dalam latihan tebak torpedo, begini posisi terakhir KRI Nanggala-402 hingga seluruh awaknya dinyatakan gugur, KSAL: warga Hiu Kencana minta kapal diangkat.

Posisi KRI Nanggala-402 terakhir akhirnya dapat ditemukan. Setelah sebelumnya diberitakan KRI Nanggala-402 dinyatakan hilang pada Rabu (22/4/2021), tim pencari telah menemukan sejumlah barang dan serpihan di bawah laut.

KRI Nanggala-402 dinyatakan hilang kontak saat melakukan latihan menembak torpedo di laut utara Bali.

Baca Juga: Awak KRI Nanggala-402 Meninggal Dunia dalam Tugas, TNI Kini Kembali Kehilangan Patriot Terbaik, Kepala BIN Papua Gugur Ditembak KKB

Lewat bukti-bukti otentik yang didapatkan tim pencari, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto telah menyatakan, seluruh awak kapal KRI Nanggala-402 yang berjumlah 53 gugur.

Pernyataan Hadi Tjahjanto secara resmi disampaikan dalam jumpa pers di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Minggu (25/4/2021) sore.

Hadi Tjahjanto mengatakan, "Berdasar bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur."

Baca Juga: Matanya Terpejam Saat Disumpah di Bawah Alquran, Komandan KRI Nanggala-402 Blak-blakan Kecewa Pada Kualitas Kapal Selam Buatan PT PAL Hingga Berpesan Begini: Beritakan yang Sebenarnya

Ia menuturkan, hal ini berdasarkan pemindaian secara akurat oleh KRI Rigel di lokasi yang ada kemagnetan yang kuat sebelumnya.

Pemindaian menggunakan multibeam sonar dan magnetometer. Pemindaian ini menghasilkan citra bawah air yang lebih detail.

MV Swift Rescue Singapura telah menurunkan ROV dan melakukan citra bawah air secara visual menggunakan kamera.

Baca Juga: KRI Nanggala-402 Tenggelam di Dasar Lautan, Istilah On Eternal Patrol Jadi Viral, Ternyata Ini Artinya

Editor : Fotokita

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular